- Karakteristik agar penyelenggaraan e-tailing dapat berhasil adalah:
a. Menyediakan barang dengan karakteristik:
- Merek terkenal dan bergaransi
- Produk digital
- Item barang yang Sering dibeli, tidak mahal
- Item yang sudah dikenal dengan spesifikasi standard
b. Model bisnis B2C:
- Menawarkan barang berkualitas dengan harga yang bagus
- customer service yang ramah
- Pengiriman cepat
- Aturan pengembalian yang baik
- Menawarkan jutaan item
c. Membuat rencana marketing:
- Product—ketersediaan barang
- Price of the products / harga produk
- Promotion of products (advertisements and giveaways) / promosi produk
- Packaging and delivery / packing dan pengantaran
d. Penyediaan fitur
- Mudah menjelajah dan mencari
- Informasi produk yang bermanfaat
- Review, rekomendasi, dan personal
- Seleksi yang luas dan harga murah
- Sistem pembayaran yang mudah (teknologi orede 1-klik)
- Departemen pemberi hadiah
- Komunitas online
- Pembayaran yang aman
e. Membuat manajemen hubungan dengan customer
- Menciptakan front end yang menarik dan informatif
- Otomatis dan support back-end yang efisien
- Pelayanan personal
- Konsumen yang kembnali dikenali dari namanya
- Penyediaan daftar keinginan konsumen
- Memberikan E-mails rekomendasi pembelian kepada konsumen berdasarkan history pembeliannya
- Perbedaan antara lima model yang diklasifikasikan menurut penggungaan saluran penyebarannya
1. Mail-order retailer that go online
Secaramudah
menambah saluran distribusi dengan internet. Beberapa dari pengecer
biasanya juga beroprasi secara fisik, tetapi mereka biasanya saluran
distribusinya secara direct marketing
2. Direct marketing from manufacturers
Kebanyakan
dari manufaktur ini adalah click and mortar, dan juga menjual di dalam
toko fisiknya atau melalui retailer, Disintermediation— menghilangkan
bisnis proses dalam rantai supply barang, memendekkan rantai distribusi
dengan cara : menghilangkan yang tidak efisien, memendekkan waktu
pengiriman, membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.
3. Pure-play e-tailers
Menjual
lewat internet tanpa channel sales phisical , dan semua aktivitas
bisnis dilakukan online, E-tailer ini tidak memiliki toko secara fisik,
hanya mempunyai penjualan online.
Tujuan Umum e-tailers (Amazon.com): Banyak products, Banyak konsumen.
E-Tailer khusus (CatToys.com): Spesifik satu jenis produk, Banyak permintaan item /jenis, Permintaan konsumen
4. Click-and-mortal retailer.
Melakukan
aktivitas EC, tetapi aktivitas bisnis utama dilakukan di dunia fisik,
support permintaan build-to-order secara efective, tambahan channel
marketing yang konvensional . Click and mortar dirujuk untuk bisnis
traditional yang mengembangkan website untuk mendukung aktifitas
bisnisnya.
5. Internet (online) malls
Dimana
pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar produk, jasa, uang, atau
informasi dan melibatkan banyak jumlah dari toko mandirinya. Model B2C
dan Toko Spesial
1.1. Persamaan
Wal Mart dan Amazon adalah baik wallmart dan amazon merupakan
perusahaan retail yang menerapkan teknologi informasi untuk kegiatan
bisnisnya, yaitu dengan menjual produk melalui media internet sehingga
mampu menjadi perusahaan retail dengan harga murah, layanan yang unggul
serta memiliki pilihan produk yang luas. Serta menjadi perusahaan
berpendapatan jutaan dolar di dunia.
Keunggulan dari Wal Mart
Wal
Mart mengaplikasikan sistim informasi pada pergudangan, komputerisasi
manufaktur, titik penjualan dan pemrosesan pesanan online, serta
manajemen hubungan pelanggan dan pemasok. Unggul dalam harganya yang
rendah, pilihan produk yang sangat luas, layanan yang baik logistik yang
menjaga harga tetap murah dan menjaga ketersediaan barang dan memiliki
teknologi informasi yang maju. Wal Mart juga menerapkan RFID, yaitu
pembuatan forecasting produksi dan pendistribusian barang menjadi lebih
efisien[1], pemantauan keberadaan dan ketersediaan inventory menjadi
lebih mudah, masalah stock opname maupun pencurian dapat diatasi,
ketersediaan dan pergerakan barang selalu diperbaharui, meningkatkan
promosi, menghemat dana dari biaya tenaga kerja, kerugian out of stock
dan penyusutan barang, mencegah pemalsuan serta menjamin keamanan dan
kelayakan produk. Wal-Mart unggul pada teknologi komunikasi via satelit
untuk distribusi dan logistiknya, sehingga biaya logistik maupun
distribusi menjadi efisien. Wal-Mart menjadi pemimpin retail, karena
mampu membawa kemajuan teknologi informasi. Selain itu Wal Mart
memiliki sumber daya keuangan, sumber daya fisik, struktur organisasi
dan teknologi, sumber daya manusia, kemampuan berinovasi yang handal
serta reputasi yang baik. Wal-Mart memiliki inovasi dalam memadukan
layanan belanja berdiskon, pusat optik, studio lukis, pemotretan,
telepon seluler, salon, penyewaan video film, dan gerai makanan ringan.
Selain itu, Wal-Mart juga mendominasi pasar retail hingga ke pasar
global. menggunakan perangkat lunak khusus untuk operasi intern
perusahaan, sehingga memberikan biaya produk dan layanan menjadi
efektif.
Keunggulan Amazon
Amazon
memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk
tersebut, sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga,
kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut,
sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan. Usaha &
eksperimen yang dilakukan untuk membuat proses berbelanja lewat internet
berlangsung secepat & sesederhana mungkin. Membuat pelanggan
menikmati pelayanan eksklusif yang tidak dapat disediakan oleh toko
biasa lainnya. belanja di Amazon adalah dalam hal kenyamanan. Karena
cukup duduk dengan manis di rumah, kantor bahkan warnet lalu browsing di
komputer atau laptop kita untuk mencari produk yang kita inginkan di
Amazon. Tinggal klik. Dan barang yang kita pesan datang sendirinya.
Terkadang harga produk di internet digunakan sebagai patokan harga
barang-barang yang perlu dibeli konsumen. Dengan menyadari betapa lebih
murahnya barang-barang yang dijual online, pelanggan mulai membudi
dayakan pembelian melalui internet demi menghemat pengeluaran.
amazon.com dilengkapi dengan suatu sistem yang menyimpan data suatu
produk yang pernah dibeli oleh pelanggannya dan merekomendasikan produk
yang serupa serta terkait. Di Amazon tersedia berbagai macam barang dan
produk, dari peralatan rumah tangga, barang electronik, buku, majalah,
dvd, software, peralatan olah raga, airsoftgun dan lain2.
1.2. Pemanfaatan
teknologi informasi yang tidak optimal, akan membuat pemborosan pada
investasi di dalam teknologi informasi tersebut pendapatan yang rendah
serta pasar yang sempit akan mempengaruhi daya beli dan kemampuan
menekan harga menjadi rendah pada perusahaan menjadi buruk perusahaan
tidak berorientasi pada pelanggan, akan menimbulkan kekecewaan pada
pelanggan. Sehingga pelanggan beralih ke pesaing. Dengan kemajuan
teknologi informasi yang dimiliki Wal Mart, serta pelayanan yang
maksimal terhadap pelangan, sudah tentu Wal Mart akan mendominasi
penjualan online. Banyak hal kenapa Wal Mart akan mampu mendominasi
penjualan online, diantaranya adalah Penerapan teknologi informasi pada
bisnis di dalam menciptakan keunggulan kompetitif. memberi daya saing
dan kemampuan bertahan di dalam persaingan yang ketat mengunci para
customers dari para kompetitor meningkatkan daya beli dan kemampuan
menekan harga menciptakan efisiensi, meminimalisir tindak kriminalitas
serta tingkat kesalahan kerja membina kemitraan yang saling
menguntungkan dengan pesaing dan perusahaan lainmenciptakan image serta
reputasi yang baik. Dan kendala yang menghambat penjualan online Wal
Mart adalah peran kompetitor yang menawarkan pelayanan yang terbaik
untuk pelanggan. kurang terjalinnya kerjasama yang baik dengan pemasok,
pesaing dan perusahaan lain, akan menyebabkan ketidakpastian pada bisnis
dan persaingan yang tidak sehat.
1.3. Tabel Perbandingan WalMart dan Amazon dari segi website:
Materi pembanding
|
Walmart
|
Amazon
|
Kelengkapan Informasi
|
Lengkap karena disertai dengan demo produk
|
Cukup lengkap namun belum ada Demo Product
|
Kredibilitas Isi
|
Terpercaya karena hampir semua menjadi reseller dan partner resmi dari hampir semua produk
|
Terpercaya karena hampir semua menjadi reseller dan partner resmi dari hampir semua produk
|
Integrasi Konten
|
Cukup terintegrasi dengan informasi yang berkaitan dengan produk lain
|
Cukup terintegrasi dengan informasi yang berkaitan dengan produk lain
|
Personalization of Information
|
Informasi dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan
|
Informasi dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan
|
Customize Interface
|
Tidak dapat di customize
|
Tidak dapat di customize
|
Personalization of Layout
|
Ada pilihan untuk menampilkan produk secara Grid atau List
|
Tidak ada pilihan untuk menampilkan produk secara grid atau list
|
Kenyamanan Navigation Tools
|
Nyaman
|
Nyaman
|
Fasilitas Navigation Tools
|
Lengkap
|
Lengkap
|
Kecepatan
|
Cukup cepat
|
Cepat dalam diakses
|
Real Time Information
|
Up-to-date
|
Up-to-date
|
Browser Capability
|
Dapat diakses di semua Browser
|
Dapat diakses di semua Browser
|
Representasi Grafis
|
Simpel dan tampilan warna yang cukup standard
|
Cukup menarik namun kurang adanya penekanan terhadap penampilan promo dan produk di halaman awal
|
Keberadaan dan Penempatan Gambar, Suara, serta Video
|
Kurang efektif karena tidak memanfaatkan halaman awal sebagai etalase
|
Cukup efektif dalam
menempatkan gambar, suara, atau video pada halaman awal namun kurang
lebih ditekankan lagi sebagai etalase.
|
Usability Gambar, Suara, dan Video
|
Relatif sama namun adanya tambahan video Demo pada produk memberikan nilai tersendiri
|
Cukup membantu user dalam mencari informasi mengenai sebuah produk
|
1.4. Layanan online yang dapat dibeli di wal-mart adalah wal-mart
hanya menawarkan beberapa barang dagangan online, tetapi pemilihan
meningkat, termasuk item yang tidak tersedia di beberapa atau semua toko
(misalnya, spa, kasur). Tahun 2004 Wal-mart mulai menjual lagu online
juga sweater dan kursi pijat shiatsu.
1.5. Walmart
menjual lagu online hanya terdapat tiga pilihan, MP3 download, Music
CDs dan Soundchek. Produk yang ditawarkan sangat banyak dan selalu up to
date dengan lagu-lagu baru. Sedangkan apple itunes, dirancang khusus
untuk dunia musik maka tampilan fitur-fiturnya jauh lebih lengkap jika
dibandingkan dengan WalMart.
1.6. Wal
Mart mengembangkan layanan jual/sewa film secara online. Namun layanan
tersebut hanya bertahan selama setahun dan harus ditutup pada tahun
2007. Hingga kini Wal Mart hanya mempertahankan penjualan musik online.
Wal-Mart memasuki pasar yang cukup menarik bagi pendatang baru. Di bulan
November, Best Buy Co Inc mencapai kesepakatan dengan Sonic solutions
untuk melisensikan layanan download film Roxio CinemaNow. Berharap dapat
bersaing dengan perusahaan yang sudah terlebih dulu menjejakkan kakinya
di industri ini,termasuk dengan Amazon.com Inc dan iTunes Store milik
Apple Inc.Wal-Mart mengatakan Vudu akan menjadi anak perusahaan yang
dimiliki sepenuhnya ketika kesepakatan terealisasi dalam beberapa pekan
mendatang.Jaringan penyewaan film seperti Blockbuster Inc mengalami
stagnasi bisnis ketika konsumen semakin memilih kenyamanan, kapasitas
interaktif dan kepuasan instan video on-demand ketimbang melalui
perjalanan ke toko.
1.7. Pada
Wal Mart, kelengkapan informasi Lengkap karena disertai dengan demo
produk, kredibilitas isinya Terpercaya karena hampir semua menjadi
reseller dan partner resmi dari hampir semua produk, integrasi konten
Cukup terintegrasi dengan informasi yang berkaitan dengan produk lain,
Personalization of Information: Informasi dapat dimodifikasi sesuai
dengan keinginan, Personalization of Layout: Ada pilihan untuk
menampilkan produk secara Grid atau List.
Pada
target mark and spencer, tampilan webnya sangat sederhana, terlalu
banyak teks. Dan fitur-fiturnya tidak terlalu lengkap. Dan produk yang
di pasarkan tidak selengkap WalMart.
Pada
target.com, pengklasifikasian barang yang dijual sangat detail, terdapat
splash barang-barang unggulan, terdapat fasilitas pencarían barang
yang dapat memudahkan pelanggan mencari barang yang dinginkan, mempuyai
kerjasama dengan facebook dalam hal credit gift card, mempunyai program
belanja hemat dengan menggunakan Red Card yang akan dapat diskon 10%.
Pada
Sears.com, kategorisasi barang sangat baik, dapat mengkonversi harga
sesuai dengan negara masing2, terdapat fasilitas pencarían barang yang
dapat memudahkan pelanggan mencari barang yang dinginkan, terdapat
katalog, mempunyai sear community.
1.8. Internasional
costomer di Wal Mart merupakan komunitas pelanggan yang setia kepada
Wal Mart untuk melakukan pembelian produk di Wal Mart. Namun beberapa
kali terjadi insiden yang mengarah ketindakan rasisme, dimana terjadi
diskriminasi terhadap komunitas minoritas pelanggan yang berkulit hitam.
Yang mengusir pelanggan-pelanggannya yang berkulit hitam. Akibatnya
aksi tersebut membuat para masyarakat kulit hitam berencana memboikot
gerai supermarket tersebut sehingga pemilik Walmart menyampaikan
permohonan maafnya. Ketika banyak pengunjung kulit hitam yang berbaur
dengan pengunjung lainnya sedang asyik berbelanja. Tiba-tiba dari
pengeras suara diumumkan bahwa mereka yang berkulit hitam harap
meninggalkan gerai supermarket tersebut. Ternyata kejadian terkait
rasisme tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi di Wal-Mart. Pada
Februari 2009, Wal-Mart diwajibkan membayar US$17,5 juta akibat
melakukan diskriminasi terhadap beberapa supir truknya dari suku
tertentu.
No comments:
Post a Comment