Saturday, April 19, 2014

Penggunaan E-Commerce dan Teknologi Informasi dalam Bisnis


Menggunakan Teknologi Informasi dalam Menjalankan Perdagangan
 Elektronik (E-Commerce)
Pendahuluan
Perdagangan elektronik,yang disebut juga e-commerce,adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser  Webuntuk membeli dan menjual produk.

PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi  sempit yang Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Dengan pandangan ini,istilahbisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka (interface)sebuah browser.Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).            

E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan 2 jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumerB2C)mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-businessB2B) mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.perbedaan ini digabungkan sehingga situs B2B memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual,dan metode untuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor,kartu kredit,dan semacamnya). Situs sepertiWWW.1800FLOWERS.COM,WWW.HOMEDEPOT.COM,WWW.USP.GOV (jasa pos AS)telah dikenal oleh banyak penijau situs Web . pihak lainnya telah terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.

Manfaat-manfaat yang  Diharapkan dari E-Commerce
perusahaan melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan –perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama : a.pebaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualm, b.perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan, c.peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuan e-commerce adalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.

Kendala-kendala E-Commerce
perusahaan yang memberikan respons menunjukkan bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan.  Ketika ditanyakan mengenai alasan dari kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan 3 kendala dengan urutan sebagai berikut :*Biaya yang tinggi,*Kekhhawatiran akan masalah keamanan,*Perantu lunak yang belum mapan atau belum tersedia                         

Ruang Lingkup E-Commerce
Pahamilah bahwa e-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapah bulan.

Jalan Menuju E-Commerce
Rencana strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerceguna meraih keunggulan kompetitif.

INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business intelligenceBI)adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam lingkungannya yang berinteraksi dengan perusahaan.

Basis Data Eksternal
Perusahaan menggunakan berbagai basis data ini untuk mendapatkan kecerdasn bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi. Basis data pemerintah juga merupakan sumber informasi penting lainnya. Informasi  diberikan dalam sejumlah format dan dapat bisa bersifat umum seperti suatu industri atau bersifat spesifikasi seperti suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui internet.

Mesin Pencari
Suatu mesin pencari (search engine)adalah suatu program komputer khusus yang menayakan suatu kata atau kelompok kata pada pengguna untuk dicari. Yahoo!(WWW.YAHOO.COM),Excite(WWW.EXCITE.COM), Alta Vista(WWW.ALTAVISTA.COM),MSN (WWW.MSN.COM),Google (GOOGLE.COM).danAskjeeves (WWW.ASKJEEVES.COM) adalah sebagian kecil situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi pengguna untuk mencari informasi yang dapat diakses melalui Web.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Strategi dimana unsur-unsur  yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik.Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adlah EDI, yang merupakan singkatandari electronic data interchange (pertukaran data elektronik).

SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem interorganisasional (interorganizational sistemIOS)sehingga semuah perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau alianis bisnis.
Manfaat IOS 
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting:efesiensi komparatif dan kekuatan penawaran.EFESIENSI KOMPARATIF Dengan bergabung dalam IOS,para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tinggkat efesiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. –Efesiensi internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan ituh sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepet dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur ituh sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah(value added networkVAN).Vendor yang memberikan VAN  juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur.
Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif,menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan
Pada suatu artikel Decision Sciences dua profesor SIM G.Premkumar danK.Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
Beberapah manfaat dari sistem interorganisasional seperdi EDI dan ekstranet didorong secara langsung dari teknologi. Manfaat tidak langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan dengan sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik.

STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B.Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting ? 2 alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web.
Produk-produk Digital
Suatu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui fisik melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download.
 Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.  Penjualan campuran (hybrid sales)terjadi ketika perusahaan memiliki  tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce.satu contoh adalahpolk Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan .

LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler  dan asisten digital pribadi (personal digital assistantPDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (thirdgeneration3G)telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi,namun memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut.

MENGGUNAKAN INTERNET
Awal mula Internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. ARPANET menunjukkan bahwa pemerintahan dan penerimaan data oleh seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan.
World Wide Web
Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk  World Wide Web. Ia juga memungkinkan  dikirimkannya hypermediamultimedia yang terdiri atas teks,grafik audio,dan videomelalui World Wide Web. World Wide Web,yang disebut pula sebagai Web dan WWW,adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer)disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik. Istilah internet da world Wide Web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama.

CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY  INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan dengan Internet dan Web cyberspace dansuperbigbway (jalan bebas hambatan super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan William Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini ,cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada masyarakat.
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa Internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer  apa pun. Sistem  Internet secara komersial dan telah  mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar-standar Internet kepada Internet Engineering task force — IETF.

APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dpat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data;termasuk komunikasi didalam perusahaanmaupun dengan lingkungan. Semuah are perusahaan dapat menggunakan internet, tetapi suatu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan.
E-Commerce  dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Perawat kesehatan terutama berhubungan dengan perbaikan kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien. Setiap dolar perawatan kesehatan yang dikeluarkan untuk memesan persediaan medis dan berinteraksi dengan vendor adalah dolar yang tidak akan dikeluarkan untuk perawatan pasien secara langsung.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web.

SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
Meskipun Web masih berusia relatif muda, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci untuk keberhasilan. Saran –saran di atas sekaligus menunjukkan bahwa memanfaatkan Web secara sepenuhnya ternyata tidak hanya sekedar membuat halaman Web saja.

DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para pengguna Internet adalah suatu kelompok yang beragam. Banyak masih berusia muda,namun yang berusia lebih tua  (dengan lebih banyak penghasilan untuk kebelanjakan)memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator