A. VISI Dan MISI Visi :
Menjadikan perusahaan jasa maintenance komputer menjadi suatu perusahaan one stop shoping dalam hal maintenance komputer baik dalam ukuran besar/paket maupun retail.
Misi :
Misi :
Perusahaan jasa maintenance komputer memberikan pelayanan jasa maintenance secara periodik (berlangganan) maupun sewaktu-waktu dengan pelayanan yang cepat, tepat, dan efisien dalam hal penerimaan order, administrasi, hingga pelaksanaan pelayanan jasa kepada customer.
B. KOMPONEN INTERNAL UTAMA PERUSAHAAN
1. Bagian Customer Service & Marketing
Customer Service merupakan bagian yang bertugas memberi pelayanan pertama kali kepada customer untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh customer.
Marketing merupakan bagian yang bertugas memasarkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Tugas marketing ini hampir sama dengan customer service, hanya bagian marketing diutamakan pada pemasarannya baik bertempat di kantor maupun di lapangan untuk mencari order.
2. Bagian Administrasi & Kesekretariatan
Bagian administrasi bertugas mencatat segala kegiatan administrasi seperti pemesanan, faktur hingga pencatatan keuangan.
3. Bagian Pelaksana Pelayanan Jasa (Produksi)
Bagian Pelayanan Jasa bertugas melaksanakan tugas-tugas pelayanan sesuai dengan order yang diterima dari customer.
4. Bagian Gudang
Bagian Gudang bertugas melakukan pencatatan penerimaan barang masuk, marang keluar, stok dan pengembalian barang (retur).
C. KOMPONEN EKSTERNAL
1. Customer (Pelanggan)
Customer (pelanggan) merupakan komponen utama bagi perusahaan untuk memberikan pelayanan jasa.
2. Suplier
Suplier merupakan rekanan kerja perusahaan yang mensuplai kebutuhan khususnya yang berhubungan dengan pelayanan maintenance komputer.
D. SARANA PENDUKUNG KERJA
1. Gedung dan ruang
Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, perusahaan membutuhkan gedung atau bangunan yang meliputi kegiatan administrasi, pemasaran, produksi dan penyimpanan barang (gudang).
2. Alat-alat operasional
Kegiatan yang dilaksanakan dalam perusahaan memerlukan sarana berupa alat-alat operasional yang menunjang kegiatan untuk setiap bagian, seperti :
a. Customer Service dan Marketing
Pada unit ini memerlukan alat operasional yang menunjang meliputi : beberapa set komputer lengkap yang terkoneksi dengan jaringan baik lokal maupun internet, alat tulis kantor, meja kursi, dan sebagainya.
b. Administrasi dan Kesekretariatan
Pada unit ini memerlukan alat operasional yang menunjang meliputi : beberapa set komputer lengkap yang terkoneksi dengan jaringan baik lokal maupun internet, alat tulis kantor, meja kursi, dan sebagainya
c. Pelaksana Jasa (Produksi)
Pada unit ini memerlukan alat operasional yang menunjang meliputi : beberapa set komputer lengkap yang terkoneksi dengan jaringan baik lokal maupun internet, alat tulis kantor, meja kursi, alat-alat untuk maintenance (elektronik/non elektronik/hardware/software).
d. Gudang
Pada unit ini memerlukan alat dan tempat untuk penyimpanan barang, komputer, meja kursi, alat tulis kantor dan sebagainya.
3. Bahan operasional
Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, perusahaan membutuhkan bahan-bahan operasional seperti : alat tulis kantor, kertas, brosur, kertas form (nota pembayaran, order, tanda terima, dll).
E. KEBUTUHAN APLIKASI KERJA
1. Bagian Customer Service & Marketing
Bagian yang memberikan pelayanan terdepan ini perlu dilengkapi dengan sarana yang berbasis teknologi informasi :
a. Sistem Informasi Jasa Maintenance.
Sistem ini meliputi dari informasi profil perusahaan dengan terdiri atas jenis-jenis jasa yang ditawarkan, biaya jasa, penggantian sparepart, hingga jadwal pelaksanaan. Sistem ini sangat lebih baik dengan sistem yang berbasis web, sehingga para konsumen yang ingin menggunakan jasa perusahaan ini dapat mengetahui informasi dari mana saja.
b. Sistem Informasi Pemesanan Jasa (order).
Sistem ini digunakan untuk melakukan pencatatan order secara komputerisasi. Sistem ini juga sangat baik jika berbasis web, sehingga customer dapat melakukan order tidak harus datang pada toko/outlet.
2. Bagian Administrasi dan Kesekretariatan
Bagian ini melakukan pencatatan langsung mengenai pemesanan, faktur, dan pencatatan keuangan dan pelaporan kemajuan perusahaan berdasarkan rekapitulasi penjualan, sehingga diperlukan sarana sistem informasi :
a. Sistem Informasi Pemesanan Jasa
Sistem ini sama dengan dengan yang digunakan pada bagian Customer Service dan Marketing yang berbasis web.
b. Sistem Informasi Manajemen Keuangan Perusahaan
Sistem ini digunakan untuk mencatat segala catatan keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran sehingga dapat mengashilkan report tentang kemajuan perusahaan yang dibutuhkan oleh pimpinan perusahaan.
3. Bagian Gudang
Bagian yang bertugas mengatur keluar masuknya barang dan stok yang ada di gudang memerlukan sistem informasi yang berbasis komputer, sehingga pada bagian ini dengan mudah melakukan pengelolaan terhadap barang yang ada di gudang dengan cepat, tepat dan akurat, yaitu :
a. Sistem Informasi Inventori Perusahaan.
Sistem ini dapat digunakan untuk mencatat data-data keluar masuk barang, stok, pengembalian barang, dan data suplier.
4. Bagian Pelaksana Pelayanan Jasa
Bagian yang bertugas melaksanakan pelayanan jasa sesuai dengan order dari customer, oleh karena itu bagian ini memerlukan Sistem Informasi Pemesanan Layanan Jasa. Sistem ini sama dengan sistem yang digunakan pada Bagian Customer Service dan Marketing, sehingga pada bagian ini dapat mengetahui dengan cepat apa yang harus dikerjakan, untuk siapa, dan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan tugasnya
F. PERENCANAAN ANGGARAN USAHA
F. PERENCANAAN ANGGARAN USAHA
Untuk
membangun
usaha ini deperlukan rancangan
anggaran untuk melaksanakan segala
kegiatan pada semua unit. Perencanaan anggaran dalam perusahaan ini dibagi menjadi
beberapa perencanaan anggaran sesuai dengan unit-unit yang ada serta dibagi menjadi
beberapa kategori sesuai dengan kebutuhan sarana pendukung kerja dan kebutuhan
akan aplikasi bisnis.
No comments:
Post a Comment