Saturday, May 11, 2013

Cara Melindungi Data Anda Di Awan Menggunakan Cloudfogger

Penyimpanan dengan sistem awan (cloud) saat ini banyak diminati oleh pengguna komputer. Bahkan banyak server luar yang menyediakan penyimpanan data cloud ini secara gratis, pengguna hanya diminta untuk melakukan registrasi awal dan selanjutnya pengguna sudah akan mendapatkan kapasitas tertentu.
Cara mudah melindungi data di Cloud Server
Dengan semakin banyaknya penyimpanan awan, terkadang pengguna khawatir dengan tingkat keamanan dari data yang dititipkan pada penyimpanan awan ini. Memang dari pihak pengelola server cloud ini telah memberikan fasilitas keamanan terhadap data yang disimpan, tetapi kita terkadang masih khawatir.
Untuk menyelesaikan kekhawatiran ini, Anda bisa menggunakan aplikasi keamanan bernama Cloudfogger. Aplikasi ini bersifat gratis dan anda bisa mengunduhnya melalui website resmi di http://www.cloudfogger.com/en/.
Cloudfogger digunakan untuk melakukan proteksi atau perlindungan ter-enkripsi (256bit AES) pada data yang Anda miliki dan tersimpan pada penyimpanan awan (cloud). Sehingga data akan terlindungi dan tidak akan bisa di-akses atau digunakan, selama belum melakukan fitur un-lock pada Cloudfogger.
CloudFogger, layanan untuk mengamankan data di Cloud Server
Setelah berhasil mengunduh dan menginstal di komputer Anda (Windows dan Mac OS), untuk pengguna awal akan diminta membuat account sebagai syarat pertama sebelum bisa menggunakan semua fitur dari Cloudfogger.
Selanjutnya Anda diminta untuk menentukan data, nama penyimpanan awan apa yang ingin dilakukan proteksi oleh Cloudfogger. Pada penulisan artikel ini, penulis melakukan proteksi data pada penyimpanan awan Dropbox.
Contoh data yang ingin diamankan menggunakan aplikasi Cloud
Anda bisa juga melakukan proteksi pada lebih dari satu penyimpanan awan. Klik next untuk melanjutkan proses, lakukan beberapa pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya Cloudfogger akan memberikan informasi jika proses proteksi telah berhasil.
Integrasi CloudFogger dengan layanan lain seperti DropBox
Jika proses proteksi ini telah dilakukan oleh Cloudfogger, maka Anda tidak akan bisa mengakses data yang berada di penyimpanan awan. Anda akan diminta membuka proteksi tersebut dengan melakukan login pada aplikasi Cloudfogger.
Proses login dan verifikasi di CloudFogger
Disaat Anda menggunakan smartphone untuk mengakses data di awan, Anda masih tetap bisa membuka kunci keamanan (un-lock) pada Cloudfogger ini. Anda bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cloudfogger.cf (Android) dan https://itunes.apple.com/us/app/cloudfogger/id522342963 (iOS).

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator