Thursday, November 30, 2017

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama yang Sehat dan AlamiMemilih menu makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama haruslah benar-benar diperhatikan karena makanan yang dikonsumsi pada usia kehamilan muda penting untuk fondasi awal perkembangan janin. Dalam masa trimester pertama, ibu hamil masih berada pada kondisi yang sangat rentan terutama bagi kesehatan bayinya. Mayoritas kasus keguguran terjadi pada usia kehamilan muda, dan salah satu faktor utama penyebabnya adalah makanan. Jika ibu hamil tidak berhati-hati dalam memilih makanan, mungkin saja secara tidak sengaja akan mengonsumsi makanan yang tidak sehat bagi janin atau bahkan makanan penyebab keguguran. Tidak semua menu makanan yang sehat dikonsumsi oleh orang normal (tidak sedang hamil) juga sehat dikonsumsi oleh ibu hamil.
Pada masa kehamilan muda ibu hamil akan sering merasakan gejala-gejala hamil pada umumnya seperti sering mual dan muntah, pusing, merasa tidak nyaman dan kaki yang terkadang bengkak. Akan tetapi hal tersebut ternyata bisa dikurangi dengan cara mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Jika gizi atau nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya bisa terpenuhi, maka seorang wanita hamil bisa mengurangi keluhan-keluhan tadi.
Banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, namun banyak juga jenis makanan sehat dan alami yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu jenis makanan apa yang dinilai baik dan sehat untuk ibu hamil?

makanan sehat untuk ibu hamil muda wajib dicatat yah bunda - alodokter
Berikut beberapa jenis asupan sehat yang bisa Anda konsumsi selagi hamil muda:
  • Selama masa ini, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan mengandung asam folat. Zat ini bisa mencegah keguguran, bayi lahir cacat seperti spina bifida, atau kelahiran prematur.  Asam folat dapat Anda temui pada makanan seperti kacang merah, bayam, sawi, selada, brokoli, wortel, asparagus, kacang polong, jagung, kacang kedelai, buncis, alpukat, jambu biji dan stroberi.
  • Ibu hamil kerap mengalami kelelahan saat hamil muda. Jika Anda mengalaminya, coba cek darah merah Anda. Jangan-jangan Anda mengalami anemia. Anemia yang biasa terjadi pada ibu hamil kebanyakan disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti beras merah,biji-bijian, kacang-kacangan, daging sapi, daging unggas, dan makanan laut.
  • Anda disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh sebanyak tiga porsi tiap harinya. Jenis makanan ini mengandung banyak serat yang baik untuk mencegah Anda mengalami konstipasi dan wasir saat hamil. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu roti dan sereal dari biji-bijian utuh, atau nasi merah.
  • Sumber protein jangan terlewat dari diet harian Anda. Cobalah untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi makanan berprotein tiap harinya seperti daging tanpa lemak, telur, daging unggas, atau ikan.
  • Produk olahan susu mengandung kalsium yang baik untuk Anda dan pertumbuhan tulang janin. Produk susu yang bisa Anda konsumsi yaitu susu, keju, dan yogurt rendah lemak atau tanpa lemak.
  • Rasa lelah saat hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi air kelapa atau air yang dicampur perasan lemon. Minuman jenis ini dapat Anda coba untuk mengatasi rasa mual yang kerap muncul di trimester awal ini.
Selama trimester awal ini, hindari mengonsumsi makanan mentah, setengah matang, dan yang belum dipasteurisasi

5 Jenis Makanan yang baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil pada saat mengandung di trimester pertama. Jenis-jenis makanan tersebut dinilai banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan bayi. Selain itu tentunya juga penting untuk perkembangan janin. Nah, berikut ini adalah lima jenis makanan sehat dan alami yang mungkin cocok untuk Anda konsumsi saat sedang hamil terutama pada trimester pertama.
  1. Buah
Buah-buahan segar menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam buah sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina ibu hamil dan untuk pertumbuhan janin terutama dalam trimester pertama. Jenis buah yang baik untuk ibu hamil trimester pertama antara lain adalah jeruk, pisang, dan apel. Rasanya lezat, dan pada umumnya kebanyakan orang pasti menyukai jenis buah ini. Kandungan asam folat yang ada pada pisang bisa membantu perkembangan sel-sel otak bayi, dan asupan asam folat harus terpenuhi setiap harinya untuk ibu hamil. 
  1. Sayuran
Sayuran termasuk salah satu yang dianjurkan untuk ibu hamil. Sebenarnya bukan hanya untuk ibu hamil, tetapi semua orang pun disarankan agar mengonsumsi sayuran setiap harinya untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Anda. Mungkin selama ini Anda kurang suka sayuran atau bahkan tidak suka sayuran. Akan tetapi saat Anda sedang hamil, sesekali konsumsilah sayuran karena konsumsi sayuran sangat baik untuk perkembangan janin Anda dan untuk menamah stamina Anda sendiri setiap harinya. Jenis sayuran yang disarankan untuk ibu hamil adalah seperti ayam yang mengandung banyak zat besi. Zat besi akan membantu produksi hemoglobin dalam tubuh dan bisa mengurangi rasa mual.
  1. Jenis Kacang-Kacangan dan Sereal
Saat kandungan Anda masih menginjak usia trimester pertama dan Anda sangat ingin ngemil, Anda mungkin bisa mencoba mengonsumsi jenis kacang-kacangan dan juga sereal. Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai, kacang hijau atau kacang merah karena kandungan karbohidrat, vitamin B, kalsium yang ada pada makanan tersebut bisa meningkatkan kondisi kesehatan ibu hamil dan melancarkan perkembangan bayi dalam kandungan. Selain itu juga merupakan makanan sumber asam folat yang baik untuk ibu hamil. Asam folat sangat penting untuk perkembangan kecerdasan janin. Hindari kacang-kacangan jika alergi.
  1. Seafood
Jenis makanan laut atau seafood ternyata juga cukup disarankan untuk para ibu hamil di usia kandungan trimester pertama. Nutrisi yang ada pada seafood seperti protein, vitamin a dan juga omega 3 akan bermanfaat bagi pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa Anda temukan pada jenis seafood terutama ikan. Akan tetapi Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa seafood yang tidak disarankan untuk ibu hamil seperti kepiting misalnya. Hindari juga jenis seafood yang mengandung mercury.
  1. Susu
Berbagai jenis susu dan juga produk-produk yang diolah dari susu juga menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Selain untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, konsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang berasal dari susu bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya. Nutrisi tersebut bisa Anda temukan pada susu, yogurt, keju dan sejenisnya karena mengandung protein tinggi yang bai bagi pertumbuhan otot serta sel-sel tubuh bayi yang berada dalam kandungan.
Nah, itu dia lima jenis makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama yang wajib Anda konsumsi untuk menjaga kondisi diri sendiri dan juga membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Lalu jika jenis makanan-makanan tersebut masih belum bisa mengatasi rasa mual, lemas atau gejala-gejala umum kehamilan lainnya, apa yang harus Anda lakukan? Tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena mungkin beberapa cara sederhana berikut ini bisa mengatasinya.

Tips Mengatasi Rasa Mual pada Trimester Pertama

Pertama, sering-seringlah makan tetapi dengan porsi yang sedikit. Hal ini ditujukan agar pekerjaan usus menjadi tidak terlalu berat dan pergerakannya terjadi secara konsumsi. Nah, saat Anda tengah hamil trimester pertama, seorang ibu hamil bisa makan sebanyak 6-8 kali sehari. Setelah mengonsumsi jenis-jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang tadi sudah dijelaskan, mungkin Anda juga masih merasa mual dan sering muntah. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan agar Anda tidak langsung turun atau beranjak dari tempat tidur saat bangun di pagi hari. Setelah membuka mata, silahkan Anda duduk terlebih dahulu sambil megonsumsi makanan-makanan ringan atau minum sari buah. Barulah setelah itu Anda membasuh muka, lalu sarapan. Untuk menghindari gejala-gejala umum yang mengganggu, makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama harus mengandung banyak serat agar bisa mengurangi konstipasi selama kehamilan.
Jika Anda berhasil mengatasi berbagai gejala mengganggu tersebut, tugas Anda selanjutnya sebagai ibu yang mengandung adalah dengan menjaga kondisi kehamilan Anda. Jika Anda adalah seorang wanita karir, kurangilah pekerjaan Anda dan perbanyak istirahat agar kondisi kesehatan Anda tidak menurun. Kemudian jaga juga kondisi mental Anda, usahakan agar selama hamil terutama di usia-usia hamil muda untuk tidak terlalu stres dan pusing memikirkan kehamilan Anda. Bersikaplah lebih santai dan lebih tenang. Demikian tadi adalah beberapa tips yang kami sarankan mengenai jenis makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama dan beberapa tips menjaga hamil muda. Untuk lebih jelasnya mungkin Anda bisa mengonsultasikan masalah ini kepada dokter spesialis kehamilan


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.