Sunday, July 21, 2013

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cara Alami

Ketombe tak kenal kompromi dan tak kenal usia. Ketombe dapat menyerang siapa saja, tak sedikit orang yang memiliki ketombe di kulit kepala, dengan timbulnya ketombe yang cukup meresahkan dan dapat mengganggu penampilan seseorang di depan khalayak. Hampir setiap orang yang mengalami ketombe dalam mengatasinya hanya dengan menggunakan jenis shampoo tertentu yang dirasa cocok, namun tak menepis keadaan bahwa ketombe dapat muncul kembali.
Dalam menghilangkan ketombe sebaiknya dengan cara alami, agar lebih baik hasilnya. Dengan menggunakan obat-obatan anti ketombe belum tentu aman dan cocok bagi kulit kepala dan rambut anda. Dengan menggunakan bahan alami dirasa lebih aman dan tanpa efek samping, dan tanpa mengeluarkan biaya yang cukup mahal.
Adapun langkah-langkah awal yang harus dilakukan untuk meminimalisir timbulnya ketombe yang semakin banyak, antara lain :
1. Jangan biarakan ketombe timbul dan berkembang lebih banyak. Semakin banyaknya ketombe yang muncul, maka kulit kepala akan semakin gatal, sehingga anda akan semakin giat menggaruk kepala. Seringnya menggaruk kulit kepala hanya akan membuat kulit kepala menjadi terluka dan infeksi.
2. Jika anda mengalami ketombe yang cukup ringan, Anda dapat meningkatkan kegiatan keramas anda. Semakin sering anda berkeramas dengan shampoo anti ketombe, maka semakin sedikit ketombe yang anda miliki. Jika perlu, berkeramaslah setiap hari dengan shampoo anti ketombe untuk mengendalikan pertumbuhan ketombe.
- Jika sampo anti ketombe ringan tidak bekerja atau ketombe Anda parah, gunakan sampo/obat khusus anti-ketombe yang mengandung selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat dan zat aktif lainnya untuk mencuci rambut Anda. Gunakan seperlunya saja karena obat ini cenderung berefek kuat. Setelah itu, biarkan selama minimal lima menit sebelum membilasnya. Pijatlah kulit kepala Anda pelan-pelan dengan ujung jari Anda untuk melancarkan sirkulasi darah di kepala. Obat ini dapat digunakan sendirian atau dicampur dengan sampo biasa (ikuti petunjuk pemakaiannya),diselang beberapa saat setelah menggunakan shampoo anti ketombe dengan shampoo biasa. Setelah ketombe Anda menghilang, beralihlah ke samphoo biasa.
Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cara alami, antara lain :
1. Cuka putih
Cuka putih adalah obat yang sangat baik untuk ketombe. Caranya dengan mencampurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, di aduk bersamaan. Gunakan setelah keramas pertama dengan shampoo yang biasa anda gunakan, kemudian terakhir gunakan ramuan tersebut sebagai bilasan terakhir, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.
Cara lainnya :
Sediakan 1 sendok cuka yang dicampur dengan 3 sendok makan minyak, lalu gunakan resep tersebut ketika keramas seperti shampoo sambil memijat kulit kepala secara perlahan, lalu bilas dengan shampoo yang biasa anda gunakan sebagai bilasan terakhir.
2. Soda kue
Basahi terlebih dahulu rambut anda, kemudian ambil segenggam soda kue, lalu gosokkan di kulit kepala dengan soda kue tersebut sambil dipijat perlahan. Setelah beberapa saat kemudian bilas hingga bersih sampai soda kue hilang dari rambut anda. Reaksi awal dari penggunaan resep ini, kemungkinan rambut anda akan mengalami kekeringan, namun anda tetap dapat melakukannya tanpa harus menghentikan penggunaan resep ini. Setelah mencoba pemakaian resep ini selama 1 minggu, anda akan mendapatkan hasil terbaik, produksi minyak di rambut akan berjalan normal dan terkendali dan pastinya anda akan terhindar dari masalah ketombe.
3. Jeruk nipis
Sebelum anda membasahi rambut, siramkan 2 sendok makan jeruk nipis di kepala anda dalam keadaan rambut kering, kemudian pijat perlahan, setelah itu campur segelas air biasa dengan 1 sendok makan jus lemon kemudian aduk hingga tercampur rata, lalu siramkan ke rambut lakukan seperti keramas biasa. Kemudian terakhir bilas dengan air biasa tanpa menggunakan shampoo kembali. Anda akan mendapatkan rambut yang indah, harum dan terbebas dari masalah ketombe. Lakukan resep ini sampai ketombe benar-benar hilang.
4. Garami
Ambil garam dapur secukupnya ketika anda keramas sebelum menggunakan shampoo, kemudian gosokkan garam dapur tersebut di kepala, kemudian bilas dengan shampoo biasa hingga bersih.
5. Santan kelapa
Siapkan santan dari setengah butir kelapa, 1 gelas jus buah nanas ukuran sedang, perasan air jeruk nipis dan satu setengah gelas air kelapa. Campur semua bahan dan aduk rata. Gunakan campuran resep tersebut untuk mencuci rambut setiap 5 hari sekali. Bilas terakhir dengan menggunakan shampoo hingga bersih.

6. Lidah buaya
lidah buaya memang dipercaya dapat membuat rambut terlihat lebih lembut dan indah. Selain itu lidah buaya juga dapat memberi nutrisi penting untuk kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe. Dengan cara ambil daging lidah buaya kemudian oleskan secara merata keseluruh bagian rambut, diamkan hingga 10 menit kemudian bilas dengan shampoo sampai bersih.
7. Minyak almond
Balurkan rambut dan kulit kepala dengan sedikit minyak almond kemudian pijat perlahan kira-kira 5-10 menit kemudian bungkus rambut dengan handuk yang sudah direndam dengan air hangat. Lakukan resep tradisional ini minimal 2x seminggu.
8. Jeruk lemon
Jeruk lemon mampu menjaga keseimbangan pH atau kadar asam di kulit kepala. Caranya dengan mencampurkan 1 buah lemon dengan 15 ml minyak kelapa, lalu balurkan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala sambil dipijat ringan dan diamkan selama 8 jam. Disarankan lakukan pada malam hari.
9. Baking soda
Campurkan baking soda pada shampoo yang biasa anda gunakan, kemudian oleskan pada rambut. Lalu diamkan selama 2 menit, dan terakhir cuci hingga bersih. Anda dapat gunakan resep ini minimal 2x seminggu hingga ketombe hilang.
10. Minyak zaitun
Minyak zaitun juga dipercaya dapat menghilangkan ketombe. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak almond, aduk rata. Kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat ringan, diamkan sejenak kira-kira 15 menit, lalu keramas hingga bersih sampai minyak di rambut anda benar-benar hilang.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator