- Perbedaan CRM dan E-CRM
- Customer contacts: pada CRM hubungan dengan konsumen
dilakukan melalui telepon, toko eceran, dan fax sedangkan pada E-CRM
semua metode tradisional yang digunakan selain untuk internet, email,
nirkabel, dan teknologi PDA
- System Interface: pada CRM menerapkan penggunaan sistem
ERP, penekanan pada back-end sedangkan pada E-CRM diarahkan lebih ke
arah front end, yang berinteraksi dengan back-end melalui penggunaan
sistem ERP, gudang data, dan data mart.
- System overhead (client computers): pada CRM klien harus
men-download berbagai aplikasi untuk melihat aplikasi web. Dan harus
membuat ulang untuk platform yang berbeda. Sedangkan pada E-CRM tidak
memiliki persyaratan ini karena klien menggunakan browser.
- Customization and Personalization of Information: pada CRM
tampilan berbeda berdasarkan audience dan tampilan pribadi tidak
tersedia. Personalisasi Individu membutuhkan perubahan program.
Sedangkan pada E-CRM personalisasi tampilan individu berdasarkan sejarah
pembelian dan preferensi. Individu memiliki kemampuan untuk
menyesuaikan tampilan.
- System Focus: pada CRM Sistem (dibuat untuk penggunaan
internal) dirancang berdasarkan fungsi kerja dan produk. Aplikasi web
yang dirancang untuk sebuah departemen tunggal atau unit bisnis
sedangkan pada E-CRM Sistem (dibuat untuk penggunaan eksternal)
dirancang berdasarkan kebutuhan pelanggan. Aplikasi Web yang dirancang
untuk digunakan enterprise-wide.
- System Maintenance and Modification: pada CRM Lebih banyak
waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan dan pemeliharaan yang lebih
mahal karena sistem yang ada pada lokasi yang berbeda dan diberbagai
server sedangkan pada E-CRM pengurangan waktu dan biaya. Implementasi
dan pemeliharaan dapat dilakukan di satu lokasi dan pada satu server
- Perbedaan antara CRM dan ERP adalah dari sisi teknologinya, CRM merupakan fase ketiga setelah ERP. Dimana ERP adalah sebuah teknologi untuk mengubah data menjadi informasi dan mengintegrasikan penuh seluruh departemen yang ada dalam perusahaan. Fokusnya meningkatkan efisiensi secara internal. Sedangkan CRM adalah strategi bisnis dalam suatu perusahaan yang memanfaatkan kelebihan-kelebihan ERP untuk diterapkan kepada customers, dimana seluruh karyawan perusahaan yang terlibat dalam pelayanan terhadap customers diberikan akses informasi penuh. Fokusnya efektifitas secara eksternal.
Hubungan antara CRM dan ERP adalah mengintegrasikan organisasi yang
mempunyai inisatif mengenai ERP yang lebih efektif untuk melihat
bagaimana pola pembelian konsumen mempengaruhi pemanufakturan, sumber
daya manusia, keuangan, dan rencana jangka panjang. Pada waktu yang
sama, ada peminatan yang diperbaharui yang muncul dalam beberapa area
seperti manajemen pengetahuan dan kecerdasan bisnis.
No comments:
Post a Comment