ABSTRAK
Penulis
melakukan analisis perencanaan strategis sistem informasi untuk Gerai IKM Kalbar.
Permasalahan yang terjadi adalah saat konsumen ingin membeli barang kadang
barang tersebut tidak ada ditempat, maka bagian kasir harus melihat data
gudang. Sementara itu data yang diberikan oleh bagian gudang tidak lengkap dan
tidak update sehingga tidak tersediannya data yang jelas mengenai persediaan
barang yang akan mempersulit bagian kasir untuk berhubungan langsung dengan
pelanggan sehingga dibutuhkan sistem informasi manajemen yang teritegrasi guna menunjang kegiatan operasional
sehari – hari dalam gerai seperti dalam hal pemasaran dan diharapkan dapat
meningkatkan kinerja gerai dan mencapai sasaran.
Pada
penelitian ini, penulis menggunakan bentuk penelitian berupa Studi Kasus dengan
metode R&D (Research and Development) yaitu
penelitiannya yang berbentuk siklus yang diawali dengan kebutuhan, permasalahan
yang membutuhkan pemecahan dengan suatu produk tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian menggunakan metode
Analisis Strengths, Weaknnesses, Opportunities, Threats (SWOT),
Analisis Lima Daya Saing Porter, Analisis Goal and Problem, Critical Success Factor, McFarlan Grid dan Framework SI/TI dari Ward
& Peppard untuk menganalisis lingkungan bisnis internal dan eksternal,
lingkungan SI/TI
internal dan eksternal serta strategi bisnis SI,
strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI.
Dalam penelitian ini penulis menghasilkan
portofolio aplikasi dengan metode analisa McFarlan Strategic Grid yaitu untuk
merumuskan strategi perencanaan sistem informasi guna mendukung kinerja organisasi yaitu dengan menerapkan sistem ERP, DSS , SCM dan accounting dan finance application dalam menunjang kegiatan operasionalnya serta membangun
sebuah web e-commerce yang dapat memperluas pangsa pasar karena sebagai media
promosi/iklan dan juga adanya transaksi penjualan online yang dapat menambah
keunggulan kompetitif.
Setelah melakukan analisis maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam
melakukan aktivitas bisnisnya Gerai IKM Kalbar memerlukan dukungan data,
informasi dan sistem informasi yang terintegrasi. Gerai memandang perencanaan
strategis memiliki peranan penting dalam menghasilkan suatu arsitektur
informasi yang dapat mendukung perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada
pelanggan, meningkatkan penjualan dan membantu pimpinan dalam mengambil
keputusan strategis.
Kata Kunci : Framework SI/TI, Analisis SWOT, Analisis
Goal and Problem, Critical Success Factor (CSF), Mcfarlan Strategic Grid
No comments:
Post a Comment