1. Siklus Applet (The Applet Life Cycle)
Bahkan untuk memulai eksekusi pada main
method seperti dalam aplikasi khas Java, browser atau applet viewer
berhubungan dengan applet melalui method-method berikut :
1. init()
init adalah method
yang dipanggil pertama kali. Yang sebenarnya berisi permintaan pertama ketika
applet di load.
2. start()
Setelah meminta method init,
mulai dengan method yang dipangil selanjutnya. method ini meminta dokumen HTML
yang ditampilkan applet setiap waktu. Eksekusi ringkasan dengan method ini
dilakukan ketika applet ditampilkan kembali.
3. stop()
Ketika web browser meninggalkan dokumen
HTML applet,method ini dipanggil untuk menginformasikan applet bahwa dia harus
menghentikan proses eksekusinya.
4. destroy()
method ini dipanggil ketika applet perlu
dihapus dari kelangkapan memory. Method stop selalu dipanggil sebelum
method ini diminta untuk dijalankan.
import java.applet.*;
import java.awt.*;
/*
<applet code="LifeCycleDemo" width=300 height=100>
</applet>
*/
class LifeCycleDemo extends Applet {
String msg ="";
public void init() {
msg += "initializing... ";
repaint();
}
public void start() {
msg += "starting... ";
repaint();
}
public void stop() {
msg += "stopping... ";
repaint();
}
public void destroy() {
msg += "preparing for unloading...";
repaint();
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString(msg, 15, 15);
}
}
Contoh dokumen html berikut tergabung
dalam applet LifeCycleDemo .
<HTML><TITLE>Life Cycle Demo</TITLE>
<applet code="LifeCycleDemo" width=300 height=100>
</applet>
</HTML>
2. Method Paint
Method lain yang tidak
kalah penting adalah method paint, yang mana class Applet menurunkannya
dari class induknya yaitu class Component, Yang meminta output applet
setiap waktu yang diperlukan untuk dapat digambar kembali. Sebagai contoh dari
setiap instance adalah ketika sebuah applet tersembunyi oleh window lain dapat
dibuat terlihat lagi. Method ini selalu menolak ketika anda ingin membuat
bagaimana applet yang Anda buat harus terlihat seperti yag anda inginkan. Pada
contoh Hello World, applet memiliki string "Hello world!"pada
background setelah menolak method paint.
Applet memiliki window
status, dimana memberi informasi kepada Anda tentang apa yang sebenarnya dilakukan
applet. Jika anda ingin memberi output ke window status, secara sederhana
memanggil method showStatus.
Contoh berikut ini sama seperti contoh
Hello World tapi dengan pernyataan tambahan yang memodifikasi isi dari window
status.
import java.awt.*;
import java.applet.*;
/*
<applet code="AppletDemo" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AppletDemo extends Applet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Hello world!", 80, 25);
showStatus("This is an important information.");
}
}
import java.applet.*;
/*
<applet code="AppletDemo" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AppletDemo extends Applet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Hello world!", 80, 25);
showStatus("This is an important information.");
}
}
Berikut ini adalah contoh hasil outputnya:
4.
Memainkan Audio Clips
Applets juga menyediakan layanan melalui
adanya suatu method untuk memainkan file audio. Memainkan audio clips dalam
sebuah applet melibatkan dua langkah dasar :
1. Dapatkan audio clip menggunakan
method getAudioClip.
2. Untuk memainkan audio clip,
menggunakan method play atau loop pada object audio
clip. play memungkinkan Anda
untuk memainkan audio satu kali mengingat loop berulang pada audio clip
dan berhenti hanya ketika method stop dipanggil. Contoh berikutnya
memainkan file audio secara terus-menerus hingga method stop applet
dipanggil.
import java.awt.*;
import java.applet.*;
/*
<applet code="AudioApplet" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AudioApplet extends Applet {
AudioClip ac;
public void init() {
try {
/*audio clip tersimpan dalam direktori yang sama
seperti kode javanya*/
/* spaceMusic telah terdownload dari java.sun.com */
ac = getAudioClip(getCodeBase(), "spaceMusic.au");
ac.loop();
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
}
}
public void stop() {
ac.stop();
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Playing space music!", 80, 25);
}
}
import java.applet.*;
/*
<applet code="AudioApplet" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AudioApplet extends Applet {
AudioClip ac;
public void init() {
try {
/*audio clip tersimpan dalam direktori yang sama
seperti kode javanya*/
/* spaceMusic telah terdownload dari java.sun.com */
ac = getAudioClip(getCodeBase(), "spaceMusic.au");
ac.loop();
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
}
}
public void stop() {
ac.stop();
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Playing space music!", 80, 25);
}
}
5. Memainkan Audio Clips
Applets juga menyediakan layanan melalui
adanya suatu method untuk memainkan file audio. Memainkan audio clips dalam
sebuah applet melibatkan dua langkah dasar :
1. Dapatkan audio clip menggunakan
method getAudioClip.
2. Untuk memainkan audio clip,
menggunakan method play atau loop pada object audio
clip. play
untuk memainkan audio satu kali mengingat
loop berulang pada audio clip dan berhenti hanya ketika method stop dipanggil.
Contoh berikutnya
import java.awt.*;
import java.applet.*;
/*
<applet code="AudioApplet" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AudioApplet extends Applet {
AudioClip ac;
public void init() {
try {
/*audio clip tersimpan dalam direktori yang sama
seperti kode javanya*/
/* spaceMusic telah terdownload dari java.sun.com */
ac = getAudioClip(getCodeBase(), "spaceMusic.au");
ac.loop();
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
}
}
public void stop() {
ac.stop();
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Playing space music!", 80, 25);
}
}
import java.applet.*;
/*
<applet code="AudioApplet" width=300 height=100>
</applet>
*/
public class AudioApplet extends Applet {
AudioClip ac;
public void init() {
try {
/*audio clip tersimpan dalam direktori yang sama
seperti kode javanya*/
/* spaceMusic telah terdownload dari java.sun.com */
ac = getAudioClip(getCodeBase(), "spaceMusic.au");
ac.loop();
} catch (Exception e) {
System.out.println(e);
}
}
public void stop() {
ac.stop();
}
public void paint(Graphics g) {
g.drawString("Playing space music!", 80, 25);
}
}
No comments:
Post a Comment