BAB
5
HASIL
PENELITIAN
Data yang diambil dari
penulisan skripsi ini adalah data primer berupa data dari perusahaan dengan
berbagai personal yang terkait dalam perencanaan strategis sistem informasi. Penulis
akan melakukan analisis terhadap proses pemasaran dan pengolahan data yang sudah ada, kemudian
mendeskripsikan hasil penelitian ke dalam suatu matrix pemetaan untuk memperoleh
informasi agar dapat menghasilkan sebuah perencanaan strategis dalam hal pemasaran bahan khas Kalbar oleh
Gerai IKM Kalbar,
5.1 Profil bisnis
Gerai
IKM ini bergerak pada bidang perdagangan dan bertujuan untuk meningkatkan
kualitas sumber daya manusia dalam kegiatan Wirausaha. Adapun kegiatan yang
dilakukan pada Gerai ini adalah menjual barang-barang kerajinan yang di produksi
oleh UKM yang kemudian dijual di daerah Pontianak dan menjualnya pada saat
mengikuti pameran diluar kota seperti Jakarta, Bandung dan Yogjakarta, kemudian
mendistribusikan barang-barang yang disupply
oleh para UKM ke gerai dan juga adanya konsultasi UKM. Produk-produk yang
dijual di Gerai yaitu Makanan, minuman
dan kerajinan khas Kalimantan Barat. Kemudian dalam kegiatan operasionalnya Gerai IKM ini menggunakan
Microsoft Excel dalam penginputan data-data transaksi penjualan, stok barang,
register UKM dan juga laporan penjualan.
5.1.1 Visi dan misi
Visi dan misi Gerai IKM Kalbar
adalah untuk membantu para UKM dalam mempromosikan usahanya dan sebagai sarana
berkumpulnya para pelaku industri di Kalimantan barat.
1.
Untuk mempromosikan produk-produk UKM
2. Produk – produk yang dihasilkan agar dapat
dipamerkan dipameran kebudayaan
3. Gerai ini menjadi tempat konsultasi bagi
para UKM
Dengan visi dan misi yang ada, maka
Gerai IKM membutuhkan suatu strategi untuk menghadapi persaingan bisnis yang
akan semakin ketat. Strategi yang dirancangkan haruslah sesuai dengan tujuan
gerai untuk meningkatkan pemasaran barang-barang khas Kalimantan Barat agar
dikenal oleh masyarakat dan juga memperbaiki manajemen dari Gerai IKM tersebut.
5.2
Menentukan Kebutuhan Informasi dan
Bisnis
Strategi yang baik adalah strategi
yang sejalan dengan kondisi bisnis yang terjadi dan mendukung proses bisnis
yang berlangsung didalamnya. Pemahaman mengenai lingkungan bisnis dan sistem
informasi diperlukan untuk mengenal Gerai IKM Kalbar ini sehingga diperlukannya
Framework Strategi SI/TI untuk
menganalisis kebutuhan informasi dan bisnis gerai. Framework ini mempuyai dua tahapan yaitu tahapan masukan berupa analisis lingkungan bisnis internal dan eksternal,
analisis lingkungan SI/TI internal dan eksternal, sedangkan tahapan keluaran
berupa strategi SI bisnis, strategi TI, dan manajemen SI/TI.
|
Gambar 5.1 Model Framework Perencanaan Strategi SI/TI
|
Analisis Lingkungan
Bisnis Internal
Gerai IKM adalah perusahaan yang bergerak dibidang
pemasaran produk-produk khas Kalbar yang diproduksi oleh para UKM yang berasal
dari Pontianak. Pada saat ini Gerai lebih memfokuskan diri pada pengembangan
dalam hal pemasaran produk dan perencanaan dalam hal kegiatan operasional yang
lebih baik.
Dalam
hal kegiatan
operasional, struktur kerja yang tidak terorganisir dengan baik,
kemudian penginputan
transaksi harian yang masih tidak
teratur seperti dalam penginputan
transaksi penjualan, master barang, register IKM, stok barang, konsultasi IKM dan
pembuatan laporan yang tidak
lengkap
dan tidak terupdate seperti laporan bulanan atau tahunan. Selain itu tidak adanya
komunikasi yang baik antara pemasok yaitu para UKM yang menyalurkan barangnya
kepada gerai IKM sehingga stok barang tidak terupdate. Pada saat konsumen ingin membeli barang kadang barang
tersebut tidak ada ditempat, maka bagian kasir harus melihat data
gudang. Sementara itu data yang diberikan oleh bagian gudang tidak lengkap dan
tidak update sehingga tidak tersediannya data yang jelas mengenai persediaan
barang yang akan mempersulit bagian kasir untuk berhubungan langsung dengan
pelanggan.
Selain itu Gerai IKM
ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel dalam penginputan data-data yang
disebutkan diatas. Excel mempunyai beberapa kelemahan yaitu aplikasi ini tidak
dapat mengintegrasikan data-data yang ada, sehingga muncul masalah seperti stok
barang yang tidak sesuai dengan data di gudang, kemudian tidak adanya sistem
yang terupdate setiap barang yang terjual selain itu hardware yang sudah lama
membuat aplikasi berjalan dengan lambat.
Untuk mengatasi hal
diatas diperlukan sistem aplikasi terintegrasi yang memungkinkan semua pengguna
dapat mengakses dan mengubah informasi yang sama pada saat bersamaan. Aplikasi ini
dapat mempercepat hubungan kerja sama dan mengurangi resiko kesalahan serta
informasi yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan kepada pelanggan. Selain
itu proses
pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.
Pengintegrasian semua bagian dan fungsi pada Gerai melalui sistem
terkomputerisasi dapat mereduksi semua pekerjaan manual yang ada kemudian dapat
meningkatkan jumlah penjualan, karena sistem ERP dapat membantu arus barang dan
jasa dengan lebih cepat. Sistem enterprise mengotomatisasi
banyak proses bisnis, seperti menyusun daftar pesanan atau pengiriman; menyusun
data pelanggan; dan menampilkan jumlah stok real-time. Informasi yang sebelumnya
terfragmentasi pada sistem tradisional dapat mengalir dengan lancar di
keseluruhan perusahaan sedemikian rupa sehingga semua proses bisnis di bagian
kasir, administrasi, penjualan, dan gudang bisa berbagi informasi yang sama.
Penggunaan sistem
terintegrasi ini dapat memberikan Gerai manfaat berupa pengurangan waktu yang
diperlukan dalam mendapatkan informasi stok barang dan data pelanggan,
pengelolaan order, peningkatan produktivitas, peningkatan keuntungan, pandangan
positif pelanggan atas kecepatan kinerja Gerai IKM ERP menyatukan fungsi-fungsi bisnis sebagai suatu
kesatuan yang utuh dari penerimaan pesanan, penyesuaian harga, pengecekan
ketersediaan stok barang, pengecekan data pelanggan, pengaturan pengiriman,
pengiriman faktur, dan penagihan pembayaran dari pelanggan.
Dilihat dari data yang ada, Gerai ini memiliki banyak stakeholder/ UKM yang mendistribusikan barang-barangnya untuk di
salurkan melalui Gerai ini, untuk dijual ataupun diikutsertakan dalam acara
pameran-pameran kebudayaan. Harga yang diberikan juga tidak mahal, sehingga
dapat dijangkau oleh masyarakat. Namun karena banyaknya barang-barang sejenis
dari perusahaan lain, membuat penjualan gerai sedikit menurun. Maka dari itu
dibutuhkannya pemasaran agar produk-produk tersebut lebih dikenal oleh
masyarakat luas dan juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi daerah.
Upaya untuk mengoptimalkan
pemasaran ini merupakan hal yang penting demi mempertahankan bisnis ini. Maka
dibutuhkan karyawan yang mempunyai kualifikasi dibidang marketing sehingga
dapat membantu Gerai dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh para
UKM, selain itu dibutuhkannya website e-commerce agar penjualan dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih
luas. Kemudian
memaksimalkan dalam hal pelayanan kepada pelanggan seperti pemenuhan permintaan
order barang, adanya website yang dapat dikunjungi oleh pelanggan, dan adanya
perantara komunikasi antara pelanggan dan Gerai untuk berkonsultasi yaitu bisa
menggunakan telepon, sms ataupun yahoo massanger.
Untuk yang mau bab 5 full. download disini :)
No comments:
Post a Comment