Apa itu SEO untuk blog ?
Secara sedarhana, SEO atau seach engine optimization
untuk blog adalah teknik-teknik yang di gunakan untuk memaksimalkan posisi
rangking sebuah blog di mata mesin pencari (search
engine). Semakin tinggi pisisi
ranking sebuah blog di mata mesin pencari, misalnya Google Seach Engine, maka semakin besar
peluang mendapatkan traffic
pengunjung dalam jumlah besar.
Dalam kacamata search
engine optimization (selanjutnya di tulis SEO), terdapat dua ranah penting
yang harus di perhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog di mata
mesin pencari (search engine).
Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua, off-page
optimization atau optimasi di luar halaman blog.
Kita akan mencoba mengupas kunci menguasai SEO untuk blog
berdasarkan kedua ranah optimasi seperti di jelaskan di atas.
Kunci SEO untuk Blog Anda
ON-PAGE
OPTIMIZATION
Setidaknya terdapat dua elemen utama SEO dalam ranah on-page optimization. Pertama, blog attribute. Kedua, content attribute.
BLOG ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika anda baru akan
memulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO bagi blog anda adalah:
1. Nama Domain
Nama domain adalah alamat URL blog anda.
Meskipun memiliki peran dalam SEO, namun saat in nama domain tidak lagi di
perhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, anda tidak perlu lagi terlalu
terobsesi untuk memasukkan kata kunci yang anda bidik sebagai nama domain. Akan
lebih baik apabila anda berusaha menciptakan nama domain yang catchy, mudah di ingat dan mudah di
lafalkan.
2. Nama blog
Nama blog bisa sama, namun bisa pula
berbeda dengan nama domain blog anda. Dalam kacamata SEO, nama blog memiliki
peran penting. Ada baiknya anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci
yang anda bidik. Meskipun demikian, jangan menciptakan nama blog yang susah di
ingat, terlalu generik atau pun terlalu panjang. Maksimal 80 karakter saja.
3. Meta tag
Secara sederhana, meta tag adalah uraian
ringkas mengenai isi situs dan kata kunci yang anda bidik dengan blog anda.
Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari 80 karakter saja.
4. Desain dan layout blog
Desian dan layout blog (theme) memiliki
nilai cukup penting dalam kacamata SEO. Kebanyakan platform blog saat ini
sebenarnya telah bersifat SEO-friendly. Namun sebagai kunci, patut di periksa
bahwa struktur kode konten harus selalu berada di bagian paling atas ketimbang
bagian-bagian yang lain.
5. Gambar
Dalam kacamata SEO, kebanyakan atribut
gambar akan memberikan nilai tersendiri, terutama untuk hasil pencarian images melalui mesin pencari. Panjang
atribut gambar sebaiknya tidak lebih dari 40 karakter.
6. Atribut HTML
Atribut HTML terutama berkaitan dengan
struktur heading tag HTML. Struktur
heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam
konten akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.
CONTENT ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika hendak menulis
sebuah posting konten untuk blog anda adalah:
1. Kata kunci
Kata kunci adalah kata yang menjadi topik
atau ide utama di dalam sebuah artikel di dalam blog. Dalam kacamata SEO,
kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang sangat penting .
melalui kata kunci inilah mesin pencari akan memberikan nilai sebuah artikel
atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (search engine result pages).
Semakin tepat jumlah dan pilihan kata kunci yang di pergunakan, semakin besar
peluang optimasi mesin pencari yang bisa di berikan.
2. Jumlah kata kunci (keywords)
Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci
tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Namun demikian, sebagai panduan dalam setiap artikel setidaknya harus
ada 2-5 kata kunci yang di bidik di dalam setiap artikel. Terlalu banyak kata
kunci dalam sebuah artikel justru akan memberikan efek negatif karena cenderung
akan di anggap sebagai spam content
oleh mesin pencari .
3. Variasi kata kunci (keywords)
Selain jumlah, faktor penentu SEO yang lain
adalah variasi kata kunci. Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang di
bidik tidak tepat sama dan sekedar di ulang-ulang. Alih-alih mengulang-ulang
sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila anda menuliskan variasi atau
sinonim kata kunci yang di bidik. Hal ini selain untuk mencegah stigma spam
content oleh mesin pencari, juga akan semaikn memperkaya perbendaharaan kata
kunci yang anda bidik.
4. Posisi kata kunci (keywords)
Sebagai panduan, posisi kata kunci
sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada
paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya agar isi artikel tetap alami,
kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri.
OFF
PAGE-OPTIMIZATION
Hal-hal yang perlu di perhatikan adalah off-page optimization atau optimasi di
luar halaman blog adalah :
1. Jumlah backlink
Secara sederhana, backlink
adalah link yang berasal dari blog lain ke blog anda. Semakin banyak backlink
dan semakin besar pengaruhnya terhadap ranking SERP blog anda di mesin pencari
anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:
·
Meminta backlink kepada blogger lain.
·
Melakukan link
exchange dengan blogger lain
·
Membuat backlink
sendiri dari dummy blog
·
Melakukan linkbait
·
Menulis konten berkualitas yang membuat blogger
lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada anda.
2. Kualitas backlink
Backlink yang berkualitas yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·
Berasal dari blog setopik
·
Berasal dari authority
blog (minimal PR 7)
·
One-way
backlink
·
Tidak berasal dari link-farm
3. Natural backlink
Natural backlink adalah backlink yang di berikan kepada sebuah blog
dengan ciri-ciri sebagai berikut:
·
Link di letakkan di dalam kalimat (tidak di
dalam blogrol)
·
Berupa variasi kata kunci
·
Berupa gabungan inbound dan outbound link
·
Link tidak berasal dari IP yang sama
·
Link berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)
Dengan melakukan atau memeriksa kembali poin-poin kunci SEO
untuk blog di atas, supaya memaksimalkan posisi ranking di SERP (search engine
pages) bagi blog anda niscaya akan mendapatkan hasil seperti yang anda
harapkan.
No comments:
Post a Comment