Saturday, July 6, 2013

Resep Kangkung Tumis Terasi Pedas

Resep Cara Membuat Kangkung Terasi Tumis Pedas
Kangkung Terasi Tumis Pedas
Kembali aku akan berbagi resep kesukaan yaitu tentang memasak kangkung yang agak lain neh. Kalau memasak kangkung hanya dengan cara ditumis dengan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai/cili/lombok kayaknya itu resep yang sudah biasa. Jadi aku akan menuliskan resep tumis kangkung yang agak berbeda yaitu Resep Cara Memasak Kangkung Terasi Tumis Pedas atau kangkung belacan dimana specialnya tumis kangkung ini bumbunya ditambah dengan tomat dan terasi.
Resep Cara Membuat Kangkung Terasi Tumis Pedas

Resep Cara Membuat Kangkung Terasi Tumis Pedas
Bumbu Kangkung Terasi Tumis Pedas
Bahan/bumbunya: 

                  1 ikat kangkung yang segar
                  1 biji tomat segar
                  2 siung bawang putih
                  5 biji cabai atau sesuai keinginan
                  1 biji bawang bombay/atau bawang merah
                   terasi, garam, saus tiram/oyster sauce secukupnya
Cara memasaknya:
Potong seikat kangkung yang masih segar, kalau aku lebih suka memotong/memetik memakai tangan satu-satu/per batang atau mungkin anda lebih suka memotongnya memakai pisau. Apa bedanya sih memotong pakai pisau atau tangan, kalau pakai tangan hasilnya akan lebih lemas/lebih baik saat dimasak. Kalau kangkung sudah dipotong kemudian dicuci dengan bersih. Potong tomat sesuai selera, juga cabai, bawang putih dan bawang bombay. Ambil 2 sendok makan minyak goreng/minyak masak panaskan dalam kuali/teflon/wajan kalau sudah panas tumis bumbu yang sudah dipotong tadi dan juga terasinya lebih kurang menumis bumbunya 1 menit saja kemudian masukkan kangkung yang sudah dipotong tadi, taruh garam sedikit saja karena dalam terasi dan saus tiram sudah menjadikan kangkung menjadi asin. Masak kangkung hingga layu kurang lebih 5 menit, sebelum kangkung diangkat taruh oyster sauce/saus tiram sedikit saja/setengah sendok makan, pastikan warna kangkungnya masih hijau/layu agar nutrisi kandungan vitaminnya tidak hilang, angkat dan kangkung terasi tumis pedas siap  untuk dihidangkan dan hasilnya seperti gambar paling atas, selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.