Friday, May 24, 2013

Pengertian SEO dan Kunci SEO untuk Blog

Apa itu SEO untuk blog ?
Secara sedarhana, SEO atau seach engine optimization untuk blog adalah teknik-teknik yang di gunakan untuk memaksimalkan posisi rangking sebuah blog di mata mesin pencari (search engine). Semakin tinggi pisisi ranking sebuah blog di mata mesin pencari, misalnya  Google Seach Engine, maka semakin besar peluang mendapatkan traffic pengunjung dalam jumlah besar.

Dalam kacamata search engine optimization (selanjutnya di tulis SEO), terdapat dua ranah penting yang harus di perhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog di mata mesin pencari (search engine). Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua, off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog.
Kita akan mencoba mengupas kunci menguasai SEO untuk blog berdasarkan kedua ranah optimasi seperti di jelaskan di atas.
Kunci  SEO untuk Blog Anda
ON-PAGE OPTIMIZATION
Setidaknya terdapat dua elemen utama SEO dalam ranah on-page optimization. Pertama, blog attribute. Kedua, content attribute.
BLOG ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika anda baru akan memulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO bagi blog anda adalah:
1.       Nama Domain
Nama domain adalah alamat URL blog anda. Meskipun memiliki peran dalam SEO, namun saat in nama domain tidak lagi di perhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, anda tidak perlu lagi terlalu terobsesi untuk memasukkan kata kunci yang anda bidik sebagai nama domain. Akan lebih baik apabila anda berusaha menciptakan nama domain yang catchy, mudah di ingat dan mudah di lafalkan.
2.       Nama blog
Nama blog bisa sama, namun bisa pula berbeda dengan nama domain blog anda. Dalam kacamata SEO, nama blog memiliki peran penting. Ada baiknya anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci yang anda bidik. Meskipun demikian, jangan menciptakan nama blog yang susah di ingat, terlalu generik atau pun terlalu panjang. Maksimal 80 karakter saja.
3.       Meta tag
Secara sederhana, meta tag adalah uraian ringkas mengenai isi situs dan kata kunci yang anda bidik dengan blog anda. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tidak lebih dari 80 karakter saja.
4.       Desain dan layout blog
Desian dan layout blog (theme) memiliki nilai cukup penting dalam kacamata SEO. Kebanyakan platform blog saat ini sebenarnya telah bersifat SEO-friendly. Namun sebagai kunci, patut di periksa bahwa struktur kode konten harus selalu berada di bagian paling atas ketimbang bagian-bagian yang lain.
5.       Gambar
Dalam kacamata SEO, kebanyakan atribut gambar akan memberikan nilai tersendiri, terutama untuk hasil pencarian images melalui mesin pencari. Panjang atribut gambar sebaiknya tidak lebih dari 40 karakter.
6.       Atribut HTML
Atribut HTML terutama berkaitan dengan struktur heading tag HTML. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.
CONTENT ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu di perhatikan ketika hendak menulis sebuah posting konten untuk blog anda adalah:
1.       Kata kunci
Kata kunci adalah kata yang menjadi topik atau ide utama di dalam sebuah artikel di dalam blog. Dalam kacamata SEO, kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang sangat penting . melalui kata kunci inilah mesin pencari akan memberikan nilai sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (search engine result pages). Semakin tepat jumlah dan pilihan kata kunci yang di pergunakan, semakin besar peluang optimasi mesin pencari yang bisa di berikan.
2.       Jumlah kata kunci (keywords)
Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Namun demikian, sebagai  panduan dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-5 kata kunci yang di bidik di dalam setiap artikel. Terlalu banyak kata kunci dalam sebuah artikel justru akan memberikan efek negatif karena cenderung akan di anggap sebagai spam content oleh mesin pencari .
3.       Variasi kata kunci (keywords)
Selain jumlah, faktor penentu SEO yang lain adalah variasi kata kunci. Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang di bidik tidak tepat sama dan sekedar di ulang-ulang. Alih-alih mengulang-ulang sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila anda menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang di bidik. Hal ini selain untuk mencegah stigma spam content oleh mesin pencari, juga akan semaikn memperkaya perbendaharaan kata kunci yang anda bidik.
4.       Posisi kata kunci (keywords)
Sebagai panduan, posisi kata kunci sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya agar isi artikel tetap alami, kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri.
OFF PAGE-OPTIMIZATION
Hal-hal yang perlu di perhatikan adalah off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog adalah :
1.       Jumlah backlink
Secara sederhana, backlink adalah link yang berasal dari blog lain ke blog anda. Semakin banyak backlink dan semakin besar pengaruhnya terhadap ranking SERP blog anda di mesin pencari anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:
·         Meminta backlink kepada blogger lain.
·         Melakukan link exchange dengan blogger lain
·         Membuat backlink sendiri dari dummy blog
·         Melakukan linkbait
·         Menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada anda.
2.       Kualitas backlink
Backlink yang berkualitas yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
·         Berasal dari blog setopik
·         Berasal dari authority blog (minimal PR 7)
·         One-way backlink
·         Tidak berasal dari link-farm
3.       Natural backlink
Natural backlink adalah backlink yang di berikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:
·         Link di letakkan di dalam kalimat (tidak di dalam blogrol)
·         Berupa variasi kata kunci
·         Berupa gabungan inbound dan outbound link
·         Link tidak berasal dari IP yang sama
·         Link berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)
Dengan melakukan atau memeriksa kembali poin-poin kunci SEO untuk blog di atas, supaya memaksimalkan posisi ranking di SERP (search engine pages) bagi blog anda niscaya akan mendapatkan hasil seperti yang anda harapkan.


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.