Tuesday, March 25, 2014

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Kita akan sangat menderita jika terbenam dalam sikap rendah diri, hingga tak punya kepercayaan diri. Padahal sejatinya, di manapun dan kapan pun kita berada, jika kita menyadari hakekat kemampuan diri, pastilah masing-masing dari kita memiliki peranan, tanggung jawab, dan prestasi yang sudah dikerjakan.

Memang, tidak ada prestasi luar biasa yang bisa tercipta tanpa bantuan orang lain. Namun, kita harus punya citra diri yang sehat, mampu menghargai diri sendiri serta dapat membangun kepercayaan diri dengan usaha yang telah kita buktikan.

Percaya diri itu biasa tumbuh seiring dengan berjalannya proses pematangan dan waktu. Jika Anda sudah mendapat pengakuan orang lain, sedikit saja, itu bisa jadi modal yang baik untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Asal ingat, over-confident (meremehkan orang lain & berhenti belajar) akan menghambat kita dalam berkarya.

Berani Mencoba dan Terus Belajar

Banyak di antara kita merasa takut saat dikritik atau diberi saran. Saya kira hal itulah yang membuat kita jadi kurang percaya diri. Untuk menghadapinya, harus berani mencoba! Jadikan masukan sebagai pendorong untuk terus memperbaiki karya.

Rasa kurang percaya diri, juga biasa muncul sebagai tanda ketidaksiapan. Maksimalkan persiapan, kuasai materi, perdalam pengetahuan, terus belajar! Seiring berjalannya waktu, dibarengi latihan dan kerja keras untuk terus memperbaiki diri, mentalitas akan terasah, sehingga kepercayaan diri pun akan tumbuh.

Yang patut diingat: Jangan pernah merasa tidak percaya diri karena fisik Anda. Sudah banyak contoh orang yang terbatas fisiknya tapi mampu berbuat hal luar biasa.

Siapa pun kita, carilah kekuatan/kelebihan yang kita miliki untuk dijadikan poin plus. Buang rasa minder dan kembangkan kelebihan itu. Jauhkan juga rasa takut yang disebabkan karena alasan yang tidak jelas—yang biasanya kita ciptakan sendiri di alam pikiran kita. Atasi rasa takut dengan menambah pengalaman, pengetahuan dan kemampuan kita—yang akan terjadi ketika kita berani melangkah. Cepat atau lambat, keyakinan diri akan tumbuh dan Anda akan menjadi lebih percaya diri.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator