Saturday, March 30, 2013

Jenis Kabel Jaringan Twisted Pair

Kabel twisted pair adalah jenis kabel yang digunakan dalam jaringan yang mana didalam kabel tersebut terdapat pasangan kabel yang saling berlilitan sehingga biasa disebut dengan twisted pair. Bagi kita yang belum mengenal mana yang disebut dengan kabel twisted pair, bisa diperhatikan kabel telpon rumah, dilihat dari bentuk fisiknya hampir sama dengan kabel twisted pair untuk jaringan Local Area Network (LAN).
Tujuan dari dililitnya pasangan kabel ini adalah agar apabila didalam penggunaannya sebagai media penghantar informasi atau data bisa dapat mengurangi interferensi dan derau (noise).

Ada dua macam kabel twisted pair yang biasa digunakan dalam membangun jaringan Local Area Network, yaitu Shielded Twisted Pair (STP) yang memiliki selubung pembungkus dan Unshielded Twisted Pair (UTP) yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Fungsi selubung pembungkus kabel ini adalah pentanahan (grounding) untuk mengurangi lebih lanjut gangguan yang ada terhadap komunikasi data. Jadi jelas di sini bahwa kabel yang memiliki selubung pembungkus akan lebih tahan terhadap gangguan dibandingkan dengan kabel twisted pair yang tidak memiliki selubung pembungkus.

Karakteristik umum kabel Twisted Pair adalah :

  • Merupakan sepasang kabel yang dililit satu sama lain.
  • Terdiri atas dua, empat, atau lebih pasangan kabel.
  • Koneksi pada twisted pair biasanya menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.
berikut ini adalah contoh gambar kabel Shielded Twisted Pair (STP)
berikut ini adlah contoh gambar kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator