Monday, March 4, 2013

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)
ERP is an industry term for the broad set of activities supported by multi-module application software that help manufactures or other business manage the important parts of its business, including product planning, parts purchasing, maintaining inventories, interacting with suppliers, providing customer service and tracking orders [Olson 2004]. Karena ERP mencakup hal-hal yang telah disebutkan diatas seperti perencanaan produk, pembelian bahan, mengatur persediaan, berhubungan dengan para supplier, membatu dalam pelayanan konsumen dan pelacakan pesanan, maka sistem ERP haruslah terintergrasi pada tiap fungsional area dari perusahaan.
Karena terintergrasi dan database yang tersentralisasi, maka dapat meningkatkan kinerja seperti mempercepat proses kerja dalam pencatatan akutansi karena data yang terseida up to date atau terkini, dan pencarian data untuk penyajian laporan pun lebih mudah dan tidak memakan waktu karena hanya perlu mengakses database yang ada, dengan laporan yang up to date, pengambilan keputusan pun lebih tepat dan efektif.
Tools dari manajemen akunting faktanya sudah ada pada sistem ERP seperti budgeting dan forecasting (peramalan). Sistem ERP mengautomatisasi dan mengstandarisasi kegiatan konvensional dalam struktur yang ada , dengan terintergrasi penuh sehingga menghilangkan cara tradisional dan menciptakan sistem dan fungsi baru, menghilangkan batasan dan mengintergrasikannya pada database yang tersentralisasi sehingga dapat mencapai informasi yang diperlukan.  Beberapa sumber mengatakan sistem ERP hendaknya terintergrasi dengan Sistem ABC agar lebih efektif dan efisien.
Dengan demikian dapat kita simpulkan ERP juga dapat membantu bagian accounting membuat laporan dan mengambil keputusan.

Berikut beberapa kriteria dasar dari laporan :

-   pendapat Narative, laporan harus lebih informatif dan menarik

-   pernyataan trend. Organisasi dan konten dari laporan harus berdasarkan tren dari ide utama  karena dapat meningkatkan minat pembaca untuk membaca data

-    Eksekutif accounting yang mempersiapkan laporan harus meningkalakn proses pengambilan keputusan kepada eksekutif mereka. Kesuksesan dari eksekutif accounting tergantung pada kemampuannya mengekspresian idenya dan interpretasi pada perusahaan dan dapat dimengerti

-    Data statistic, metode dari mempresentasikan tren dasar finansial

-    Dapat dibaca, laporan harus dapat dibaca, informasi harus dapat dimengerti

Objektivitas laporan dapat dilihat dengan :

-     laporan manajemen harus mendukung informasi yang berguna untuk manajemen

-     pendukung informasi untuk menmbatu manajemen untuk mengakses jumlah, waktu dan cash flow yang tidak pasti

-     pendukung manager dengan informasi mengenai sumber daya dari perusahaan dan mengklaim sumber daya tersebut

      The reporting system within ERP systems found to deliver high quality of information to satisfy need of management for decision making process [Richard and Philip 2000].  Kualitas informasi yang disediakan mempengaruhi pengambilan keputusan, ERP dapat mendukung pengambilan keputusan dengan fleksibelitas yang tinggi dan laporan dapat menjadi indicator yang baik untuk menentukan apakah implementasi ERP berhasil atau gagal.
Contoh kasus : Stora Enso Fine Papers Division
       Berbasis aktifias sistem pembiayaan berbasis pada software OROS, dan terintergrasi dengan sistem ERP, SAP R/3 dan FENIX. Penjualan sebesar €3.6 miliyar untuk grafis dan kertas kantor, yang diproduksi pada 11 situs dan 20 mesin kertas. Produk yang dihasilkan adalah katalok, laporan annual, iklan, amplop dan alat tulis kantor. Dari pelanggan Fine Papers devision 60% adalah distributor kertas sementara yang lainnya adalah percetakan dan konverter serta pembeli lain seperti Canon dan Xerox.
       Pada pengimplementasian ERP, dengan sistem yang baru, espektasi yang diinginkan adalah kegunaan dan sistem ERP yang terintergrasi, kesesuaian sistem baru dengan akuisisi masa depan, perbadingan biaya informasi dan nilai rantai laporan, penjualan dan produksi pada bagian produksi yang menginginkan sebuah alat untuk menerima arau menolak pesanan yang ada, pemilihan pembeli yang lebih mengunungkan dan area pasar pada semua orientasi pembeli. Dengan tambahan ERP memungkinkan departemen penjualan untuk berkomunikasi dengan pembeli secara streaming dengan lebih baik dengan distributor kertas, terlebih lagi dengan mereka yang menggunakan sistem SAP.
      Laporan berbasis rantai nilai pada Stora Enso Fine Papaers dapat dikarakteristikkan sebagai biaya pelaporan ang mengcover bagian yang lebih besar dari rantai nilai devisi nilai lebih dari single porfit centre. Juga mencari harga transfer yang terabaikan antara berbagai jenis profit centre.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.