Saturday, April 19, 2014

Jenis Sumber Daya Komputasi Dan Komunikasi

Sumber Daya Komputasi
Dan Komunikasi
Prosesor
Prosesor (yang disebut pula sebagai unit pemroses pusat atau central processing unit-CPU) adalah tempat di mana pemrosesan data dilakukan. Kecepatan prosesor dan ukuran word bersama-sama bergabung untuk meningkatkan kekuatan komputasi. Kecepatan pada awalnya dinyatakan dalam megahertz (MHz),yang berarti juga siklus per detik. Ukuran word adalah hal yang penting;ia akan menentukan beberap banyak karakter,seperti “A” yang disebut di atas, dapat dipindahkan dalam satu siklusprosesor.

Memory
Memory,yang disebut juga ruang penyimpanan primer atau rndom access memory (RAM),mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memory adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan. Memory yang terdapat pada komputer mikro mirip dengan besarnya ruang di meja yang depot Anda pergunakan ketika Anda belajar. Memory telah menjadi lebih cepat agar tetap dapat mengikuti prosesor-prosesor yang lebih kuat.

Ruang Penyimpanan
Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed storage)adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer. Contohnya hard drive komputer mikro Anda. Media penyimpanan yang dapat dilepas (Removable storage) biasanya berbentuk sebuah pita,disk (yang dikenal pula sebagai kaset),flash drive USB (terkadang disebut “pen drive”),CD,atau media jinjing lainnya.

Alat-alat Input (Input Devices)
Komputer tidak akan banyak berguna tanpa alat-alat input dan output. Operasi bisnis membutuhkan sejumlah besar alat-alat input output,dan dikembangkan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.                                                                                                                                                   

Data yang diterima dari manusia (human-captured data) mengacu pada input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard,menekan mouse,menyentuh monitor,berbicara ke mikrofon,atau interaksi lain yang serupa. Terdapat dua kendala bagi data yang diterima dari manusia. Pertama ,lambat. Kedua,biasanya tidak dapat mencapai tingkat akurasi yang sangat tinggi seperti data yang diterima dari mesin (machine-captured data)data yang diterima oleh suatu alat elektronik atau mekanis.

Alat-alat Output (Output Devices)
Dua alat output yang paling dikenal adalah layar komputer,yangterkadang disebutmonitor,dan printer. Meskipun konsep “kantor tanpa kertas”telah mendapat banyak perhatian,hasil output cetakan tetap merupakan fakta dari komputasi. Perubahan-perubahan penting printer terjadi dalam bidang resolusi percetakan,kecepatan pencetakan,dan warna. Printer umum dewasa ini menggunakan teknologi laser atau tinta. Printer laser pada intinya sama seperti mesin fotokopi,sedangkan printer tinta menyemprotkan tinta pada permukaan kertas.

Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai contoh,informasi dalam entuk teks dapat diproyeksikan kelayar komputer dengan disertai oleh suatu gambar atau video.

ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan,komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal computer).

Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif
Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer (Samsung,Nokia,Ericsson dan lain-lain) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya. Beberapah telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek.

Telepon Seluler Cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone)ketika menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo 650 dari palm,Inc. (WWW.PALM.COM) memenuhi definisi smart phone ini. Treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh informasinya (agenda,nomor telepon,danbanyak lagi )dengan sebuah komputer mikro. Banyak model Tero maupun BlackBerry menggunakan protokol telepon seluler digital GSM(Global System of Mobile Communication). GSM adalah protokol yang paling banyak digunakan di Eropa,Asia,Afrika,dan Australia. Penggunaanya di Amerika Serikat dimulai pada tahun 2002,dan mulai menjadi standar di negara tersebut.

Jaringan Rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband.”jika anda memiliki TV kabel,Anda mungkin dapat membeli sebuahmodem kabel sehingga Anda dapat mengakses Internet melalui kabel yang membawa sinyal TV kerumah Anda.perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkeceparan tinggi ke rumah Anda.

Keamanan Komputasi Rumah
Keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang Anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja :update sistem operasi,virus,dan spyware.

PERANTI LUNAK
Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.

Peranti Lunak Sistem
Peranti lunak sistem (sistem software)atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi,menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer,dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna,peranti lunak aplikasi,dan peranti keras.

Peranti Lunak Aplikasi
Peranti lunak siap pakai (prewritten application software), atau kadang-kadang disebut peranti lunak off-the-shelf,diproduksi oleh pemasok dan di jual kepada pengguna. Pengguna hanya perlu menginstall peranti lunak di peranti keras mereka, dengan sedikit atau tanpa modifikasi,agar dapat dipergunakannya. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting :   Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia. Bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangkannya selama tiga minggu atau enam bulan.                                                                           Peranti lunak siap pakai lebih mudah dari pada peranti lunak khusus.                                                 Pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaan.

Peranan Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna
Peranti lunak komputer yang sederhana dan penggunaannya intuitif sering kali di katakan mudah digunakan pengguna (user-friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif di mana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begituh sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya.

KOMUNIKASI
Kecepatan transmisi dapat antarkomputer yang berlangsung melalui sistem telepon publik sering kali lebih lambat dari pada ketika komputer tersambung melalui jaringannya sendiri. Alasannya adalah karena protokol untuk komunikas sistem telepon publik dirancang untuk komunikasi suara dan kualitas serta kecepatan saluran komunikasi ini tidak harus tinggi.

Koneksi Publik
Seseorang yang menggunakan sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi. Protokol-protokol untuk sistem telepon publik dirancang untuk memenuhi kriteria minimum transmisi suaratransmisi analog bermutu rendahdan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah dari pada yang dibutuhkan untuk transmisi data komputer.

Saluran Pribadi
Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi Anda. Saluran pribadi yang ditunjukan untuk Anda digunakan disediakan oleh penyedia layanan yang umum,yaitu perusahaan telepon.

Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks)
Saluran pribadi mahal biayanya,paling tidak jika dibandingkan dengan koneksi Internet.             Saluran pribadi lebih aman;karena data organisasi Anda adalah satu-satunya data yang berada pada saluran komunikasi.                                                                                                                                             Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private NetworksVPN) adalah jawaban dari pertanyaan di atas. Untuk mengimplementasikan VPN,organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyediaan layana Internet yang menggunakan peranti lunak tunneling.

KomunikasiJaringan
International organization for standardization (WWW.ISO.ORG )  didirikan pada tahun 1946; organisasi ini menciptakan arsitekture standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open Systems InterconnectionOSI)   

Protokol untuk Komunikasi Komputer
Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lain,dan hanya dengan terminal-terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor;terminal hanya menyediakan alat memasukkan dan menampilkan data bagi komputer. IBM menyadari keterbatasan komunikasi ini sebagai suatu masalah,khususnya karena perusahaan tersebut ingin menjual beberapa komputer kepada satu perusahaan. Sebagai tanggapan atas keterbatasan komunikasi ini, IBM dan perusahaan-perusahaan lain mulai mengembangkan protokol komunikasi.

Paket
Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengiriman,dan informasi kendali lainnya.

Alamat Jaringan Internet                                                                                         Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan,setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki suatu alamat yang unik.ketika menjalankan paket-paket di Internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka(yang masing-masing antara 0 hingga 255),yang dipisahkan oleh titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan,host,subjaringan,dan komputer yang sedang dituju, sebagai contoh,alamat IP untuk University of North Carolina di Wilmington adalah 152.20.9.40.

JENI-JENIS JARINGAN
Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peran yang berbeda didalam strategi komunikasi perusahaan. Bermacam –macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan,setiap peralatansetiap komputer,printer atau alat-alat lain yang serupaharus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka jaringan.

Jaringan Area Lokal (Local Area Networks)
Jaringan Area Lokal Local Area Network (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. LANbiasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan,seperti berada diruangan atau gedung yang sama.

Internet
Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer dari pada perkembangan yang lain,dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya,internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika Anda memilik satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor yang lain,Anda dapat menggabungkan keduanya,sehingga menciptakan suatu internet.

KONVERGENSI KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki diantara keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia baterai,kecepatan komunikasi,dan keamanan,ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna. Semuah komputasi akan dikerjakan oleh prosesor komputer yang ter dapat di dalam telepon Anda.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.