Sunday, June 2, 2013

Cara mengatasi Blackberry lemot dan Lama Loading

Tips Blackberry - Beberapa penyebab BB menjadi lemot dan sering hang. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena terlalu banyak file sampah (cache) yang masih tersimpan di memori blackberry kita. File sampah tersebut terjadi karena beberapa hal sebagai berikut;
  1. Messenger atau Conversation yang tidak ditutup (BBM, Yahoo Messenger, Google Talk, dll)
  2. Memory log event dan memory history browser yang jarang dihapus.
  3. Aplikasi yang berat atau aplikasi-aplikasi  yang sering dibuka secara bersamaan.
Untuk mengatasi Blackberry lemot dan Lama Loading yaitu dengan cara membersihkan file-file sampah tersebut Ada beberapa cara yang lumayan bagus untuk mengatasi agar Blackberry tidak lemot dan sering hang.
Cara atasi Blackberry lemot yaitu :
  • Install aplikasi yang penting saja. Gunakan theme yang ringan dan aplikasi yang tidak dipergunakan sebaiknya di uninstall saja.
  • Batasi BBM contact dan BBM Group. Share PIN BB hanya kepada teman-teman atau saudara yang kita kenal saja. Leave BBM group yang tidak perlu.
  • Close BBM chat yang sudah selesai. Aktifkan chat history ke media card dengan cara BBM -> Options -> Save Chat History -> media card jika diperlukan. Dan lakukan clear BBM chat jika tidak diperlukan.
  • Maksimalkan penggunaan memori eksternal. Foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan ke dalam memori eksternal atau media card. Caranya setting: Menu BlackBerry -> Options -> Memory -> Ganti status media Card Support menjadi ON.
  • Close semua conversation yang tidak penting di messenger, seperti Yahoo Messenger YM, GTalk, MSN, jika messenger tersebut harus online terus menerus. Dan sign out -  close jika tidak diperlukan.
  • Delete semua messages yang tidak penting, baik itu email, sms maupun mms. Utamakan hapus email yang memiliki attachment besar. Saat delete email akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld dan On Handheld. Pilih salah satunya.
  • Delete phone call logs yaitu dengan cara: buka messages -> view folder -> phone call log -> menu -> delete prior.
  • Delete semua miss calls yaitu dengan cara: buka messages -> menu BB -> view folder -> missed calls -> menu -> delete prior.
  • Delete browser cache yaitu dengan cara: Menu BB -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history
  • Delete cache di aplikasi facebook, twitter, social media lainnya. Caranya: buka facebook -> menu BB -> options -> clear cache.
  • Delete event log yaitu dengan cara: Home Screen tahan tombol alt+LG+LG -> Menu BB -> Clear Log
  • Bersihkan temporary memory dengan cara: options -> security options -> memory cleaning -> menu BB -> clean now -> save.
  • Sering lakukan pembersihan memori dengan cara: Menu BB -> Options -> Security Options -> Memory Cleaning -> Ubah status ke posisi ENABLE -> Menu BB -> Clean Now
  • Sering lakukan Soft Reset. Caranya: tekan alt + shift (aA) bagian kanan + del secara bersamaan, tahan kira-kira 3 detik (sampai screen mati / cursor tidak bergerak).
  • Sering lakukan hard reset dengan cara matikan BB dan cabut baterai beberapa menit sampai daya listrik yang tertinggal. Pasang kembali baterai kembali jika sudah selesai.
Demikian beberapa cara atasi Blackberry lemot. Jika anda sudah melakukan cara atasi blackberry lemot di atas, tapi masih juga belum memperoleh perubahan, maka alternatif selanjutnya yaitu dengan cara wipe data atau security wipe.
Proses Wipe data atau security wipe ini akan menghapus seluruh data di Blackberry, mulai dari Phonebook, Contact BBM, SMS, AutoText dll. jadi sebelum melakukan Wipe data sebaiknya backup Blackberry kita lebih dulu dengan menggunakan Blackberry Desktop Manager. Setelah proses wipe data selesai, kita bisa mengembalikan (restore) data tersebut kembali. Aplikasi pihak ketiga tidak bisa di backup menggunakan Blackberry Desktop Manager. Untuk itu kita bisa menggunakan aplikasi lain misal BBSAK (BlackBerry Swiss Army Knife).
Ada alternatif lain cara atasi Blackberry lemot. Tapi cara ini terlalu ekstrim yaitu dengan cara memodifikasi OS Blackberry dengan menghapus aplikasi bawaan Blackberry yang tidak kita perlukan. Cara ini biasa disebut shrink OS Blackberry. Tapi sekali lagi, cara ini tidak semudah cara atasi blackberry lemot di atas. Dan juga membutuhkan master OS Blackberry yang sesuai dengan BB kita.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator