Saturday, May 18, 2013

Cara Memberi Label Pada Objek Grafis

Label adalah teks atau informasi tabular yang ditempatkan pada objek grafis atau peta. Label rnemberikan keterangan terhadap data grafis sehnigga informasi yang ditampilkan menjadi lebih komunikatif. Beberapa karakteristik dari label adalah:
  • Label bukan merupakan teks atau objek dari layer kosmetik
  • Label adalah atribut dari data grafts. Teks dari label terkoneksi dengan objek grafis. Perubahan data menyebabkan perubahan label secara automatis.
  • Label selalu terpilih (selectable) dan dapat diedit (editable). Label tersimpan dalam workspace.
Pemberian label pada peta dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara automatis dan secara interaktif.

Label Automatis

Pemberian label secala automatis dapat dilakukan melatui layer control. Sebagai latihan, kita akan menggunakan Tabel Bali. Urutan kerja pemberian label automatis adalah sebagai berikut.
  1. Buka Tabel Bali melalui File ► Open.
  2. Pilih menu Map ►  Layer Control, kotak dialog berikut muncul.
  3. Untuk menampilkan label secara automatis maka aktifkan kotak cek yang paling kanan pada layer Bali seperti gamba di atas. Properti Label. perlu diatur agar sesuai dengan kebutuhan dengan klik Label yang ada di samping kanan. Kotak dialog label option akan tampil seperli gambar berikut
  4. Aturlah properti label sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini diberikan penjelasan tentang opsi label yang pertu diatur
    • Label with adalah field atau kolom yang akan digunakan sebagai label.
    • Visibility menentukan apakah label akan ditampilkan pada peta atau  tidak. On berarti label akan ditampilkan, Off artinya tidak akan tampil dan Display with range berarti label baru akan ditampilkan bila layer di-zoom pada kisaran yang ditentukan.
    • Allow duplicate text, bila kotak cek ini diaktifkan maka MI Pro akan mengizinkan label yang sama ditampilkan lebih dari satu kali.
    • Allow Overlapping Text, mengizinkan label yang satu dengan yang lainnya overlap.
    • Label Partial Object, label biasanya ditempatkan pada centroid (pusat) objek. Bila objek tampak hanya sebagian di layar dan centroid tidak tampil, maka label tetap akan ditampilkan bila kotak cek ini diaktifkan.
    • Maximum Labels, jumlah maksimum label yang akan ditampilkan.
    • Style, mengatur format font label, bila diklik kotak dialog berikut akan muncul.
    Pada kotak style ini kita dapat mengatur jenis font, ukuran, warna, dan asesoris lainya.
    • Label Lines, ada tidaknya callout atau garis penghubung antara centroid dengan label. None tidak ada garis, Simple ada gariis penghubung, Arrow ada garis dengan tanda panah. Anda dapat mengatur warna dan tebal yang digunakan dengan klik tanda silang yang ada sebelah kanannya, kotak dialog berikut akan muncul.
    • Position, menyatakan letak label dan pusat (centroid) Tanda belah ketupat menyatakan pusat dan segi empat adalah label. Pilih salah satu dari 9 pilihan yang ada
    • Rotary Label with Line, ini hanya bertaku bagi label garis. Bila kotak cek diaktifkan maka label akan dibuat sejajar dengan objek garis.
    • Label Offet, jarak dari centroid ke label dengan satuan point.
    Pengaturan properti label di atas juga berlaku untuk pembuatan label dengan jalan interaktif.

Label lnteraktif

Penggunaan fasilitas label automatis memang cara yang paling cepat untuk melabeli peta. Tetapi metode ini sering kurang memuaskan, karena posisi label pada peta sering tidak sesuai dengan kebutuhan. Ada label yang overlap, ada juga yang tidak ditampilkan sama sekali. Oleh sebab itu, agar tampilan label menjadi lebih baik, menarik dan komunikatif, perlu dilakukan pemberian label secara interaktif, atau dilakukan kombinasi antara pelabelan secara automatis dan interaktif.
Label interaktif dapat dibuat dengan 2 cara, yaltu:
  1. Mereposisi atau mengedit label automatis. Bila suatu yang dipasang secara automatis dilakukan reposisi (di pindahkan posisinya dari posisi asal) atau editing, maka label tersebut berubah menjadi label interaktif. Reposisi label dilakuka dengan men-drag label ke tenpat yang diingkan. Sedangkan editing label dilakukan dengan klik ganda suatu label. Kotak dialog edit label disajikan pada gambar berikut.
  2. Menggunakan toolbar label. KlIk toolbar label kemudian klik pada bagian peta yang akan dilabeli.

Menghapus Label

Untuk tidak menampilkan semua label pada peta, baik label automatis maupun interaktif, pilihlah Off pada Visibility di kotak dialog Label Option. Sedangkan untuk tidak mengaktifkan label automatis, dilakukan dengan cara menghilangkan tanda cek pada kotak  cek label (kotak paling kanan) pada kotak dialog Layer Control.
Sementara untuk menghapus label interaktif secara individual (satu per satu) dilakukan dengan menandai label yang akan dihapus kemudian tekan tombol Deletemelalui keyboard atau menggunakan menu Edit ► Clear, sedangkanuntuk menghapus label interaktif secara keseluruhan, dilakukan dengan  menu Map ► Clear Custom Labels. Bila label otomatis dihapus dengan tombol Delete, maka gunakan menu Map ► Clear Custom Labels untuk memunculkannya kembali.

Menyimpan Label

Perlu diketahui bahwa perbedaan antara label automatis dengan label interaktif juga terletak pada cara penyimpanan label. Label automatis tidak perlu disimpan, karena dengan mudah dapat dimunculkan dan dinonaktifkan. Bila suatu peta diisi Label automatis dan tabel tersebut ditutup, maka bila tabel tersebut dibuka lagi, label tidak ditampilkan karena pengaturan dikembalikan ke bentuk default. Bila ingin memunculkannya kembali, gunakan cara di atas.
Di lain pihak, label interaktif perlu disimpan. Label interaktif disimpan, pada workspace. Bila membuat label interaktif dan keluar tanpa menyimpannya dalam workspace, MI Pro akan memberikan konfirmasi pemilihan Save untuk menyimpan atau Discardbila tidak ingin menyimpan label tersebut.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator