Value
Chain dan Strategi Information System
Salah
satu teori yang dikembangkan oleh Michael Porter adalah teori value chain.
Teori ini menggambarkan bahwa sebuah perusahaan adalah suatu rangkaian bentuk
aktivitas dasar yang mempunyai fungsi menambah value bagi produk dan jasa yang
dihasilkan.
Akitivitas yang dilakukan oleh perusahaan terdiri dari :
Akitivitas yang dilakukan oleh perusahaan terdiri dari :
· Primary processes, yaitu suatu aktivitas
proses yang berhubungan langsung dengan proses manufaktur atau penyediaan
produk.
· Support processes, yaitu aktivitas proses
yang dari waktu ke waktu memberikan dukungan terhadap perusahaan dan secara
tidak langsung memberikan kontribusi kepada produk dan jasa yang dihasilkan.
Primary
processes terdiri dari :
1. Inbound
logistic (input) : masuknya material yang akan diproses (diterima, disimpan).
2. Operations
(manufacturing and testing): material yang digunakan dalam kegiatan operasi
yang lebih bernilai ditambahkan dalam pembuatan produk.
3. Outbound
Logistic (storage and distribution) : produk-produk perlu disiapkan untuk
delivery (packaging,storing and shipping).
4. Marketing
and sales : mencoba untuk menjual produk untuk costumer, meningkatkan nilai
produk dengan manghasilkan deman (permintaan) untuk produk-produk perusahaan
(nilai dari item produk yang terjual lebih besar daripada yang terjual).
5. Service
: ditujukan untuk customer yang akan memberikan nilai, dan dari penambahan
nilai ini, hasil primary processes diharapkan menghasilkan profit.
Primary Processes didukung dengan support processes, meliputi :
Primary Processes didukung dengan support processes, meliputi :
1.
infrastruktur perusahaan (accounting,
finance, management)
2.
manajemen sumber daya manusia
3.
pengembangan teknologi (Riset and
Development)
4.
procurement
Dengan mengaplikasikan value chain dalam maka perusahaan dapat ikut serta dalam strategi kompetitif untuk memberikan nilai yang terbaik pada produk atau jasa yang dihasilkan.
Dengan mengaplikasikan value chain dalam maka perusahaan dapat ikut serta dalam strategi kompetitif untuk memberikan nilai yang terbaik pada produk atau jasa yang dihasilkan.
No comments:
Post a Comment