Tujuan yang diharapkan agar
perusahaan dapat menghasilkan perencanaan strategis yang diperlukan agar sebuah
organisasi dapat mengenali target terbaik untuk penerapan sistem informasi
manajemen dan membantu untuk memaksimalkan hasil dari investasi pada bidang
teknologi informasi dan akan membantu sebuah organisasi dalam pengambilan
keputusan untuk melakukan rencana bisnisnya dan merealisasikan pencapaian bisnisnya serta dapat menyediakan berbagai alternatif yang terbaik untuk meningkatkan kemampuan perusahaan
dalam mencegah masalah.
Masalah yang dihadapi oleh Gerai adalah tidak ada sistem informasi yang
terintegrasi antara bagian gudang dan kasir, misalnya dalam hal penginputan
stok barang. Ketika bagian gudang menginputkan stok barang, maka harusnya
bagian kasir akan tahu jumlah stok yang ada agar pada saat melakukan transaksi penjualan,
informasi mengenai stok akan cepat tersajikan. Dari masalah diatas dapat mengakibatkan suatu
informasi dan laporan tidak bisa disajikan pada waktu yang cepat serta menjadi
tidak akurat untuk pengambilan suatu keputusan dan dukungan infrastruktur teknologi
yang masih kurang mengakibatkan proses operasional menjadi terhambat dan
lamanya pengambilan suatu keputusan.
Tujuan
jangka panjang perusahaan
berfokus pada upaya mempertahankan bisnis ini dan terus mengembangkan pemasaran
produk-produk khas Kalbar yang diproduksi oleh para UKM yang berada di
Pontianak.Maka dari itu perlunya perencanaan strategis sistem informasi dalam
pengembangan Gerai IKM ini agar dapat berkembang terus dan bertahan dari
persaingan yang ada. Sedangkan tujuan jangka pendek Gerai
IKM adalah menerapkan sistem teknologi informasi yaitu dengan menyediakan
perangkat keras, perangkat lunak, staff yang terlatih, penjadwalan pengembangan
jaringan, dan pengembangan aplikasi.
Berikut ini adalah
analisis Goal hendak dicapai oleh Gerai IKM
:
Tabel
5.4 Analisis Goal dan Subgoal Pada Gerai IKM
Goal
|
SubGoal
|
Meningkatkan
pelayaan terhadap pelanggan
|
1. Mengutamaan
kepentingan pelanggan
2. Memberikan
pelayanan terbaik untuk pelanggan
3. Menyediakan
barang-barang kebutuhan pelanggan
4. Transaksi
yang mudah dan efisien
|
Meningkatakan
strategi pemasaran dan penjualan
|
1. Memberikan
harga yang murah
2. Memberikan
fasilitas dan pelayanan kepada pelanggan. Seperti potongan harga untuk
pembeliaan skala besar atau untuk member
3. Membangun
sebuah website e-commerce untuk memperluas pangsa pasar dan memudahkan
konsumen
|
Meningkatkan
ketersediaan barang yang tidak terputus
|
1. Melakukan
penjadwalan untuk pengecekan barang
2. Membuat
laporan persediaan barang digudang
3. Melakukan
penjadwalan untuk pemesanan barang untuk mencegah kehabisan barang
|
Menambah
aset Gerai
|
1. Meningkatkan
penjualan barang
2. Menambah
kerja sama dengan stakeholder (para UKM)
|
Masalah-masalah yang dihadapi Gerai
IKM diuraikan pada tabel dibawah ini dengan memberikan pemecahan masalah yang
terjadi, tingkat kritikal dan sistem yang diperlukan :
Tabel
5.5 Analisis Problem pada Gerai IKM
Problem
|
Solusi
|
Rating Kritikal
|
Sistem yang Diperlukan
|
Keterlambatan
penyampaian informasi / tidak update
|
Merancang
aplikasi yang saling terintegrasi / enterprise resource planning
|
4
|
Sistem
yang terintegrasi antar unit kerja
|
Pengontrolan
persediaan yang kurang baik
|
Melakukan
prediksi waktu dan pemedanan yang tepat serta melakukan pencatatan stok
dengan baik
|
5
|
Merancang
sistem persediaan
|
Persaingan
dalam perdagangan
|
Menjaga
ketersediaan barang, harga yang murah dan barang yang unik. Serta menjaga
hubungan dengan konsumen
|
5
|
Riset
pasar
|
Keterangan rating kritikal :
5 = kritikal terhadap operasi dari bisnis
4 = kritikal terhadap kelancaran operasi dari bisnis
3 = diperlukan untuk mendukung bisnis
2= diperlukan untuk mendukung bisnis, tetapi
kepentingan dan waktu lebih rendah dari 3
1 =
diinginkan, tetapi mutlak diperlukan untuk kebutuhan bisnis
No comments:
Post a Comment