Monday, March 4, 2013

Analisis SWOT

Analisis SWOT
Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi dan kebijakan terhadap suatu permasalahan. SWOT adalah singkatan yang diambil dari huruf depan kata Strength, Weakness, Opportunity dan Threat. Berdasarkan pada wawancara kepada koordinator / penanggung jawab Gerai IKM, maka diidentifikasi faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Selanjutnya hasil dari analisa SWOT yang berupa pilihan alternative strategi pemecahan permasalahan bisnis yang harus dihadapi perusahaan.
Analisis TOWS digunakan untuk melengkapi analisis SWOT. Analisis TOWS yang dapat memetakan peluang dan ancaman eksternal dengan kekuatan dan kelemahan internal suatu organisasi kedalam 4 alternatif strategi.
Tabel 5.1 Matriks TOWS pada Gerai IKM
 

                Faktor Internal





Faktor Eksternal
STRENGHT
WEAKNESS
1.  Adanya peran serta  pemerintah
2.   Produk yang beraneka ragam
3.     Menjadi salah satu lembaga yang menyediakan barang-barang khas Kalbar
4.   Sering mengikuti kegiatan pameran

Fasilitas penyimpanan barang belum memadai
2.   SDM yang tidak terlatih
3.   Minimnya anggaran dan terbatasnya infrastruktur
4.   Masih belum teratur dalam penginputan data
5.   Kurangnya fasilitas komunikasi antar UKM yang bekerja sama dgn Gerai
6.   Kemasan yang tidak menarik
7.   Aplikasi masih belum terintegrasi (Excel)
OPPORTUNITIES
SO Straegi
WO Strategi
1.   Adanya kegiatan pameran
2.   Kontribusi terhadap ekonomi daerah
3.   Diproduksi skala besar
     Potensi pasar dalam /     luar negeri
4.  Penjualan berbasis Web

1.  Membuka jaringan dengan menggunakan sarana untuk membangun pemasaran
2.  Perencanaan secara terintegrasi dengan dinas terkait
3.  Memperluas pangsa pasar
1.   Pelatihan dan pengembangan SDM
2.   Penyediaan sarana dan infrastruktur teknologi tepat guna
3.   Berupaya menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan dalam hal peminjaman modal
4.   Membangun sebuah website e-commerce untuk  penjualan dan pemasaran produk



THREATS
ST Strategi
WT Strategi
1.   Banyaknya kompetitor yang memproduksi barang sejenis
2.   Persaingan pasar dan industry
3.   Produk kompetitor lebih  menarik
1.   Membangun sistem standardisasi produk
2.   Pengembangan dan inovasi produk
3.   Meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.
1. Pengembangan SDM berbasis pemasaran
2. Pengembangan teknologi sistem informasi
3.  Manajemen dalam pengolahan Gerai dan pengolahan data
4. Inovasi dan pengembangan produk

Dari analisis SWOT diatas dapat disimpulakan bahwa banyak kelemahan yang dimiliki oleh Gerai IKM ini, maka dari itu berdasarkan matriks Grand strategi SWOT di atas didapatkan starteginya adalah:
a.      Strategi S-O
Strategi S-O digunakan Mengembangkan kekuatan dan mengoptimalkan peluang misalnya dalam hal pemasaran produk Gerai IKM, gerai dapat memperluas jaringan untuk membuka pangsa pasar selain itu dibutuhkannya kerja sama dengan dinas yang terkait juga sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha Gerai IKM ini.
b.   Strategi W-O
Strategi ini digunakan untuk meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang yang ada yaitu dengan melakukan pengembangan atau melatih SDM yang ada, kemudian menyediakan sarana dan infrastuktur teknologi agar komunikasi antara Gerai dan para UKM. Kemudian menyediakan website e-commerce yang mencakup proses pembelian, penjualan, layanan atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.
c.   Strategi S-T
Strategi ini digunakan untuk mengembangkan kekuatan untuk mengatasi ancaman, penguatan kekuatan ini untuk meredam ancaman dari luar dengan itu dibutuhkannya inovasi dalam pengembangan produk dan meningkatkan mutu brang serta pelayanan terhadap pelanggan.
d.   Strategi W-T
Strategi ini berupaya untuk meminimalkan kelemahan untuk menghindari ancaman, dengan adanya kelemahan dan ancaman yang ada maka gerai harus melakukan pengembangan SDM yang berbasis pemasaran, adanya teknologi tepat guna demi menunjang kegiatan operasional Gerai seperti dalam hal pengolahan data dan adanya sistem yang terintegrasi disetiap unit sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien. Kemudian melakukan inovasi dan pengembangan produk agar lebih menarik pelanggan  dan juga pelayanan terbaik untuk pelanggan.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.