Strategi dan Manajemen SI/TI
Strategi Bisnis SI/TI
bertujuan mengumpulkan dan mengidentifikasi kebutuhan kebutuhan strategi bisnis
organisasi serta menterjemahkannya ke dalam bentuk solusi SI/TI yang dapat
mendukung strategi bisnis untuk mencapai bussines objective organisasi tersebut.
1.
Strategi SI Gerai IKM
Berdasarkan analisis lingkungan
bisnis menggunakan analisis SWOT dengan pola solusi yang dihasilkan, maka
didapat kebutuhan Sistem Informasi (IS Need) yang diharapkan bahwa perencanaan strategis SI
memiliki manfaat adanya keterkaitan dengan rencana bisnis, adanya keterkaitan
dengan strategi bisnis, dan menjadi alat keunggulan bersaing bagi organisasi. Kebutuhan dan pilihan
itu adalah hasil dari tekanan bisnis, strategi bisnis, dan pengorganisasian
bermacam aktifitas, sumber-sumber daya dan orang-orang dalam bisnis. Kebutuhan
akan informasi baru bisa dikonversi menjadi sistem-sistem dan pengorganisasian
data. Untuk bisa mencapai aplikasi yang ideal ini dan supaya bisa dikelola
dengan sukses, sumber-sumber daya dan teknologi harus diadakan dan dipakai
secara efektif.
Perencanaan strategis (strategic
plan) pada Gerai IKM harus bisa memberikan jalur migrasi (migration
path) yang bisa mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada, mengeksploitasi
kekuatan dan memunculkan kebutuhan-kebutuhan baru. Oleh sebab itu, Gerai IKM harus
memiliki rencana, tidak hanya terintegrasi dalam hal informasi, sistem dan
teknologi melalui kegiatan yang koheren, akan tetapi juga dalam hal perkembangan
kebutuhan bisnis. Jangka panjang menandakan ketidakpastian, baik dalam kebutuhan
bisnis dan potensi keuntungan yang bisa ditawarkan oleh beragam aplikasi dan
teknologi. Satu-satunya hal yang pasti adalah perubahan,Perubahan keadaan
menandakan bahwa organisasi harus mampu memberikan respons terhadap masalah dan
peluang yang tidak terduga.
Oleh sebab itu, pendekatan strategis jangan sampai memberikan
recana yang kaku, tapi dia harusnya menjadi sebuah lingkungan sistem informasi
bisnis yang bisa beradaptasi begitu ada perubahan dalam lingkungan (environment).
bahwa perencanaan (planning) adalah proses yang continuous,
dan formula kerangka kerja perencanaan strategi SI bisnis harus terus-menerus
ditinjau ulang untuk menjamin bahwa portfolio yang berjalan masih tetap
relevan. Begitu faktor-faktor di dalam atau di luar bisnis berubah, kesimpulan
yang bisa diambil dari masing-masing langkah dalam kerangka kerja tersebut bisa
saja berubah, oleh sebab itu beberapa jalur dalam proses harus ditinjau ulang
untuk bisa diidentifikasi implikasinya. Adalah penting agar jangan mengulang
keseluruhan proses jika terjadi perubahan dalam faktor-faktor tersebut.
Strategi SI yang diusulkan dalam membantu perencanaan
strategis dalam Gerai IKM ini adalah dengan membangun sebuah website e-commerce yang merupakan sistem yang
akan mendukung sistem pemasaran barang UKM
dan juga adanya aplikasi ERP menjadi tulang punggung (backbone / back- office) sistem
informasi manajemen untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis dan efektivitas
pengambilan keputusan. Aplikasi ERP memiliki peran yang strategis untuk
kepentingan persaingan bisnis yang
berbasis OpenERP yang open source. OpenERP mempunyai fleksibilitas dan
kemampuan beradaptasi, Integrasi yang ada pada sistem ini mampu menjembatani
bagian-bagian yang terbentuk karena perbedaan fungsi kerja,tidak perlu masing
masing unit kerja membangun sistem/ aplikasi sendiri,satu aplikasi untuk di
gunakan bersama-sama.dengan data dan informaasi yang bisa di gunakan bersama
sama pula, karena bersifat opensource, fitur fitur yang ada di dalam OpenERP
bisa di kembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dengan batasan tidak
mengakibatkan terganggunya sistem ketika terjadi upgrade aplikasi, dan
Karena aplikasi ini di kembangkan oleh komunitas, maka penemuan bugs,kesalahan sistem, serta berbagai kekurangan lain akan lebih cepat di lakukan, serta support yang kuat dan luas jangkauannya.
Karena aplikasi ini di kembangkan oleh komunitas, maka penemuan bugs,kesalahan sistem, serta berbagai kekurangan lain akan lebih cepat di lakukan, serta support yang kuat dan luas jangkauannya.
2. Strategi TI Gerai IKM
Strategi bisnis IS
perlu mendapat dukungan dari Strategi TI. Strategi TI menintikberatkan pada
bagaimana merencanakan dan menerapkan sumberdaya TI yang didukung oleh
sumberdaya manusia yang handal yang sifatnya dinamis mengikuti perkembangan
internal dan eksternal Gerai IKM. Teknologi informasi mampu merubah kondisi
lama menjadi kondisi baru yaitu dengan adanya arsitektur teknologi informasi dapat
mendukung perubahan-perubahan di struktur organisasi kemudian dengan adanya
sistem teknologi informasi mendukung perngurangan waktu kepasar dengan cara
transaksi secara online. Adanya Jaringan LAN akan membantu mengintegrasikan setiap bagian fungsi
kerja dalam Gerai dan kemudian adanya koneksi dengan Internet juga akan
mendukung proses bisnis dalam Gerai IKM.
Dengan adanya koneksi internet yang digunakan untuk pemesanan oleh
pelanggan yang akan digunakan oleh bagian marketing. Sistem teknologi yang terintegrasi ini
dapat membuat pelanggan menjadi puas dengan pengolahan order yang cepat dengan
biaya yang rendah dengan informasi yang tersedia dengan cepat untuk setiap
proses transaksi. Kemudian menjamin data
yang konsisten, tepat waktu dan dapat diverivikasi, sehingga meningkatkan
sumber-sumber daya kualitas dari proses dan optimalisasi dari sumber-sumber
daya yang dibutuhkan.
3. Strategi Manajemen SI/TI Gerai IKM
Strategi
manajemen informasi dimaksudkan untuk menjamin organisasi mendapatkan nilai
terbesar yang bisa didapat dari sumber informasinya, dan untuk memungkinkan
manajemen yang cost effective. Setelah menentukan kebutuhan SI dari
sebuah bisnis, tujuan utama dalam mengelola portfolio aplikasi, sumber
informasi dan infrastruktur TI dan menyediakan layanan adalah untuk
menghasilkan nilai maksimum untuk bisnis, dan memigrasikan mereka dari posisi
mereka yang sekarang ke posisi yang dibutuhkan melalui serangkaian tahap-tahap
yang dikelola dengan hati-hati. Kemudian pemeliharaan dan
pengembangan SI/TI dapat mendukung kebutuhan organisasi yang dinamis dengan
mempertimbangkan trend perkembangan
IS/IT sehingga peran IS/IT dapat menjadi
key enabler yang memberikan value add serta menjadi tools dalam menciptakan inovasi-inovasi
yang dapat menjadi competitive advantage
bagi organisasi.
Strategi sistem informasi manajemen
adalah semua hal yang bertujuan untuk melakukan pengukuran kinerja perusahaan
yang mencakup seluruh aspek dalam Gerai. Dalam hal ini kita dapat melakukan
pengembangan terhadap manajemen dengan membuat sistem-sistem yang terintegrasi
antara bagian unit kerja dengan menggunakan ERP.
Kesuksesan
implementasi strategi manajemen informasi ditandai dengan tercapainya
kontribusi maksimum untuk bisnis dalam jangka waktu panjang, dengan resiko dan
biaya yang bisa diterima, dan dengan komitmen dari komunitas bisnis. IRM (Information
Resources Management) adalah salah satu mekanisme utama yang dipakai yang
diarahkan untuk mengoptimalkan nilai ini.
No comments:
Post a Comment