Analisis Lingkungan Internal SI/TI
Pada tahapan ini
dilakukan analisis mengenai kondisi internal dari teknologi SI/TI pada Gerai IKM. Pandangan
SI/TI terhadap bisnis pada masa sekarang ini, pengalaman perusahaan dalam
bisnis, cakupan bisnis, dan kontribusinya terhadap pasar, kemampuan perusahaan,
sumber daya dalam perusahaan dan infrastruktur teknologi yang
digunakan.Aplikasi portfolio saat ini dari sistem yang berjalan dan sistem yang
sedang dalam pengembangan atau belum dikembangkan tapi sudah direncanakan pada
perusahaan.
Pada Gerai IKM ini hanya mempunyai satu komputer
dalam menginputkan semua data-data yaitu dengan spesifikasi Processor
Pentium 4, RAM 1 GB dan Harddisk 150
GB dan Printer Deskjet.
Kemudian aplikasi
yang digunakan Gerai saat ini masih menggunakan Microsoft Excel dalam penginputan data dan informasi. Namun fungsi
penggunaan aplikasi masih belum maksimal dan juga masih terdapat kelemahan
karena belum bisa terintegrasi dengan unit kerja lainnya. Dan sistem
operasi utama yang digunakan adalah Microsoft
Windows XP 2000.
Selain itu Gerai IKM mempunyai akses internet namun
belum digunakan dengan baik untuk keperluan Gerai IKM. Maka dari itu agar
akses jaringan lebih meningkat maka direkomendasikan adalah Gerai menambah
jumlah komputer menjadi lima PC, semua clients computer terhubung kepada
switch/hub dengan kecepatan Gigabit, untuk koneksi semua server adalah
Gigabit kepada switch, sedangkan untuk server tidak boleh berada pada
segmen jaringan yang bersifat bottleneck, untuk koneksi Switch uplink
haruslah full-duplex dan berkecepatan Gigabit. Jaringan harus stabil dan
didukung oleh layanan DHCP kepada semua clients computers dan topologi
LAN yang bersifat scalabilitas haruslah diadopsi yang cocok dengan kebutuhan
fungsional dan bandwidth dari site.
Melalui
perkembangan SI/TI saat ini sangat memperngaruhi Gerai karena sulitnya
mempertahankan pasar dengan banyaknya kompetitor. Gerai hanya menggandalkan
kegiatan pameran kebudayaan untuk mempromosikan produk Kalbar ini, selebihnya
gerai hanya menjual digerai tanpa adanya solusi untuk mempromosikannya. Maka dari itu perlunya diterapkan sistem
teknologi informasi dalam Gerai untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Dan
perencanaan strategis harus direncanakan dengan baik tidak hanya mendukung
sasaran unit tertentu bahkan keseluruhan.
No comments:
Post a Comment