Tuesday, March 19, 2013

Menurunkan Berat Badan Tanpa Menahan Rasa Lapar

Persepsi kebanyakan masyarakat saat ini yaitu diet sama dengan menahan atau mengurangi makan alias menahan lapar. Padahal rasa lapar yang berlebihan justru tidak sehat dan menghambat usaha kita untuk menurunkan berat badan. Untuk membuat berat badan menjadi turun sebenarnya tidak perlu bersusah payah sampai harus menahan lapar berjam-jam.

menurunkan berat badan tanpa menahan lapar

Cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengganti makanan kita dengan makanan yang penuh gizi dan kaya nutrisi. Di sini yang perlu kita lakukan adalah hanya mengganti makanan kita sehari-hari. Keuntungan makan makanan yang bergizi adalah makanan tersebut tidak mungkin membuat kita makan secara berlebihan. Sehingga kita tidak perlu repot melakukan perhitungan antara asupan dengan kalori yang kita keluarkan setiap harinya.

Menurunkan Berat Badan Tanpa Menahan Lapar

Penelitian oleh para pakar kesehatan meunjukkan dengan mengganti gaya hidup makanan hewani dengan makanan vegetarian, terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan, meningkatkan energi, dan mencegah dari gangguan pencernaan. Daripada bingung, berikut ini contoh pengganti makanan yang cocok untuk menggantikan makanan dari produk hewani
  1. Pengganti daging
    Daging memang mengandung protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun usia di atas 30 tahun disaranakan untuk tidak mengkonsumsi daging. Alternatifnya kita bisa makan lebih banyak kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang polong dll. Lalu makan juga tempe, dan tahu
  2. Pengganti telur
    Telur sebenarnya bisa kita ganti sayuran yang sarat protein dan sereal gandum utuh
  3. Pengganti susu
    Walaupun susu baik untuk pertumbuhan, namun usia 20 tahun ke atas sebenarnya tidak terlalu membutuhkan susu. Kita bisa menggantinya dengan susu kedelai, sari kelapa. Lalu makan juga kacang almond dan biji rami.
  4. Pengganti keju
    Keju bisa kita ganti minyak zaitun
Makanan pengganti ini tentu saja harus kita makan lebih banyak daripada makanan utama. Misal, kita biasa minum segelas susu setiap pagi, lalu kita ganti dengan minum 2 gelas susu kedelai setiap paginya.

No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.