Monday, November 11, 2013

Apa itu Passion?

“Passion adalah aktivitas yang membuat kita merasa berdaya” – Rene Suhardono

Passion bisa diartikan dalam kombinasi dari kenikmatan (pleasure), makna (meaning), perasaan (emotion). Seringkali orang mengatakan passion hanya berkaitan dengan kenikmatan yang mereka miliki, sedangkan tidak memahami makna dan perasaan yang terkandung didalamnya. Makna passion seringkali juga tertukar dengan makna dari hobi.
Hobi merupakan kegiatan yang kita gemari dan membuat kita rela untuk menghabiskan banyak hal, baik waktu maupun materi. Begitupun dengan passion, namun apa yang membedakan kedua hal tersebut? Passion mengarahkan kita untuk bisa menciptakan sebuah karya, yang dimana kegiatan yang kita jalani merupakan kegiatan yang kita gemari dan kita tahu apa makna didalamnya. Sedangkan hobi belum tentu menghasilkan sebuah karya.
Masih banyak orang yang tidak mengetahui passion mereka sampai mereka lulus kuliah, hal tersebut tidaklah salah, akan tetapi lebih baik jika kita bisa mengetahuinya sejak masih muda. Sehingga ketika kita lulus kuliah kita tahu apa pekerjaan yang akan kita jalankan. Passion merupakan salah satu syarat kesuksesan, tidak ada orang sukses yang pekerjaannya tidak sesuai dengan passion mereka.
Salah satu contoh kita melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kita adalah kita tidak mengenal waktu, tidak mudah lelah dan bersemangat dalam melakukannya. Ketika kita menghadapi suatu rintangan dan jatuh, maka passion lah yang akan membangkitkan kita lagi.
Saya ingin share mengenai apa yang harus kita lakukan untuk meraih kesuksesan ketika kita sudah mengetahui passion kita. Materi ini saya dapatkan dari salah satu mentor terbaik saya di Young On Top, yang bernama Ricky Setiawan.
  1. Skill
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ciri-ciri melakukan sesuatu sesuai dengan passion adalah tidak mengenal waktu. Oleh karena itu, sisihkanlah waktu dalam kesibukan kita untuk bisa meningkatkan skill kita dalam bidang yang kita senangi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa otak kita akan lebih mudah dalam menyerap materi yang kita senangi. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu dan mencoba untuk memutar otak kita demi mencapai skill yang lebih dari yang kita miliki saat ini. Siapa tahu teman kita yang memerlukan jasa di bidang yang kita gemari tertarik untuk merekrut kita karena skill yang kita miliki :)
  1. Networking
Tentunya semua orang membutuhkan network/pertemanan dalam hidupnya. Tetapi network yang dibutuhkan disini adalah network yang lebih luas dari yang kita miliki saat ini. Memiliki teman yang banyak merupakan sebuah keuntungan untuk diri kita, mungkin saat ini kita belum menyadari pentingnya mereka, tapi siapa yang tahu dikemudian hari? Tips untuk menambah network ialah jangan pernah malu dan gengsi untuk memulai percakapan dengan orang lain, selain itu bisa juga dengan mengikuti komunitas atau organisasi yang sesuai dengan passion kita.

“Saya memiliki pekerjaan yang paling fun di dunia, dan saya mencintai saat pergi kerja setiap hari karena selalu ada tantangan baru, dan hal baru yang bisa dipelajari. Kalau kamu sangat enjoy dengan pekerjaanmu, kamu tidak akan pernah lelah” –Bill Gates
“Jika kamu merasa tidak bisa dalam suatu pelajaran, jangan menganggap bahwa diri kamu bodoh, mungkin saja itu bukan passion kamu” –Ricky Setiawan

Source: https://www.youngontop.com/notes/do-with-the-passion-goxui3za

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator