Saturday, August 24, 2013

Bagaimana Cara Agar Percaya Diri Meski Banyak Kekurangan

Ada orang yang menjadi rendah diri karena dia merasa memiliki banyak kekurangan. Melihat keberhasilan orang lain dia hanya terkagum-kagum namun dihati kecilnya dia berkata bahwa keberhasilan itu bukan untuk dia.
Cobalah tanya, kenapa Anda tidak seberhasil mereka? Dia, yang rendah diri, akan mengatakan berbagai alasan kenapa dia tidak bisa mencapai keberhasilan yang sama. Itu tanda dia rendah diri, dia menunjuk kepada kekurangan dirinya.
Ada juga orang yang berpikiran negatif, dimana dia malah memaki keberhasilan orang lain. Dia menuduh bahwa keberhasilan orang lain hanya kebetulan semata atau bahkan menuduh keberhasilan itu didapat dengan cara curang. Ini juga ciri orang rendah diri, dia berusaha menjadikan orang lain sama rendahnya dengan dia.

Bagaimana Cara Agar Percaya Diri Padahal Benar Saya Punya Kekurangan?

Ada dua mindset yang perlu dibenahin jika Anda yakin dengan kekurangan Anda dan yakin bahwa kekurangan Anda lah yang menyebabkan Anda rendah diri.
Mindset salah #1: Hanya orang yang tidak punya kekurangan yang bisa bercaya diri.
Mindset salah #2: Sikap yang lebay terhadap kekurangannya.
Jika kita bisa membenahi kedua mindset ini, insya Allah kita akan kembali percaya diri meski merasa banyak kekurangan.
Yang perlu diperhatikan berkaitan masalah mindset adalah sering kali kita merasa baik-baik saja padahal belum tentu. Terlepas apakah Anda merasa baik-baik saja atau tidak, mari kita tingkatkan dan perbaiki mindset kita.

Bagaimana Cara Agar Percaya Diri Dengan Menerima Kekurangan

Langkah pertama adalah Anda harus menerima kekurangan. Bahwa setiap orang memiliki kekurangannya masing-masing DAN juga memiliki kelebihan masing-masing.
Bukan hanya Anda yang memiliki kekurangan, tetapi orang lain pun sama, termasuk orang yang Anda kagumi, orang yang begitu hebat prestasinya.
Orang yang percaya diri juga sama, dia punya kekurangan. Lalu kenapa Anda tidak percaya diri seperti mereka? Sama-sama memiliki kekurangan, bedanya adalah cara menyikapi kekurangan tersebut.
Jadi Bagaimana Cara Agar Percaya Diri meski pun Anda merasa banyak kekurangan adalah yakinlah bahwa kekurangan Anda tidak akan menghalangi keberhasilan Anda. Yakinlah bahwa mereka yang sukses dan percaya diri juga punya kekurangan seperti Anda.
Bagaimana cara menyikapi kekurangan diri agar kita bisa percaya diri?
  1. Banyak orang yang berusaha untuk menutupi kekurangannya. Ini bisa dilakukan, untuk kekurangan tertentu yang berpengaruh langsung terhadap kepercayaan diri. Dan, kekurangan ini memang bisa diperbaiki.
  2. Sering kali, kita sebenarnya tidak perlu repot untuk memperbaiki kekurangan atau kelemahan kita, kita bisa fokus pada kelebihan kita dan menjadi juara pada kelebihan kita.
Memang tidak semua kelemahan atau kekurangan bisa kita abaikan. Ada yang perlu kita perbaiki. Kita perlu bijak, memilih mana kekurangan atau kelemahan yang harus kita perbaiki dan mana yang tidak.
Maksud yang ingin saya sampaikan adalah jangan sampai kita terus menerus menghabiskan waktu untuk memperbaiki SEMUA kelemahan kita sementara banyak hal yang harus kita lakukan malah kita abaikan.
Jangan sampai fokus kita hanya memperbaiki kesalahan, tapi fokus kita pada perbaikan pada keseluruhan.

Menyikapi Kekurangan Dengan Proporsional

Ada seorang pria, dimana dia merasa rendah diri karena dia merasa hidungnya sangat besar dan menganggu. Dia datang ke seorang ahli bedah untuk dioperasi.
Menurut pengamatan si ahli bedah tersebut, memang hidungnya besar, tetapi tidak terlalu besar-besar banget. Hanya anggapan dia sendiri yang berlebihan saja. Sebenarnya bisa jadi orang-orang tidak sadar atau tidak peduli dengan ukuran hidung dia.
Kalau pun memang, hidungnya besar, sebenarnya untuk masa saat ini dimana orang-orang sudah cukup cerdas, jarang sekali orang yang mempermasalahkan masalah fisik. Jika sekali pun ada orang yang mengejek karena fisik, biasanya malah dia yang mendapatkan kecaman. Jangan lebay untuk menyikapi masalah fisik Anda.
Bahkan saya lihat ada beberapa pembicara yang memiliki kekurangan fisik, tetapi mereka begitu percaya diri dan hebat dalam memberikan materi.
Begitu juga dengan kekurangan lainnya, baik dari segi sikap dan maupun masalah kemampuan, jangan lebay menyikapinya. Sikap dan kemampuan bisa diperbaiki, itu pun jika perlu seperti dijelaskan diatas. Jadi biasa saja.
Bisa jadi apa yang kita hadapi juga dihadapi oleh orang yang kita anggap hebat dan percaya diri. Namun mereka menyikapinya dengan bijak.
Langkah kedua bagaimana cara agar bisa percaya diri adalah menyikapi kekurangan kita dengan tidak lebay. Artinya biasa-biasa saja. Kekurangan juga dimiliki oleh semua orang. Yang penting adalah bagaimana kita menyikapinya.
Bukan bagaimana kondisi saat Anda saat ini yang menentukan hidup Anda, tetapi bagaimana cara Anda menyikapi kekurangan Anda. Cara yang salah menjadikan Anda akan rendah diri, cara yang benar akan menjadikan Anda lebih percaya diri.

source : motivasi-islam.com

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator