Hotel Indah ingin menggunakan sistem informasi yang terkomputerisasi
dalam menyiapkan dan merencanakan aktivitas pelayanan tamu hotel. Adapun
proses bisnis dari Hotel Indahadalah sebagai berikut.
Staf penjualan dapat menerima reservasi melalui telepon dan biro
perjalanan serta tamu kooperat. Staf penjualan terlebih dahulu akan
mengecek jumlah dan jenis kamar tersedia yang diinginkan oleh tamu. Bila
kamar tersedia maka staf akan menginput data tamu dan jenis kamar yang
diinginkan serta tanggal check in dan tanggal check out. Dalam jangka waktu 2 x 24 jam, staf penjualan akan menelepon tamu untuk menanyakan konfirmasi reservasi tamu tersebut.
Pada proses registrasi, tamu mengisi form registrasi satu rangkap dan disertai penyerahan identitas diri pada saat check in
pukul 12.00, lalu dapat memberikan kartu kredit untuk divalidasi oleh
staf kantor depan atau memberikan deposit. Bagian kantor akan
melakukan konfirmasi jika tamu tersebut sudah melakukan reservasi lalu
menginput data registrasi, mencari status dan nomor kamar. Bila kamar
tersedia maka staf akan segera memberikan kunci kamar serta voucher
sarapan pada tamu. Bila tamu ingin pindah kamar, maka keterangan
tersebut akan dicatat pada dokumen registrasi sehingga memudahkan pada
saat pembayaran tagihan.
Tamu dapat memesan makanan dan minuman pada bagian pelayanan kamar.
Pesanan diinput berupa tagihan pelayanan kamar oleh staf tata graha dan
dikoordinasikan ke bagian restoran. Para tamu juga dapat memesan makanan
dan minuman secara langsung di restoran hotel dan tagihannya dimasukkan
ke dalam tagihan restoran. Pesanan akan diinput staf restoran dan
tagihannya akan dibayar langsung.. Selain itu, pihak hotel juga
menyediakan minibar pada tiap kamar. Pengecekannya mini bar ini
akan dilakukan oleh staf tata graha dan jumlah pemakaiannya akan
diinput ke tagihan minibar lalu diakumulasikan pada total tagihan akhir.
Apabila tamu menggunakan fasilitas binatu, , maka akan dilayani oleh
pihak binatu yang akan memeriksa jumlah cucian terlebih dahulu lalu
mengiinput data dan tagihan binatu untuk diakumulasikan pada total
tagihan akhir tamu. Tamu juga dapat menggunakan fasilitas telepon yang
ada pada setiap kamar dan tagihannya akan tertera pada total tagihan
akhir tamu tersebut.
Pada saat check out, tamu dapat menelepon ke bagian kantor depan untuk menentukan waktu check out.
Lalu staf kantor depan akan mengakumulasikan total tagihan tamu dan
mencetaknya sebanyak dua rangkap, satu rangkap untuk tamu dan yang
lainnya untuk staf kantor depan. Tamu akan membayar seluruh tagihan dan
menandatangani bukti pembayaran yang ada
Bila tamu ingin memperpanjang waktu inap, tamu akan menghubungi
kantor depan. Lalu staf kantor depan akan memeriksa kondisi dan jumlah
kamar yang tersedia, apabila penuh akan terpaksa dibatalkan. Apabila
tersedia maka akan terjadi perpanjangan waktu inap bagi tamu tersebut.
Dari soal kasus di atas, gambarkan:
- REAL Model untuk Hotel Indah
- ER Diagram untuk hotel Indah.
—ooo0ooo—
Jawaban
- REAL Diagram
- ERD Hotel
No comments:
Post a Comment