Analisis
SWOT
Analisa
SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan
strategi dan kebijakan terhadap suatu permasalahan. SWOT adalah singkatan yang
diambil dari huruf depan kata Strength, Weakness, Opportunity dan Threat.
Berdasarkan pada wawancara kepada koordinator / penanggung jawab Gerai IKM,
maka diidentifikasi faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman. Selanjutnya hasil dari analisa SWOT yang berupa pilihan alternative
strategi pemecahan permasalahan bisnis yang harus dihadapi perusahaan.
Analisis TOWS digunakan
untuk melengkapi analisis SWOT. Analisis TOWS yang dapat memetakan peluang dan
ancaman eksternal dengan kekuatan dan kelemahan internal suatu organisasi
kedalam 4 alternatif strategi.
Tabel 5.1 Matriks TOWS
pada Gerai IKM
|
Faktor Internal
Faktor Eksternal
|
STRENGHT
|
WEAKNESS
|
|
1. Adanya
peran serta pemerintah
2. Produk
yang beraneka ragam
3. Menjadi
salah satu lembaga yang menyediakan barang-barang khas Kalbar
4.
Sering mengikuti kegiatan pameran
|
1 Fasilitas
penyimpanan barang belum memadai
2. SDM
yang tidak terlatih
3. Minimnya
anggaran dan terbatasnya infrastruktur
4. Masih
belum teratur dalam penginputan data
5. Kurangnya
fasilitas komunikasi antar UKM yang bekerja sama dgn Gerai
6. Kemasan
yang tidak menarik
7. Aplikasi
masih belum terintegrasi (Excel)
|
|
|
OPPORTUNITIES
|
SO Straegi
|
WO Strategi
|
|
1.
Adanya
kegiatan pameran
2.
Kontribusi
terhadap ekonomi daerah
3.
Diproduksi
skala besar
Potensi
pasar dalam / luar negeri
4.
Penjualan berbasis Web
|
1.
Membuka jaringan dengan menggunakan sarana untuk
membangun pemasaran
2.
Perencanaan secara terintegrasi dengan dinas
terkait
3.
Memperluas pangsa pasar
|
1. Pelatihan
dan pengembangan SDM
2. Penyediaan
sarana dan infrastruktur teknologi tepat guna
3. Berupaya
menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan dalam hal peminjaman modal
4. Membangun
sebuah website e-commerce untuk penjualan dan pemasaran produk
|
|
THREATS
|
ST Strategi
|
WT Strategi
|
|
1.
Banyaknya
kompetitor yang memproduksi barang sejenis
2.
Persaingan
pasar dan industry
3.
Produk
kompetitor lebih menarik
|
1. Membangun
sistem standardisasi produk
2. Pengembangan
dan inovasi produk
3. Meningkatkan
pelayanan terhadap pelanggan.
|
1. Pengembangan
SDM berbasis pemasaran
2. Pengembangan
teknologi sistem informasi
3. Manajemen dalam pengolahan Gerai dan
pengolahan data
4. Inovasi
dan pengembangan produk
|
Dari analisis SWOT
diatas dapat disimpulakan bahwa banyak kelemahan yang dimiliki oleh Gerai IKM
ini, maka dari itu berdasarkan matriks Grand strategi SWOT di atas didapatkan
starteginya adalah:
a.
Strategi S-O
Strategi S-O digunakan Mengembangkan
kekuatan dan mengoptimalkan peluang misalnya dalam hal
pemasaran produk Gerai IKM, gerai dapat memperluas jaringan untuk membuka
pangsa pasar selain itu dibutuhkannya kerja sama dengan dinas yang terkait juga
sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha Gerai IKM ini.
b. Strategi W-O
Strategi ini digunakan untuk meminimalkan
kelemahan untuk memanfaatkan peluang yang ada yaitu dengan melakukan
pengembangan atau melatih SDM yang ada, kemudian menyediakan sarana dan
infrastuktur teknologi agar komunikasi antara Gerai dan para UKM. Kemudian
menyediakan website e-commerce yang mencakup proses pembelian, penjualan,
layanan atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.
c.
Strategi S-T
Strategi ini digunakan untuk mengembangkan
kekuatan untuk mengatasi ancaman, penguatan kekuatan ini untuk meredam ancaman
dari luar dengan itu dibutuhkannya inovasi dalam pengembangan produk dan
meningkatkan mutu brang serta pelayanan terhadap pelanggan.
d. Strategi W-T
Strategi ini berupaya untuk meminimalkan
kelemahan untuk menghindari ancaman, dengan adanya kelemahan dan
ancaman yang ada maka gerai harus melakukan pengembangan SDM yang berbasis
pemasaran, adanya teknologi tepat guna demi menunjang kegiatan operasional
Gerai seperti dalam hal pengolahan data dan adanya sistem yang terintegrasi disetiap
unit sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien. Kemudian melakukan inovasi
dan pengembangan produk agar lebih menarik pelanggan dan juga pelayanan terbaik untuk pelanggan.
No comments:
Post a Comment