Wednesday, June 5, 2013

Manfaat Yogurt Untuk Kecantikan

 
Yogurt merupakan susu yang sengaja dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Yogurt bisa dibuat dari susu hewani maupun nabati, termasuk di dalamnya susu kedelai. Namun dalam proses produksi jaman modern sekarang ini paling banyak dibuat dari susu sapi. Dari proses fermentasi gula susu (laktosa) dihasilkan asam laktat, asam laktat yang dihasilkan dari proses fermentasi berperan dalam protein susu dalam menghasilkan tekstur gel dan aroma yang khas pada yogurt. Yogurt sebagai makanan kesehatan mempunyai segudang manfaat unuk kesehatan. Berikut beberapa dari Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit.

1. Meremajakan wajah (Anti Aging)
Yogurt yang kaya kandungan asam laktat, penting perannya sebagai komponen dalam prenting bahan kimia untuk proses pergantian kulit. Menurut Hema Sundaram, MD. ahli hermatologi mengatakan "Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna, bahkan dapat mengurangi kerutan-kerutan halus pada permukaan kulit".
Caranya sangat sederhana : Campur 1 cangkir yoghurt dengan 2-3 tetes minyak zaitun atau minyak almon serta 1 sdm madu. Oleskan di seluruh bagian kulit wajah, biarkan selama 20-30 menit, bilaslah dan keringkan. Rasakan hasilnya, kulit wajah akan lebih kencang dan bersinar. Lakukan Rutin.
2. Pembersih perabot ramah lingkungan
Perabot rumah tangga sangat rawan terhadap debu yang menyebabkan kusam. Yogurt dapan menjadi bahan pembersih dan mampu membuat berkilau dan mengkilapkan perabotan berbahan kuningan. Seorang pakar lingkung dan penulis buku 'Better Basics for the Home' bernama Annie Bond mengatakan bahwa Asam laktat yang terkandung berfungsi merotokan kotoran atau kerak debu yang menempel pada perabotan."
Caranya usap seluruh bagian permukaan perabotan dengan kain basah, lalu basahi kain bersih dengan beberapa sendok yogurt, gosok permukaan perabot kuningan hingga mengkilap. Hasilnya perabot
lama dari kuningan akan tampak sebagai perabot baru.
3. Memperlancar pencernaan dalam tubuh
Menurut ahli kuliner dan gizi, Robin Plotkin, RD, Kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik dalam yogurt mampu membuat keseimbangan mikroflora dalam usus yang berperan penting dalam proses pencernaan usus dan menjaga kebugaran tubuh.
Manfaat diatas didapat jika yoghurt dipastika mengandung sedikitnya probiotik hidup sebanyak satu miliar unit pembentuk koloni (colony-forming units atau CFUs). Untuk mengetahui kandungan probiotik hidup bisa dilihat di iklan produk yogurt ternama.
4. Menjaga kesehatan jantung
"Yoghurt adalah bahan makanan rendah lemak bisa jadi bahkan bebas lemak sehingga baik untuk kesehatan jantung. Alvaro Alonso, MD, PhD, seorang profesor di University of Minnesota mengatakan bahwa mengkonsumsi yogurt dengan porsi tepat mampu mencegah atau setidaknya menurunkan risiko serangan darah tinggi". Hal ini disebabkan karena kandungan protein dalam susu mampu mengendalikan tekanan darah, magnesium, kadar kalsium, potasium serta efektifitas nya dalam penurunan tekanan darah.
5. Menjaga kekebalan tubuh terhadap bakteri jahat (Antimikroba)
Selain asam laktat yang dihasilkan yoghurt, dihasilkan pula zat yang bersifat antimikroba yang menghasilkan antibiotik dan beberapa bakteri baik yang mencegah serangan bakteri jahat yang dihasilkan oleh asam asetat dan hydrogen peroksida.

6. Mencegah timbulnya Candida Albicans
Candida Albicans, merupakan jenis jamur penyebab penyakit wanita yang disebut vaginitis yang merupakan penyakit kelamin yang menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyaman pada bagian kelamin wanita. Jamur Candida Albican mampu dikendalikan pertumbuhannya oleh bakteri probiotik.

7. Sebagai pencegah Osteoporosis
Penyerapan Kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk kekuatan tulang dihasilkan oleh asam laktat yang memproduksi metabolit. Metabolisme tulang juga mampu berjalan baik karena yoghurt membantu memproduksi vitamin K yang berpera penting dalam hal ini.

8. Mendukung proses pencernaan laktosa
Minuman hasil fermentasi dan yoghurt lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada susu tanpa proses fermentasi sehingga baik digunakan sebagai alternatif bagi penderita ketidak mampuan mencerna laktosa susu atau laktose intolerance.

9. Pencegah tumor dan kanker 
Efek anti tumor didapat dari Lactobasillus achidophilus dan Lactobasillus bulgaricus yang dihasilkan yoghurt. Kanker rahim dan kanker prostat mampu di cegah oleh kandungan yoghut dengan kandungan asam folat dan seng.

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Menggunakan Yogurt:

Ada 6 langkah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan wajah putih alami, yaitu:
  1. Tuangkan 1 sendok makan plain organic yoghurt ke dalam mangkok. Pastikan kamu mengambil yogurt yang masih dalam keadaan baik dan tidak kadaluarsa, serta memilih yogurt rasa plain (asli), bukan yogurt dengan aneka rasa.
  2. Tambahkan 1 sendok teh perasan jeruk lemon ke dalam yogurt.
  3. Tambahkan tetesan sari/minyak bunga mawar atau melati ke dalam campuran yogurt dan perasan jeruk lemon tadi. Apabila minyak sari bunga tidak ada, kamu bisa menambahkan 3 – 5 helai kelopak bunga mawar/melati ke dalam campuran yogurt tadi. Akan lebih baik apabila kelopak bunga diiris-iris terlebih dahulu.
  4. Campurkan semua bahan, aduk selama 3 menit, dan diamkan selama 2 menit.
  5. Setelah campuran yogurt sudah siap, oleskan di wajah dan kulit tubuh sebagai krim malam sebelum tidur, atau gunakan sebagai masker wajah.
  6. Apabila kamu menggunakannya sebagai krim malam, bersihkan dengan busa sabun pada pagi hari. Apabila kamu menggunakannya sebagai masker, bersihkan dengan air hangat tanpa sabun setelah 20 menit.

Tips:

  • Menggunakan campuran ini sebagai krim malam setiap menjelang tidur dapat secara cepat dan efektif membuat warna kulit wajah lebih cerah.
  • Setiap sekali dalam sepekan gunakan campuran ini sebagai masker wajah untuk membuat wajah tampak lebih putih dan cerah.
  • Jangan lupa untuk senantiasa melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari, dengan menggunakan sunscreen atau sunblock.

Peringatan:

  • Bagi yang memiliki jenis kulit sensitif, jangan gunakan minyak sari bunga mawar/melati/lavender, karena dapat meningkatkan iritasi pada kulit sensitif. Juga, hindari menggunakan tetesan sari jeruk lemon secara berlebih, karena akan meningkatkan sensitivitas kulit.
  • Bagi yang memiliki tipe kulit berminyak, kamu boleh menambahkan jumlah tetesan buah jeruk lemon, hingga sekitar 6-8 tetes atau 2 sendok makan.
  • Gunakan selalu sunblock/sunscreen.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.