Saturday, May 18, 2013

Pengertian Structured Query Language (SQL) dan PHP MySql

SQL

Aplikasi database telah menjadi suatu bagian integral dari hampir seluruh kehidupan manusia. Tanpa database, banyak hal yang kita lakukan akan menjadi sangat membosankan atau bahkan tidak mungkin sama sekali. Bank, universitas, dan perpustakaan adalah tiga contoh organisasi yang tergantung sekali pada database. Dalam dunia internet, aplikasi search engine, online shopping, dan bahkan sistem penamaan suatu Website yang dikenal dengan DNS akan menjadi tidak mungkin tanpa adanya dukungan database. Website yang monoton akan akan ditinggalkan oleh pengunjung. Suatu database yang diimplementasikan dan ditampilkan pada suatu komputer biasanya dikenal dengan istilah Database Server.
MySQL, sebagai salah satu SQL (Structured Query Language) Database Server, dikembangkan pertama kali oleh T.c.X DataKonsultAB yang merupakan perusahaan komersial yang membangun bisnis dengan memprioritaskan pada layanan seputar database MySQL.

Pengertian MySQL

  1. MySQL adalah suatu sistem manajemen database.
    Database
    merupakan sekumpulan data. Untuk menambah, mengakses, memproses semua data pada databaseserver, anda memerlukan suatu manajemen seperti MySQL.
  2. MySQL adalah manajemen database yang terstruktur.
    Database
    pada MySQL menyimpan semua data dalam tabel-tabel yang berbeda dan tidak mengumpulkan dalam suatu ruang penyimpangan yang sangat besar. Hal ini akan meningkatkan kecepatan dan fleksibilitas. Setiap tabel akan saling berhubungan sesuai data yang diinginkan penggunanya
  3. MySQL adalah software yang bersifat open source.
    Open Source
    berarti setiap orang bebas menggunakan maupun memodifikasinya. Kita bisa mendownload MySQL dari internet dan menggunakan tanpa harus membayar apapun. MySQL menggunakan GPL (GNU General Public License) untuk menjelaskan kepada anda apa yang boleh dan tidak boleh anda lakukan terhadap software tersebut pada situasi yang berbeda.

Keunggulan MySQL Sebagai Database Server

Seperti telah dijelaskan bahwa MySQL bersifat open source, gratis, downloadable, sehingga telah menjadi salah satu keunggulan MySQL dibandingkan SQL Server lainnya. Dan masih ada keunggulan yang lain yaitu:
  • Mampu menampung jumlah user yang sangat banyak dalam waktu bersamaan.
  • Daya tampung record yang sangat besar, yaitu lebih dari 50.000.000.
  • Waktu eksekusi perintah yang sangat cepat, mungkin yang tercepat di pasaran database server.
  • Mudah dalam instalasi maupun manajemennya.
  • Dapat berjalan di atas banyak platform yang berbeda (FreeBSD, Linux, Mac OS X Server, Alpha-DEC-Unix, NetBSD, OS/2, Solaris dan Windows).
  • Server dapat menampilakan pesan error dalam banyak bahasa ke user.
  • Sistem alokasi memory yang sangat cepat.

PHP

Menurut Margono, PHP ialah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sebuah perangkat lunak yang bersifat Open Source yang penggunaanya diatur oleh general purpose license (GPL).  PHP sangat cocok dilingkungan web, karena PHP dapat disisipkan pada scripts HTML atau sebaliknya. PHP tergolong sebagai bahasa pemrograman yang berbasis server side scripting. Hal ini berarti seluruh scripts diletakkan di sisi server dan diterjemahkan oleh web server terlebih dahulu kemudian dikirimkan kesisi client side scripting melalui protocol hypertext text protocol (HTTP) pada browser  (Mozilla, Chrome, Safari, dll). Penggunaan PHP sebagai teknologi dari aplikasi ini ialah, apabila kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan lagi, maka kita tidak memerlukan biaya lebih untuk lisensi atas software berbayar.
PHP memliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang biasa melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh CGI, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan isi halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies, bahkan lebih daripada kemampuan CGI. PHP dapat digunakan pada semua sistem operasi, antara lain Linux, Unix(termasuk variannya HP-UX, Solaris, dan OpenBSD), Microsoft Windows, Mac OS X, Risc OS. PHP juga mendukung banyak Web Server, seperti Apache, Microsoft Internet Information Server (MIIS), Personal Web Server (PWS), Netscape and iPlanet servers, Oreilly Website Pro server, audium, Xitami, OmniHTTPd, dan masih banyak lagi yang lainnya, bahkan PHP dapat bekerja sebagai suatu CGI processor.

MySQL

MySQL merupakan aplikasi Relation Database Management Server (RDBMS) berbasis Open Source yang paling popular karena beberapa keunggulannya seperti kecepatan yang konsisten, keandalan tinggi, dapat berjalan diberbagai system operasi, kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakannya serta dapat dipergunakan oleh banyak pemakai secara bersamaan dan dapat dibatasi pemakaiannya berdasarkan previlage (hak akses). MySQL menggunakan bahasa SQL (Structured Query language) yaitu bahasa standart internasional dalam penggunaan pemrograman database. Berdasarkan riset dinyatakan bahwa  diplatform Web, dan baik untuk kategori open source maupun umum, MySQL adalah database yang paling banyak dipakai. Dan akan perkembangannya, MySQL telah terpasang di sekitar 3 juta komputer. Puluhan hingga ratusan ribu situs mengandalkan MySQL bekerja siang malam memompa data bagi para pengunjungnya. MySQL Kepopuleran MySQL disebabkan karena menggunakan SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses databasenya. Pada MySQL, sebuah database mengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiri atas sejumlah batas sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom.



No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.