Thursday, June 6, 2013

Jenis Pelayanan IT ( IT Service)

OPERASI IT
  • Manajemen Departemen IT.
  • Sistem Life Cycle.
  • Kebijakan IT.
  • Standar IT.
  • Prosedur IT.
  • Tugas dan tanggung jawab IT.
  • Proses resiko manajemen IT.
  • Manajemen aset IT.
  • Layanan IT kepada user.
Menggunakan kartu skor IT
  • Merahasiakan pertumbuhan tujuan organisasi dan belajar, proses bisnis, pelanggan, dan tujuan financial menjadi serangkaian matriks yang didefinisikan.
  • Keuntungan kartu skor: meningkatkan fokus pada matriks khusus untuk mendukung langsung tujuan organisasi.
  • Kerugian kartu skor: membutuhkan kehati-hatian  dalam pemilihan matriks oleh CEO atau CFO tersebut.
  • 3 layer untuk skoring IT: Misi, Target, Metrik.
Penggunaan Metrik
  • Metrik adalah alat yang dirancang untuk menunjukkan efektivitas operasi TI.
  • Mengembangkan metrik dengan menggunakan empat prinsip: 1. Dapat memperoleh data; 2. Pengulangan proses dan terukur; 3. Menggunakan skala yang dapat diukur; 4. Mendapatkan Secara Otomatis atau Manual
  • Dasar Pengukuran Jenis Metrik : 1. Implementasi; 2. Efesiensi; 3. Efektifitas; 4. Dampak.
Pengembangan Metrik
  • Maksud Tujuan
  • Tujuan Kinerja
  • Sasaran Kinerja
  • Jenis Pengukuran
  • Sumber Data
  • Tersedia Bukti
  • Frekuensi
  • Penggunaan Formula
  • Indikator
Manajemen Tingkat Layanan
  • Ketersediaan Sistem
  • Definisi Layanan
  • Kualifikasi Personal
  • Kebutuhan Keamanan
  • Integritas Data
  • Kinerja Pelaporan SLA
  • Hak untuk Audit
  • Perubahan Prosedur SLA
  • Biaya Layanan
Kontrol Pengawasan
Kontrol Sistem Pengaksesan
  1. User login dan manajemen account
  2. Keistimewaan Account Login
  3. Pemeliharaan account login
Kontrol File Data
  1. Kedudukan kontrol data
  2. Sistem Kontrol Parameter
  3. Logical Kontrol Access
  4. Kontrol Pemrosesan Transaksi
Kontrol Proses Aplikasi
  1. Kontrol Input
  2. Kontrol Proses
  3. Kontrol Output
Kontrol Pemeliharaan
  1. Backup dan Recovery
  2. Manajemen Proyek
Manajemen Perubahan
  1. Software Release dan Patch Managemen
  2. Kontrol Konfigurasi
  3. Otorisasi Perubahan
  4. Perubahan Darurat
  5. Kontrol Manajemen
  6. Lisensi Perangkat Lunak
  7. Traking Aset dan Media
  8. Disposisi Aset
  9. Trainning User
Sistem Monitoring, Manajemen Jaringan, Manajemen Masalah
Sistem Monitoring
Hardware: Melampirkan pemeriksaan prosesor dan mendeteksi serta merekam even dalam pemeriksaannya. Even tersebut terdeteksi sebagai perubahan level tegangan pada titik-titik pemeriksaan
Software: Menggunakan aplikasi untu memonitor dalam pelaksanaan sistem komputer untuk mengamati dan laporan sistem. Aplikasi tersebut akan mengumpulkan banyak data untuk analisis beban kerja.
Sistem Logging yang terpusat
Manajemen Jaringan
Fault Management: Kepedulian dengan pencegahan, deteksi, koreksi kesalahan kondisi.
Performance Management: Kepedulian dengan kualitas, efektivitas, dan efisiensi jaringan komunikasi.
Configuration Management: Perhatian dengan pelacakan dan kontrol sumber daya jaringan.
Accounting Management: Kepedulian dengan mengumpulkan dan memilah informasi tentang pemanfaatan jaringan.
Security Management: Kepedulian dengan memantau dan mengendalikan akses ke jaringan sumber daya.
Manajemen Masalah
  • Sistem manajemen masalah
  • Eskalasi masalah dan proses penyelesaian
  • Masalah stratifikasi
  • Laporan prosedur
  • Review manajemen masalah


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.