Saturday, August 24, 2013

Seni Mengatasi Masalah: Lingkaran Setan

Seni Mengatasi Masalah Yang Terus Membelit

seni mengatasi masalah
Seni mengatasi masalah ini sangat diperlukan oleh Anda yang terus-menerus dibelit oleh masalah seperti tidak ada ujungnya. Lihatlah kebelakang, sudah berapa lama Anda menghadapi masalah ini. Mengapa begitu lama terus ada dan seolah sudah menjadi takdir kita untuk hidup seperti ini.
Mungkin takdir, namun Allah menyuruh kita untuk berusaha, mengoptimalkan ikhtiar. Itu tugas kita, hasil akhir biarlah Allah yang menentukan, bukan kita. Jangan mendahului Allah, bisa jadi jika kita berikhtiar, kita bisa bangkit kembali.

Apa Itu Lingkaran Setan?

Entah dari mana istilah ini datang, namun istilah inilah yang kita kenal. Lingkaran setan mengambarkan sebuah lingkaran yang menghubungkan masalah dengan masalah yang tidak berujung. Silahkan lihat gambar dibawah ini.
lingaran setan
Ini hanya salah satu contoh lingkaran setan. Sebenarnya sangat banyak, tidak terbatas. Ini hanya contoh untuk memudahkan kita memahaminya.
  • Karena seseorang miskin, maka dia tidak punya modal.
  • Karena tidak punya modal, dia tidak bisa berbisnis.
  • Karena dia tidak bisa berbisnis, dia tidak menghasilkan uang.
  • Karena dia tidak menghasilkan uang, dia miskin.
  • Dan kembali ke awal, melingkar, tidak berujung seterusnya.
Tentu, bisa jadi lingkaran setan yang ada pada setiap orang akan berbeda. Apa lingkaran setan Anda? Coba pikirkan.
Cara mengetahui apa yang menjadi linkaran setan Anda ialah dengan bertanya mengapa.
  1. Apa kondisi yang tidak Anda inginkan saat ini?
  2. Mengapa hal itu terjadi? Anda akan menemukan sebuah jawaban, sebutlah jawaban 1.
  3. Tanya lagi, mengapa “jawaban 1″ ini terjadi? Anda akan menemukan jawaban 2.
  4. Tanya lagi, mengapa “jawaban 2″ ini terjadi?
  5. dan seterusnya
Tidak selamanya masalah itu melingkar. Jika ternyata masalah Anda tidak melingkar, maka Anda tinggal memperbaiki masalah paling dasar yang disebut root cause, maka masalah Anda bisa teratasi.
Anggaplah Anda menemukan lingkaran setan Anda. Bagaimana cara menghancurkannya? Ada sebuah rahasia yang tidak diketahui oleh mereka yang terus-menerus bersama lingkaran setan. Sebab, jika dia sudah mengetahuinya, pasti dia sudah sanggup menghancurkan lingkaran setan itu.
Rahasia itu adalah ….

Ternyata Lingkaran Setan Itu Hanya Ada Dalam Pikiran

Ya, rahasia itu adalah bahwa lingkaran setan itu HANYA ada dalam pikiran Anda. Tidak real alias tidak nyata. Sehingga, karena memang tidak real, maka Anda dengan mudah bisa menghancurkannya dengan pikiran Anda sendiri. Serius.
Kuncinya adalah Anda harus yakin, bahwa lingkaran setan itu hanya ada dalam pikiran Anda. Jika Anda menolaknya dan menganggap lingkaran setan itu real, Anda tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini. Silahkan cari solusi lain.
Jika Anda sudah menerimanya, saya akan beritahu bagaimana cara menghancurkan. Mau tau? Sederhana, Anda hanya harus mengubah persepsi Anda (ya, pikiran Anda). Karena lingkaran setan Anda ada dalam pikiran, mengubah pikiran, persepsi, mindset, atau paradigma saja, maka lingkaran setan itu hancur seketika.

Seni Mengatasi Masalah: Melawan Kata HARUS

Mengapa lingkaran setan itu ada? Karena kita memegang kuat kata “harus”, sadar atau tidak. Kita ambil contoh dari gambar diatas. Ada beberapa asumsi keharusan dalam lingkaran itu. Apa saja?
  1. Bisnis HARUS punya modal (uang)
  2. Modal HARUS berupa uang
  3. Mendapatkan uang HARUS berbisnis dulu
  4. Supaya tidak miskin HARUS punya uang dulu
Nah, sekarang ubahkah persepsi Anda dengan menafikan atau menegasikan kata harus. Sederhana, hanya menambahkan kata TIDAK di depan harus.
  1. Bisnis TIDAK HARUS punya modal (uang)
  2. Modal TIDAK HARUS berupa uang
  3. Mendapatkan uang TIDAK HARUS berbisnis dulu
  4. Supaya tidak miskin TIDAK HARUS punya uang dulu
Anda mulai mengangguk-ngangguk? Good, artinya sudah memahami dan pikiran Anda mulai terbuka. Sebab kunci menyelesaikan masalah itu memiliki pikiran yang terbuka. Kata HARUS itu menutup pikiran, sementara jika kita tambahkan kata TIDAK, maka menjadi tidak menutup alias membuka.

Gunakan Kreativitas Anda dan Daya Ungkit

Banyak yang mengatakan, kita itu harus kreatif. Kreatif adalah seni mengatasi masalah. Namun, mengapa banyak yang tidak kreatif? Sebab kreativitas memerlukan pikiran terbuka. Sekarang pikiran Anda sudah terbuka, maka kreativitas dalam diri Anda bisa berjalan.
Dengan persepsi baru kita, bahwa bisnis tidak harus dengan modal uang, artinya kita bisa menggunakan modal yang lain. Pernah dengar modal dengkul? Selama Anda punya dengkul, maka gunakan saja untuk modal bisnis Anda. Ada juga orang sukses hanya bermodalkan jari telunjuk. Punya bukan?
Berpikirlah kreatif. Lingkaran setan itu akan hancur hanya dengan menghacurkan salah satu lingkaran kecilnya. Misalnya tidak bisa berbisnis. Maka sekarang Anda sudah bisa berbisnis. Bagaimana caranya? Gunakan kreativitas Anda, daya ungkit semua aset yang Anda miliki. Maka bisnis pun bisa mulai berjalan.
Jika bisnis sudah berjalan, Anda akan punya uang, tidak miskin lagi, punya modal untuk membangun bisnis baru, Anda makin punya uang, makin tidak miskin, dan seterusnya. Luar biasa bukan? Semuanya diawali dengan pikiran, sebab lingkaran setan itu hanya ada dalam pikiran Anda.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki masalah yang terus membelit dalam waktu lama, artinya ada lingkaran setan di dalam pikiran Anda. Tugas Anda adalah menghancurkan lingkaran setan itu dengan mengubah persepsi Anda. Gunakan kreativitas dan daya ungkit untuk membantu menghancurkan lingkaran setan itu.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator