Saturday, March 2, 2013

Critical Success Factor (CSF)


Critical Success Factor (CSF)
            Menurut Rockart dan Bullen (1981), CSF merupakan sejumlah variabel yang sekarag atau yang akan datang, dalam mencapai target pekerjannya. Menurut Analisa CSF merupakan suatu ketentuan dari organisasi dan lingkungannya yang berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan.CSF dapat ditentukan jika objektif organisasi telah diidentifikasi. Tujuan dari CSF adalah menginterpretasikan objektif secara lebih jelas untuk menentukan aktivitas yang harus dilakukan dan informasi apa yang dibutuhkan.
            Menurut Witarto (2004), Metode CSF membantu pendefinisian variabel, serta informasi yang dibutuhkan setiap variabel sehingga manajer dapat meningkatkan pemahamannya tentang situasi di ruang kendalinya. Peranan CSF dalam perencanaan strategis adalah sebagai penghubung antara strategi bisnis organisasi dengan strategi system informasinya, memfokuskan proses perencanaan strategis SI pada area yang strategis, memprioritaskan usulan aplikasi SI dan mengevaluasi strategi SI.
Manfaat dari analisa CSF yaitu (Ward & Peppard,2002) :
1. Analisa CSF merupakan teknik yang paling efektif dalam melibatkan manajemen senior dalam mengembangkan strategi sistem informasi. Karena CSF secara keseluruhan telah berakar pada bisnis dan memberikan komitmen bagi manajemen puncakdalam menggunakan sistem informasi, yang diselaraskan dengan pencapaian tujuan perusahaan melalui area bisnis yang kritis.
2.  Analisa CSF menghubungkan proyek SI (sistem informasi) yang akan diimplementasikan dengan tujuannya, dengan demikian system informasi nantinya akan dapat direalisasikan agar sejalan dengan strategi bisnis perusahaan.
3.   Dalam wawancara dengan manajemen senior, analisa CSF dapat menjadi perantara yang baik dalam mengetahui informasi apa yang diperlukan oleh setiap individu.
4.  Dengan menyediakan suatu hubungan antara dengan kebutuhan informasi, analisa CSF memegang peranan penting dalam memprioritaskan investasi modal yang potensial.
5.   Analisa CSF sangat berguna dalam perencanaan sistem informasi pada saat strategi bisnis tidak berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan, dengan memfokuskan pada masalah – masalah tertentuyang paling kritis.
6.  Analisa CSF sangat berguna apabila digunakan sejalan dengan analisa value chain dalam mengidentifikasi proses yang paling kritis, serta memberikan fokus pada pencapaian tujuan melalui kegiatan – kegiatan yang paling tepat untuk dilaksanakan.
        Di dalam bisnis, CSF berhubungan dengan aspek-aspek bisnis yang menjamin kompetitif performance. Karakteristik Faktor Krisis Keberhasilan (Martin,1990:90) antara lain:
a.       Spesifikasi berdasarkan situasi dan waktu
b.      Umumnya internak,hanya kandang-kadang saja eksternal
c.       Tidak adanya ukuran baku yang dapat diterapkan,karena berbeda antara perusahaan yang satu  dengan yang lainnya
d.      Memiliki kategori monitoring dan building
Selain itu didalam analisa CSF terdapat faktor penentu sukses usaha (Witarto:2004:110) yaitu:
1.  Strategi Usaha
Strategi merupakan pola dari misi, tujuan, kebijakan, dan rencana pemanfaatan sumber daya penting yang dinyatakan dalam suatu cara untuk mendefinisikan usaha perusahaannya.
2.  Tujuan
Tujuan adalah pernyataan umum tentang arah yang akan di capai oleh sistem organisasi,tanpa menyatakan target spesifik.
3.  Sasaran
Sasaran merupakan target yang spesifik, yang menjelaskan maksud untuk meraihnya sampai batas waktu tertentu.
4.  Ukuran
Ukuran merupakan standart spesifik yang mengkalibrasi ( menepatkan, mengkoreksi) kinerja dari setiap CSF, sasaran atau tujuan. Ukuran bisa lunak, subyektif (tergantung pendapat orang lain), atau kualitatif. Ukuran juga bisa berkonotasi keras, obyektif (nyata) atau kuantitatif (terukur).

Analisis CSF adalah sebuah teknik yang terkenal tidak hanya dalam mengembangkan strategi IS/IT tetapi juga dalam pengembangan strategi bisnis. CSF digunakan untuk menginterpretasikan tujuan bisnis dan memunculkan aktivitas yang diperlukan untuk mencapainya, serta kebutuhan informasi yang nantinya digunakan.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.