Thursday, June 6, 2013

Perbedaan CRM. E-CRM dan ERP

  1. Perbedaan CRM dan E-CRM
-          Customer contacts:  pada CRM hubungan dengan konsumen dilakukan melalui telepon, toko eceran, dan fax sedangkan pada E-CRM semua metode tradisional yang digunakan selain untuk internet, email, nirkabel, dan teknologi PDA
-          System Interface: pada CRM menerapkan penggunaan sistem ERP, penekanan pada back-end sedangkan pada E-CRM diarahkan lebih ke arah front end, yang berinteraksi dengan back-end melalui penggunaan sistem ERP,  gudang data, dan data mart.
-          System overhead (client computers): pada CRM klien harus men-download berbagai aplikasi untuk melihat aplikasi web. Dan harus membuat ulang untuk platform yang berbeda. Sedangkan pada E-CRM tidak memiliki persyaratan ini karena klien menggunakan browser.
-          Customization and Personalization of Information: pada CRM tampilan berbeda berdasarkan audience dan tampilan pribadi tidak tersedia. Personalisasi Individu membutuhkan perubahan program. Sedangkan pada E-CRM personalisasi tampilan individu berdasarkan sejarah pembelian dan preferensi. Individu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan tampilan.
-          System Focus: pada CRM Sistem (dibuat untuk penggunaan internal) dirancang berdasarkan fungsi kerja dan produk. Aplikasi web yang dirancang untuk sebuah departemen tunggal atau unit bisnis sedangkan pada E-CRM Sistem (dibuat untuk penggunaan eksternal) dirancang berdasarkan kebutuhan pelanggan. Aplikasi Web yang dirancang untuk digunakan enterprise-wide.
-          System Maintenance and Modification: pada CRM Lebih banyak waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan dan pemeliharaan yang lebih mahal karena sistem yang ada pada lokasi yang berbeda dan diberbagai server sedangkan pada E-CRM pengurangan waktu dan biaya. Implementasi dan pemeliharaan dapat dilakukan di satu lokasi dan pada satu server
  1. Perbedaan antara CRM dan ERP adalah dari sisi teknologinya, CRM merupakan fase ketiga setelah ERP. Dimana ERP adalah sebuah teknologi untuk mengubah data menjadi informasi dan mengintegrasikan penuh seluruh departemen yang ada dalam perusahaan. Fokusnya meningkatkan efisiensi secara internal. Sedangkan CRM adalah strategi bisnis dalam suatu perusahaan yang memanfaatkan kelebihan-kelebihan ERP untuk diterapkan kepada customers, dimana seluruh karyawan perusahaan yang terlibat dalam pelayanan terhadap customers diberikan akses informasi penuh. Fokusnya efektifitas secara eksternal.
Hubungan antara CRM dan ERP adalah mengintegrasikan organisasi yang mempunyai inisatif mengenai ERP yang lebih efektif untuk melihat bagaimana pola pembelian konsumen mempengaruhi pemanufakturan, sumber daya manusia, keuangan, dan rencana jangka panjang. Pada waktu yang sama, ada peminatan yang diperbaharui yang muncul dalam beberapa area seperti manajemen pengetahuan dan kecerdasan bisnis.

No comments :

Post a Comment

Jangan Lupa Like Fan Page nya yah :)

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator