Thursday, May 2, 2013

Tips Menjadi Web Designer

Hal yang Harus Anda tahu sebagai Web Designer

Mendesain sebuah website saat ini tidaklah begitu sulit. Anda tidak harus mengerti semua syntax pada HTML karena udah banyak software yang diciptain buat mendisign sebuah website. Software-software tersebut banyak menyediakan kemudahan bagi penggunanya agar dapat menciptakan sebuah website yang sesuai dengan keinginan penggunanya.  Sebuah website terkadang terlihat bagus pada beberapa browser dan beberapa resolusi layar, namun pada browser yang berbeda kamu bahkan gak bisa membaca tulisan pada halamannya. Kejadian seperti ini sangatlah fatal adanya.

Misalkan saja, anda mencipkatan sebuah website yang menjual barang secara online, pada kenyataannya setengah dari pelanggan tidak dapat melihat halaman, menterjemahkan bagian-bagian yang hilang, dan lain sebagainya. Apa yang akan terjadi? Tentu saja banyak kemungkinan yang tentunya tidak anda inginkan terjadi.

Berikut ini beberapa poin yang penting dalam mendisain web, hampir semua poin ini cukup sederhana untuk digunakan sebagai aturan utama. Saya asumsikan anda telah pandai mendesain sebuah website.
1.     Sebuah gambar mengisyaratkan ribuan kata. Sebuah file gambar biasaya berukuran besar. Gambar, tidak diragukan lagi mengubah penampilan dari halaman, namun tidak disarankan untuk memasukkan halamanmu dengan banyak gambar. Kebanyakan dari pengunjung menggunakah koneksi dial-up dan rata-rata waktu untuk membuka halaman seharusnya tidak lebih dari 5 detik. Jika lebih, kemungkinan paling sering adalah pengunjung meng-klik hal lainnya. Jadi, selama 5 detik ini, semua gambar pada halaman harus telah tampil. Jadi, jaga ukuran halamanmu kurang dari 30k.
Bagaimana caranya?
·         Pertama cobalah mengerti bahwa kebanyakan dari pengunjung websitemu mempunyai layar 15-19 inchi, hanya dapat melihat 216 warna, dan hanya dapat mendownload 28.8 kb per detik
·         Usahakan semua gambar dan grafik sebisa mungkin 4-6k.
·         Saat mendisain, ingat banyaknya warna yang digunakan, memang sangat sulit melakukannya sedangkan banyak sekali warna yang ada. Banyaknya warna yang aman untuk website anda adalah 216. gunakan warna yang solid. Semakin banyak warna yang ada pada gambar, semakin besar ukuran gambar tersebut.
·         Gunakan banyak disain sedikit grafik agar halaman web dapat didownload lebih cepat dan terlihat baik. Ingatlah, “sometimes less is more”. Jika anda berpikiran bahwa grafik atau gambar yang anda pajang saat ini akan menarik pengunjung anda kembali pada website anda, maka pajanglah gambar atau grafik itu, jika jawaban anda “mungkin” atau “itu terlihat bagus disana”, hilangkan itu. Pengunjung akan sangat menghargai tidak menunggu lebih lama dari seharusnya. Webisite disini untuk membuat hidup kita lebih mudah bukan untuk duduk menunggu webiste yang berat mendownload isinya.
·         Poin penting lainnya jika kamu harus menggunakan gambar sebagai navigasi, berikanlah sebuah rencana kedua pada pengguna yang tidak akan melihat “fantastic button” buatan anda yang anda habiskan berjam-jam untuk mendisainnya, yaitu dengan atribut ALT text pada tag IMG anda. Browser   modern banyak menawarkan pilihan untuk mematikan gambar. Contohnya
 ”nama
·         Atribut lain yang membuat halaman anda terbuka lebih cepat adalah atribut HEIGHT dan WIDTH. Tanpa ini browser harus menunggu untuk image didownload tanpa diketaui berapa banyak tempat yang dihabiskan untuk gambar tersebut
2.     Navigasional dan Fungsional. Tak ada gunanya membuat webiste anda sebuah mahakarya seni jika pengguna tidak mengetahui arah disekitar mereka. Bahkan setelah mereka mencapai halaman utama, mereka tidak mempunyai petunjuk bagaimana caranya menuju apa yang ingin mereka tuju
3.     terutama pada pemula, navigasi adalah sesuatu yang disebut sebagai Misteri. Artinya, hanya jika mouse anda mengarah pada gamabr, anda tidak tahu kemana link tersebut membawa anda. Hanya saat mouse hover bekerja anda dapat melihat link sebenarnya. Ini menyulitkan, sebab pengguna harus mengarahkan mouse mereka terus-menreus pada tempatnya untuk mencari tahu bagian mana yang merupakan link, dan yang mana yang bukan
4.     Ikuti prinsip K.I.S.S : Keep it simple, stupid!
5.     Jika seluruh halaman anda dalam sebuah TABLE, halaman tidak akan tampil pada layar sampai semua table terdownload. Jadi bagi tabelnya menjadi dua bagian, dan biarkan yang paling atas menjadi table yang pendek yang menampilkan Header halamanya dan beberapa link navigasi. Jadi sekarang, segera setelah mendownload bagian ini pada halaman, pengguna dapat melihat Header halaman dan menyiapkan mereka pada penantian yang panjang kedepan, asal jangan biarkan mereka meninggalkan website anda karena koneksi yang lamban.
6.     Hindarilah fungsi spesifik browser. Karena beberapa fitur yang mendukukng pada suatu browser tidak mendukung pada browser yang lain.
7.     menciptakan jendela browser yang baru adalah hak dari pengguna, jangan mencoba untuk memunculkan jendela baru pada layar pengguna. Semua link harus dibuka pada jendela yang sama. Walaupun dalam beberapa kasus, disarankan untuk memberikan pesan pada pengguna bahwa link ini akan dibuka pada jendela yang baru
8.     ingatlah bahwa jenis font juga sangat penting. Mungkin saja font yang anda gunakan pada website anda akan tampil berbeda pada komputer pengguna karena mereka tidak mempunyai font yang sama pada komputer mereka. Jadi gunakanlah jenis font yang terdapat pada komputer pada umumnya.
9.     gunakanlah jenis font yang dapat dibaca oleh orang pada umunya dan yang  lazim digunakan diantaranya adalah verdana, arial, trebuchet Ms, Comic Sans MS, Courier dan Tahoma. Usahakan font yang anda gunakan bukanlah versi terbaru.
10.  Trik disain baru yang secara cepat digunakan pada website saat ini adalah bar navigasi yang fungsional yang menuntun anda lurus pada bagian website. Yang terlihat seperti berikut :
Home > Section > Subsection > Page
Apa yang lebih baik dari pada memerikan pengguna cara mudah mengunjungi website anda dan menginformasikan mereka dimana mereka berada!
11.  Tren baru yang lain adalah pada sebuah website tidak semua mengundang. Beberapa diantaranya datang dengan “revolutionary plug-ins” dan ini diragukan. Kebanyakan web disainer amatiran menggunakan mereka. Pada kenyataanya kebanyakan orang tidak memiliki mereka terinstal, dan tidak perduli akan itu. Ini bukan cara yang baik untuk dilakukan.
12.  Java adalah teknologi yang sering terlewatkan pada halaman web. Banyak hal yang dapat anda lakukan dengan java, yang tidak berarti harus anda gunakan semuanya. Java dikenal berjalan lebih lambat, dan java telah dikenal dapat merusak beberapa browser. Ini bukanlah hal yang disukai oleh semua orang, terutama jika telah menjalankan tugas menjalankan gambar pada sebuah slideshow.  Intinya, gunakan tapi jangan terlalu.
13.  Jangan pernah mengabaikan pentingaya tag META. Mereka dapat membuat semua perbedaan antara pengguna yang datang pada website anda menjadi kompetitor anda hanya karena mereka tidak dapat menemukan punya anda. Search Engineh dengan berat (rely) pada kata kunci dan deskripsi tag meta untuk mempopulasikan database mereka. Deskripsi harus kecil, mengartkani kesimpulan dari seluruh halaman yang masuk akal (make sense)
14.  buatlah website untuk semua browser, semua resolusi dan semua warna. Jika anda menampilkan halaman website yang tampak bagus dengan browser mereka sendiri dan resolusi sendiri, itu membuat mereka merasa “ada dalam rumah” dan anda akan mendapat respon yang lebih baik. Bandingkan dengan website yang menyatakan  “Terlihat baik dengan browser X pada resolusi 1024x768”. Apa yang akan mereka lakukan jika resolusi mereka tidak mencukupi? Apakah mebeli monitor baru yang mendukung resolusi tinggi ini atau dengan mengklik website yang lain?

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator