Sunday, May 5, 2013

Pengertian Strategi Fungsional, Rantai Nilai, dan Keunggulan Kompetitif

Ada 4 cara menciptakan keunggulan kompetitif :
-          Mencapai keunggulan efisiensi
Efisiensi adalah suatu ukuran dari sejumlah input yang dibutuhkan untuk memproduksi sejumlah output yang dikeluarkan. Semakin sedikit input yang dibutuhkan untuk memproduksi output yang dikeluarkan, semakin tinggi efisiensi dan semakin rendah biaya yang dikeluarkan.
-          Mencapai keunggulan kualitas
Kualitas merupakan produksi barang dan jasa yang memiliki cirri-ciri (seperti: bentuk, gaya, penampilan, dan tahan lama) yang dipandang para pelanggan sebagai suatu keunggulan yang ditemukan di dalam produk kompetitif.
-          Mencapai keunggulan inovasi, kecepatan, dan flesibilitas
Inovasi yang sukses memberikan suatu organisasi suatu produk yang unik/berbeda dari pesaing. Inovasi menambah nilai pada suatu produk, dan membiarkan suatu organisasi untuk lebih jauh lagi melakukan diferensiasi dari pesaing dan menarik konsumen untuk membayar harga premium untuk produk yang unik.
-          Mencapai keunggulan responsive terhadap konsumen
Suatu organisasi yang responsive kepada konsumen mencoba untuk memuaskan kebutuhan mereka dan memberikan secara tepat apa yang mereka inginkan. Manajer dapat meningkatkan respon dengan menyediakan sevis yang memuaskan setelah penjualan dan dukungan serta bekerja sama dengan konsumen untuk menyediakan produk dan jasa yang ditingkatkan di masa dating.

Strategi Fungsional dan Rantai Nilai Manajemen
-          Strategi tingkat fungsional adalah rencana dari suatu tindakan untuk meningkatkan kemampuan dari suatu fungsi organisasi untuk menggambarkan aktivitas kerja spesifik dengan tujuan menambah nilai pada barang dan jasa suatu organisasi.
-          Rantai nilai merupakan suatu rangkaian urutan aktivitas fungsional yang dibutuhkan untuk merubah input (seperti: konsep produk baru, bahan baku, bagian-bagian komponen, atau keahlian professional) ke dalam barang jadi atua nilai jasa konsumen dan keinginan membeli.
-          Rantai nilai manajemen merupakan pengembangan dari seperangkat strategi tingkat fungsional yang mendukung tingkat strategi perusahaan bisnis dan memperkuat keunggulan kompetitifnya.
-          Aktivitas fungsional dan rantai nilai
o   Pengembangan produk: inovasi dan meningkatkan produk yang menambah nilai pada suatu produk.
o   Pemasaran: membujuk dan meyakinkan konsumen untuk membeli produk tersebut.
o   Manajemen bahan baku: mengawasi bahan baku menjadi barang jadi serta pengiriman kepada konsumen.
o   Produksi: bertanggung jawab dari pembuatan sampai mengubah input menjadi output.
o   Penjualan: menempakan konsumen, menginformasikan dan membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut.
o   Layanan pelanggan: menyediakan jasa dan bantuan setelah penjualan.

Meningkatakan Kepekaan  Terhadap Pelanggan
Pelanggan sangatlah penting untuk kelangsungan suatu organisasi, jadi manajer harus secara tepat mengidentifikasi siapa pelanggan mereka dan mengejar strategi yang berorientasi pada produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
CRM merupakan suatu teknik menggunakan IT untuk mengambangkan suatu jalinan hubungan dengan pelanggan untuk memaksimalkan nilai suatu organisasi.
Meningkatkan Kualitas
Produk berkualitas tinggi mencakup ciri-ciri (seperti: keunggulan bentuk, keistimewaan, tahan lama, dan bantuan setelah penjualan) dirancang untuk dihubungkan dengan kebutuhan konsumen.

Manajemen Total Kualitas (TQM)
Merupakan suatu teknik manajemen yang berfungsi dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa suatu organisasi.
Beberapa langkah dalam menerapkan program TQM yang sukses:
1.      Bangun komitmen organisasional pada kualitas
2.      Fokus pada pelanggan
3.      Mencari cara untuk mengukur kualitas
4.      Menetapkan tujuan dan menerapkan insentif
5.      Mengumpulkan masukan dan keluaran dari karyawan
6.      Identifikasi cacat-cacat dan jejak mereka kepada sumber mereka
7.      perkenalkan tepat pada waktunya sistem persediaan
8.      pekerjaan erat dengan persediaan
9.      desain untuk merampas produksi
10.  menghancurkan penghalang-penghalang antara fungsi-fungsi


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.