Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.
Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang
pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS
(pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan
digital luar.Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia.
Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar,
dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung
pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.
Tipe pemasaran digital
Pemasaran internet
Pemasaran Internet atau e-pemasaran (bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www.
Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang
artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik
lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet
dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan
e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang
di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa
ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan
yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya
menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada
hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian
prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.
Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan
pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner,
promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik
atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising),
pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif
(interactive advertising), dll.
Kegiatan pemasaran internet yang efektif meliputi banyak strategi
dari SEO (optimasi mesin pencari), social media dan PPC (iklan berbayar
per-klik). Dengan beragamnya strategy tersebut maka pembelajaran yang
berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.
Pemasaran melalui e-mail/surel disebut e-mail komersial. Penggunaan e-mail dalam bisnis dapat membantu pengiriman informasi (promosi) mengenai produk atau jasa pada receiver (penerima pesan). CAN-SPAM Act adalah sebuah hukum yang menetapkan aturan-aturan untuk e-mail komersial.
Persyaratan utama CAN-SPAM Act :
- Dilarang menggunakan informasi header palsu atau menyesatkan
- Dilarang menggunakan baris subjek yang menipu
- Identifikasi pesan sebagai iklan
- Menyertakan lokasi keberadaan pengirim kepada penerima pesan
- Memantau orang lain yang mengatasnamakan perusahaan utama
Pemasaran tanpa internet
- SMS
- Iklan banner
Strategi pemasaran digital
Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan cara pengiriman yaitu tarik dan dorong, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Tarik
Pemasaran digital ini melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari. Konsumen berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan, biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio streaming, dll.Kelebihan :
- Tidak memerlukan teknologi canggih untuk mengirimkan konten, hanya diperlukan untuk menyimpan atau menampilkannya.
- Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen.
- Kebebasan media yaitu perusahaan bebas menggunakan metode apa pun untuk menarik konsumen.[5]
- Tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali.
- Bersifat pasif karena mengandalkan mesin pencari.
- Terbatasnya kemampuan untuk mengukur hasil pada konsumen.
Dorong
Pemasaran digital ini memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk e-mail, panggilan ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel),MMS (pesan multimedia), RSS (format feed web yang mendistribusikan berita dan informasi), dan lain-lainKelebihan :
- Memilih sasaran konsumen secara khusus.
- Pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
- Melakukan pelacakan rinci tentang pilihan konsumen.
- Memerlukan mekanisme dalam pengiriman pesan.
- Pesan dapat dicegah oleh konsumen.
- Timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan e-mail atau SMS yang bersifat promosi.
Solusi pemasaran digital
Solusi pemasaran digital meliputi penggunaan berbagai saluran pengiriman yang meliputi teknik tarik dan dorong. Hal ini digunakan untuk memperluas dukungan pelayanan perusahaan dan keterlibatan konsumen. Perusahaan perlu menjadi adaptif dan responsif dalam memenangkan konsumen. Pertahanan dalam paradigma baru ini, perusahaan harus membuat komitmen yang kuat untuk pemasaran digital melalui investasi baru dalam teknologi dan inovasi. Berakhir pada solusi pemasaran yang ideal berupa mencapai, retensi, dan pendapatan.Aturan dalam pemasaran digital :
- Menargetkan satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
- Memperluas peran merek dalam portofolio secara global.
- Gunakan harga yang kreatif.
- Mengutamakan desain bagi konsumen.
- Gunakan eksperimentasi yang bersifat adaptif.
- Menemukan kembali riset pemasaran dan pemodelan sebagai penciptaan pengetahuan.
Langkah-langkah pemasaran digital
Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).- Awareness (Kesadaran)
- Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online, seperti Detik.com.
- Interest (Ketertarikan)
- Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
- Desire (Keinginan)
- Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
- Action (Tindakan)
- Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
Kunci sukses pemasaran digital
- Harus memperhatikan istilah pada AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
- Pasar adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial.
makasih infonya gan, saya juga punya info nih tips pemasaran digital coba dilihat yah.. https://dewanstudiomediadigital.wordpress.com/2015/05/27/pemasaran-digital/
ReplyDeletemakasih kak infonya hhe :)
ReplyDeleteMy Blog