OPERASI IT
Kontrol Sistem Pengaksesan
Sistem Monitoring
Hardware: Melampirkan pemeriksaan prosesor dan mendeteksi serta merekam even dalam pemeriksaannya. Even tersebut terdeteksi sebagai perubahan level tegangan pada titik-titik pemeriksaan
Software: Menggunakan aplikasi untu memonitor dalam pelaksanaan sistem komputer untuk mengamati dan laporan sistem. Aplikasi tersebut akan mengumpulkan banyak data untuk analisis beban kerja.
Sistem Logging yang terpusat
Manajemen Jaringan
Fault Management: Kepedulian dengan pencegahan, deteksi, koreksi kesalahan kondisi.
Performance Management: Kepedulian dengan kualitas, efektivitas, dan efisiensi jaringan komunikasi.
Configuration Management: Perhatian dengan pelacakan dan kontrol sumber daya jaringan.
Accounting Management: Kepedulian dengan mengumpulkan dan memilah informasi tentang pemanfaatan jaringan.
Security Management: Kepedulian dengan memantau dan mengendalikan akses ke jaringan sumber daya.
Manajemen Masalah
- Manajemen Departemen IT.
- Sistem Life Cycle.
- Kebijakan IT.
- Standar IT.
- Prosedur IT.
- Tugas dan tanggung jawab IT.
- Proses resiko manajemen IT.
- Manajemen aset IT.
- Layanan IT kepada user.
- Merahasiakan pertumbuhan tujuan organisasi dan belajar, proses bisnis, pelanggan, dan tujuan financial menjadi serangkaian matriks yang didefinisikan.
- Keuntungan kartu skor: meningkatkan fokus pada matriks khusus untuk mendukung langsung tujuan organisasi.
- Kerugian kartu skor: membutuhkan kehati-hatian dalam pemilihan matriks oleh CEO atau CFO tersebut.
- 3 layer untuk skoring IT: Misi, Target, Metrik.
- Metrik adalah alat yang dirancang untuk menunjukkan efektivitas operasi TI.
- Mengembangkan metrik dengan menggunakan empat prinsip: 1. Dapat memperoleh data; 2. Pengulangan proses dan terukur; 3. Menggunakan skala yang dapat diukur; 4. Mendapatkan Secara Otomatis atau Manual
- Dasar Pengukuran Jenis Metrik : 1. Implementasi; 2. Efesiensi; 3. Efektifitas; 4. Dampak.
- Maksud Tujuan
- Tujuan Kinerja
- Sasaran Kinerja
- Jenis Pengukuran
- Sumber Data
- Tersedia Bukti
- Frekuensi
- Penggunaan Formula
- Indikator
- Ketersediaan Sistem
- Definisi Layanan
- Kualifikasi Personal
- Kebutuhan Keamanan
- Integritas Data
- Kinerja Pelaporan SLA
- Hak untuk Audit
- Perubahan Prosedur SLA
- Biaya Layanan
Kontrol Sistem Pengaksesan
- User login dan manajemen account
- Keistimewaan Account Login
- Pemeliharaan account login
- Kedudukan kontrol data
- Sistem Kontrol Parameter
- Logical Kontrol Access
- Kontrol Pemrosesan Transaksi
- Kontrol Input
- Kontrol Proses
- Kontrol Output
- Backup dan Recovery
- Manajemen Proyek
- Software Release dan Patch Managemen
- Kontrol Konfigurasi
- Otorisasi Perubahan
- Perubahan Darurat
- Kontrol Manajemen
- Lisensi Perangkat Lunak
- Traking Aset dan Media
- Disposisi Aset
- Trainning User
Sistem Monitoring
Hardware: Melampirkan pemeriksaan prosesor dan mendeteksi serta merekam even dalam pemeriksaannya. Even tersebut terdeteksi sebagai perubahan level tegangan pada titik-titik pemeriksaan
Software: Menggunakan aplikasi untu memonitor dalam pelaksanaan sistem komputer untuk mengamati dan laporan sistem. Aplikasi tersebut akan mengumpulkan banyak data untuk analisis beban kerja.
Sistem Logging yang terpusat
Manajemen Jaringan
Fault Management: Kepedulian dengan pencegahan, deteksi, koreksi kesalahan kondisi.
Performance Management: Kepedulian dengan kualitas, efektivitas, dan efisiensi jaringan komunikasi.
Configuration Management: Perhatian dengan pelacakan dan kontrol sumber daya jaringan.
Accounting Management: Kepedulian dengan mengumpulkan dan memilah informasi tentang pemanfaatan jaringan.
Security Management: Kepedulian dengan memantau dan mengendalikan akses ke jaringan sumber daya.
Manajemen Masalah
- Sistem manajemen masalah
- Eskalasi masalah dan proses penyelesaian
- Masalah stratifikasi
- Laporan prosedur
- Review manajemen masalah
No comments:
Post a Comment