Saturday, June 22, 2013

Perbandingan Blackberry Z10 dan Q10

detail berita
NEW YORK - BlackBerry -- sebelumnya Research In Motion (RIM) -- resmi merilis dua perangkat anyarnya yang berjalan pada sistem operasi BlackBerry 10 (BB 10), yakni Z10 dan Q10. Namun, apakah perbedaan dari kedua smartphone itu?

Dari sisi fisik Z10 dan Q10 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Z10 mengusung fitur layar sentuh tanpa keyboard fisik, sedangkan Q10 mengusung layar sentuh yang dikombinasikan dengan keyboard fisik QWERTY. Nah, bagaimana perbedaan jeroan kedua perangkat itu? Berikut penjelasan mengenai spesifikasi Z10 dan Q10 yang dihimpun dari berbagai sumber.

BlackBerry Z10

(BlackBerry Z10)

Mengusung layar sentuh kapasitif 4,2 inci 16 juta warna bresolusi 268x1280 dengan kerapatan piksel 355ppi. Fitur utama layar sentuh tanpa dibekali keyboard fisik dilengkapi dengan fitur multitouch.

Dikemas chipset Qualcomm MSM8960 Snapdragon, smartphone ini diperkuat dengan prosesor dual-core Krait 1,5GHz dengan Graphic Processing Unit (GPU) Adreno 225. 


Berjalan pada sistem operasi anyar BlackBerry 10, Z10 dilengkapi dengan kamera utama 8 megapiksel dengan fitur LED flash, autofokus dan dapat menghasilkan gambar hingga resolusi 3264x2448. Kemudian untuk mendukung video call, Z10 juga dilengkapi dengan kamera depan 2 megapiksel.

Kemudian BlackBerry Z10 juga dapat bertahan hinga 10 jam talktime berkat penggunaan baterai Li-ion 1800 mAh.

BlackBerry Q10

 
(BlackBerry Q10)

Diperkenalkan bersama 'saudaranya', BlackBerry Z10, Q10 hadir dengan mengusung fitur layar sentuh yang dikombinasikan dengan keyboard fisik -- ciri khas perangkat BlackBerry pada umumnya.

Mengusung layar sentuh kapasitif 3,1 inci super AMOLED 16 juta warna. BlackBerry Q10 menghasilkan resolusi 720x720 dengan kerapatan piksel 328ppi.

Disisipkan RAM 2GB, Q10 juga dilengkapi dengan slot microSD yang dapat mendukung kapasitas hingga 32GB. Dikemas dengan chipset TI OMAP 4470, prosesor dual-core Cortex-A9, dapur pacu BlackBerry juga dilengkapi Graphic Processing Unit (GPU) PowerVR SGX544.

Untuk kamera, Belum ada informasi lebih lanjut terkait kemampuan BlackBerry Q10 dalam meringkus gambar. Hanya saja perangkat ini bakal memiliki kamera depan dan kamera belakang.

Untuk ketahanan baterai BlackBerry Q10 dapat bertahan hingga 10 jam Talktime berkat pemakaian baterai Li-ion berkapasitas 1800 mAh.


Perbandingan Blackberry Z10 dan Q10

Jika dilihat dari sisi fisik Z10 dan Q10 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Z10 mengusung fitur layar sentuh tanpa keyboard fisik, sedangkan Q10 mengusung layar sentuh yang dikombinasikan dengan keyboard fisik QWERTY. Nah, bagaimana perbedaan jeroan kedua perangkat itu? Berikut penjelasan mengenai perbandingan spesifikasi Z10 dan Q10 yang dihimpun dari berbagai sumber media elektronik.
·     Keyboard fisik - Penggunaan keyboard fisik pada BlackBerry Q10 lebih diperuntukkan bagi konsumen konservatif yang menggemari keyboard QWERTY fisik ciri khas BlackBerry. Sementara itu, saat ini ponsel pintar dengan layar sentuh seperti yang dimiliki BlackBerry Z10 terbilang lebih populer di masyarakat.
·   Layar – Selain keyboard fisik, layar BlackBerry Q10 yang berukuran kecil juga merupakan satu bahan pertimbangan. Sebagai perbandingan, BlackBerry Z10 berukuran 4,2 inci, sedangkan Q10 ukurannya hanya 3,1 inci.
·      Kinerja – BlackBerry 10 menjanjikan performa yang mumpuni. Namun dengan layar berukuran 3,1, aktivitas multitasking yang berat tidak bisa begitu banyak dilakukan dibandingkan dengan layar berukuran lebih besar.
·       Ketajaman Layar – BlackBerry Z10 punya layar canggih 355 piksel per inci. Resolusi ini lebih besar daripada Retina display milik iPhone 5. Alhasil, tampilan grafis di Z10 lebih baik daripada di Q10.
·         Blackberry Z10 Lebih di Unggulkan – Sebagian besar masyarakat menaruh harapan pada BlackBerry Z10 di tengah derasnya isu kebangkrutan RIM (kini BlackBerry). Dengan fitur yang tak kalah dari para pesaing-pesaingnya, Z10 ditawarkan dengan harga yang rasional.
·         Hardware – Hardware/ Peranti keras yang dibenamkan ke Blackberry Q10 tidak lebih baik daripada Z10. Bahkan kedua perangkat punya peranti keras yang serupa, hanya ukuran layar dan kualitas grafis yang berbeda.
·       Aplikasi - BlackBerry berusaha keras membenahi sistem operasinya agar meningkatkan daya saing. Hasilnya? Tidak mengecewakan. Salah satu kelebihan perangkat BlackBerry 10 adalah banyaknya aplikasi yang kompatibel. Namun, dengan layar yang kecil, tentu Q10 sulit mengalahkan Z10 dalam hal pilihan aplikasi yang nyaman dijalankan.
·      Keypad – BlackBerry Q10 mengagungkan keypad fisik yang dianggap lebih mendukung produktivitas. Namun pihak BlackBerry sendiri mengatakan keyboard virtual Z10 nyaman dipakai mengetik. Dan selalu ada pembaruan teknologi untuk meningkatkan kualitasnya.
·         Penampilan - Penampilan BlackBerry Z10 lebih elegan dan modern dibandingkan Q10 yang terkesan sederhana dan jadul karena nampak seperti perangkat-perangkat BlackBerry generasi sebelumnya. Bila penampilan adalah hal penting bagi Anda, Z10 tentu lebih menggiurkan.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator