Wednesday, May 15, 2013

Perawatan Wajah Secara Alami


Cara Melakukan Perawatan Wajah Secara Alami
Wajah merupakan bagian kulit paling sensitif dari tubuh. Bagian ini pula yang pertama dilihat orang ketika bertemu. . Wajah yang sehat, cantik dan terawat akan memberikan kesan yang baik pada first impression. Banyak wanita yang sebenarnya cantik, namun karena kurang memahami cara merawat kuulit wajah membuat mereka kurang menarik. Karena biasanya wajah yang bersih akan menimbulkan rasa percaya diri. Banyak cara dilakukan wanita sekarang untuk merawat wajah, namun mereka biasanya melakukan secara instan, mulai dari yang sederhana seperti menggunakan produk kecantikan cream wajah hingga yang paling ekstrim seperti operasi, itu semua dilakukan hanya untuk dapat terlihat cantik tanpa memperdulikan efek samping yang akan dialami. Tak jarang efek yang timbul sangat parah, seperti alergi hingga kanker kulit pada wajah. Namun ada cara alami yang dapat kita lakukan untuk merwat wajah seperti yang dilakukan nenek nenek kita jaman dulu.  

Perawatan Wajah Pertama
sebelum tidur setidaknya wajah kita di gosok-gosok dengan menggunakan irisan tomat atau dengan irisan ketimun. Atau yang lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampuri dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Atau anda bisa memblendernya lalu hasil blender tadi diperas menggunakan kain tipis untuk mengambil air perasannya. Air ketimun tersebut terus disapukan pada kulit muka kita dengan kapas sampai merata. Atau anda bisa menambahkan madu sedikit dengan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih baik lagi.
Paginya saat sudah bangun tidur kita mencari handuk kecil terus kita masukkan air hangat dan diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah digosok dengan airketimun tadi. Air hangat gunanya untuk menghilangkan dan meluluhkan lemak-lemak pada kulit muka. Yang kedua kita mencari handuk kecil lagi kemudian dimasukkan ke dalam air es. Caranya juga sama handuk tersebut diperas sedikit kemudian diusapkan pada wajah yang telah di sapu dengan air hangat tersebut.  air es atau air dingin berguna untuk merapatkan kembali pori-pori yang tadi terbuka akibat air hangat.

Perawatan Wajah Kedua
Cara perawatan kedua adalah dengan memakai bedak dingin. Bedak dingin sudah terkenal jaman dahulu, terutama oleh gadis-gadis Melayu. Di Kalimantan, khususnya suku Dayak dan Banjar, kebiasaan memakai bedak atau pupur dingin sudah menjadi tradisi.

Bahan untuk membuat pupur dingin :
 

  • Tepung beras 1/4 liter
  • Tepung bengkuang/tepung besusu 1/4 liter
  • Temu giring 1 ons
  • Kancur 1 ons
  • Lempuyang 1 ons
  • Buah pinang 10 buah
  • Adas pala waras 1 sendok makan
  • Akar lara setu 1 ikat kecil
  • Air dingin secukupnya
  • Bibit minyak wangi 10 cc

Cara membuat :

  • Cara mengerjakannya hampir sama dengan cara membuat param yaitu beras dicuci uang bersih terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya hilang. Kalau sudak kurang lebih satu jam beras tersebut disaring kemudian ditumbuk yang halus dibuat tepung diayak di tambah dengan tepung bengkuang.
  • Bahan temu giring, kencur, lempuyang, dan buah pinang dikupas kulitnya lalu diiris tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering.
  • Bahan adas pula waras dan akar lara setu dicuci lalu dijemur.
  • Ramuan pertama dan kedua tadi dicampur jadi satu ditumbuk kemudian diayak.
  • Selanjutnya dicampur dengan air secukupnya dan diremas-remas hingga menjadi adonan yang pekat seperti adonan dalam membuat roti.

Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, hanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya. Dan bahan bahannya pun tidak perlu mahal karena banyak terdapat disekitar kita.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator