Friday, May 17, 2013

Apa saja Tools Business Intelligence?

Tools dalam business intelligence merupakan jenis dari software aplikasi yang di desain untuk membantu proses analisa dan representasi data dalam business intelligence (Nirwasita, 2008), yang terdiri dari :

Digital Dashboard

Juga dikenal sebagai Business Intelligence Dashboard, Enterprise Dashboard, atau Executive Dashboard, merupakan summary dalam bentuk visual dari suatu data bisnis yang menampilkan kondisi bisnis melalui metrics dan Key Performance Indicators (KPIs).

Online Analytical Processing

Dikenal sebagai OLAP (termasuk juga HOLAP, ROLAP dan MOLAP), kemampuan managemen, pengambil keputusan dan sistem informasi eksekutif yang memberikan support untuk menganalisa data yang interaktif dari data yang besar dalam berbagai perspektif.

Reporting

Perangkat Lunak Reporting mengenerate view agregasi dari data untuk menjaga agar pihak managemen selalu mendapatkan informasi tentang kondisi perusahaan mereka.

Data Mining

Ekstraksi dari informasi pemakai dari database dengan mengutilisasi software yang dapat mengisolasi dan mengidentifikasikan pattern yang sebelumnya tidak terdeteksi atau trend dari suatu data dari keseluruhan data yang berjumlah besar.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator