Wednesday, June 5, 2013

Cara mengatasi masalah jerawat

mengatasi jerawat 
Jerawat bisa sangat mengganggu penampilan, aktivitas, dan kepercayaan diri kamu. Jerawat juga bisa jadi merupakan tanda-tanda bahwa kamu kurang menjaga kebersihan kulit atau wajah, atau pertanda bahwa sedang terjadi perubahan hormonal di tubuh kamu, hingga penanda bahwa kamu sedang mengalami stres, kelelahan, atau banyak pikiran. Jadi, jangan pernah sepelekan masalah jerawat ini.
Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi jerawat menggunakan masker alami yang bisa kita buat sendiri di rumah. Yuk disimak. Siapa tahu berguna bagi kamu yang sedang mengalami masalah jerawat ini.

Cara mengatasi masalah jerawat dengan masker alami

Bahan yang digunakan

Bahan yang digunakan untuk membuat masker jerawat ini antara lain:
  • 2 lembar daun sirih
  • 1/2 sendok teh madu asli atau minyak zaitun

Cara membuat masker anti jerawat

Berikut ini langkah-langkah pembuatan masker anti jerawat alami:
  1. Haluskan 2 lembar daun sirih menggunakan sendok hingga mengeluarkan sari-sarinya.
  2. Campurkan dengan madu (atau minyak zaitun).
  3. Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka dan mudah dalam pembersihan.
  4. Oleskan ke seluruh area wajah, terutama area yang berjerawat. Dapat pula dioleskan pada punggung yang juga sering terdapat jerawat.
  5. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.
  6. Kompres wajah dengan air dingin (air es) selama 5 – 10 menit, agar pori-pori kulit kembali tertutup.
  7. Lakukan secara rutin 4x seminggu.
  8. Pastikan kulit senantiasa bersih setiap hari.

Bagaimana masker ini bisa mengatasi jerawat?

Masker jerawat yang terbuat dari daun sirih dan madu/minyak zaitun ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat, terutama jerawat yang diakibatkan faktor luar (kotoran, kuman, dll.). Daun sirih berkhasiat sebagai anti kuman, sehingga dapat dengan cepat mengatasi infeksi. Sementara madu atau minyak zaitun berkhasiat sebagai inflamasi, anti peradangan, dan menghindari mengurangi resiko terjadinya bekas luka jerawat. Selain itu, madu dan minyak zaitun juga berkhasiat untuk mengecilkan pori dan mengencangkan kulit, sehingga memperkecil peluang terjadinya infeksi susulan yang diakibatkan oleh kuman atau kotoran.
Untuk jerawat yang diakibatkan oleh perubahan hormonal, stres, atau kelelahan, dapat diatasi dengan mengatur asupan gizi, mengatasi stres, serta istirahat yang cukup. Perbaiki pola makan. Pastikan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh tercukupi. Atur pula jadwal olahraga, rekreasi, dan istirahat. Seimbangkan dengan jadwal aktivitas rutin.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator