Friday, June 7, 2013

Konsep Strategi Pemasaran Dan Analisis Proses Bisnis

Strategi Pemasaran dalam Analisa Proses Bisnis
Terminologi Pemasaran
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan & inginkan lewat penciptaan serta pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Menurut W. Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.


KONSEP DARI INTI PEMASARAN MELIPUTI :
kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.

Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.

Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan &kesediaan untuk membelinya.

Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:
1) Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
2) Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3) Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4) Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)
5) Andalah yang menentukan (United Airlines)
6) Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).

JENIS KONSEP PEMASARAN

Dalam pemasaran terdapat 5(lima) konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi.
1) KONSEP PRODUKSI berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas.

Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2) Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik.

3) Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4) Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

5) Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


SISTEM PEMASARAN

SISTEM PEMASARAN (umum) adalah sekolompok item atau bagian-bagian yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu.

SISTEM PEMASARAN
(khusus) adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

dalam sistem pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan mencakup :
1. Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
2. Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
3. Target pasar.
4. Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
5. Kendala lingkungan (environmental constraints).


TIPE SISTEM PEMASARAN

Sistem Pemasaran dengan Saluran Vertikal
Pada sistem ini produsen, grosir & pengecer bertindak dalam satu keterpaduan dengan tujuan untuk :
 Mengendalikan perilaku saluran
 Mencegah perselisihan antara anggota saluran

2). Sistem Pemasaran dengan Saluran Horizontal .
Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.

3). Sistem Pemasaran dengan Saluran Ganda
Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen digabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.

STRATEGI PEMASARAN

Strategi Pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.

Dalam strategi pemasaran, ada 4(empat) faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :

1. Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.

2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

4. Segmentasi pasar
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Manfaat & Syarat Segmentasi Pasar
Sedangkan manfaat dari segmentasi pasar adalah:
a) Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran.
b) Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
c) Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
dapat diukur, dapat dicapai, cukup besar atau cukup menguntungkan, dapat dibedakan, dan dapat dilaksanakan

PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen merupakan tindakan-tindakan individu yang melibatkan pembelian penggunaan barang dan jasa termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut sebagai pengalaman dengan produk, pelayanan dari sumber lainnya.

Perilaku konsumen juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok kecil, keluarga serta aturan dan status sosial konsumen. Disini keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat. Keputusan orang ingin membeli juga dipenggaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup dan kepribadian serta konsep diri.


PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI
Ada 2(dua) tipe perilaku membeli, yaitu :

a. Perilaku pembelian yang kompleks
Disini konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga produk tinggi, jarang dibeli, memiliki resiko yang tinggi. Perilaku konsumen melalui proses tiga langkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan tentang produk tersebut. Kedua, membangun sikap, dan ketiga melakukan pilihan.

b. Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan
Disini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit perbedaan, diantara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk mencari yang lebih cocok.

Ada dua faktor yang menyebabkan seseorang mengambil keputusan untuk membeli, yaitu :
1. Sikap orang lain : keputusan membeli itu banyak dipengaruhi oleh teman-teman, tetangga, atau siapa saja yang dipercayai
2. Faktor-faktor situasi yang tidak terduga : seperti faktor harga dan pendapatan
 

Ruang Lingkup Analisa Proses Bisnis
1. Mengenal dasar-dasar proses bisnis dan area bisnis
2. Mengenal ruang lingkup analisa proses bisnis
3. Mengenal kemajuan teknologi sistem informasi pada area bisnis
4. Mengenal terkaitan teknologi informasi dan komunikasi pada proses bisnis
5. Model Proses Bisnis Pemasaran, Model Proses Bisnis Keuangan dan Investasi, Model Proses Bisnis Transaksi, Model Proses Bisnis SDM


TERMINOLOGI UMUM
 Proses adalah sekumpulan aktivitas yang mengubah masukan menjadi keluaran
 Aktivitas terkait dengan pengubahan status dari sebuah entitas
 Entitas adalah “benda” yang menjadi fokus kita
 Kebijakan adalah aturan main yang diterapkan pada organisasi
 Struktur Organisasi menunjukkan pembagian Sumber Daya Manusia yang terdapat pada sebuah organisasi


TERMINOLOGI PROSES BISNIS
Proses Bisnis adalah Kebijakan, Struktur Organisasi, Sumber Daya dan Aktivitas yang berjalan teratur pada sebuah organisasi.

TERMINOLOGI ANALISIS
1. Proses inventarisasi, memahami dan membentuk PEMODELAN terhadap entitas yang dipandang
2. Analisis membutuhkan parameter-parameter yang melengkapi proses bisnis di dalam sebuah organisasi

Lingkup Pemodelan Proses Bisnis
1. Pemodelan urutan proses (aktivitas) untuk mencapai tujuan usaha
2. Pemanfaatan sumber daya bersama (5M+i)
a. Man (SDM)
b. Money (Pembiayaan)
c. Method (Mekanisme)
d. Machine (Alat)
e. Material (Data/Bahan)
f. Informasi
3. Pemetaan kebutuhan data dan informasi untuk mendukung proses

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator