Sunday, April 14, 2013

Software web design gratis


Untuk membuat sebuah hasil karya web design yang baik tentunya memerlukan kematangan dalam pengetahuan serta dukungan dari alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatanya. Termasuk Software web design yang kita pilih. Banyak sekali program aplikasi/software yang bisa kita gunakan dengan gratis dan bisa didapatkan dengan mudah diinternet.

1. Komodo Edit

Komodo Edit adalah sebuah aplikasi gratis yang banyak digemari oleh para desainer web. Program Komodo Edit ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap terutama dalam penyusunan kode HTML dan CSS. Aplikasi ni juga memiliki fasilitas pengelolaan fitur tambahan (extentions) seperti pilihan bahasa dan dukungan kompatibilitas script dan tambahan lainnya.
Komodo tersedia dalam dua versi yaitu Komodo Edit and Komodo IDE. Dan bisa digunakan untuk Linux, Mac OS X dan Windows.
Anda bisa download Komodo Edit di alamat ini : http://www.activestate.com/komodo-edit/downloads

2. Aptana Studio

Aptana Studio adalah program web design yang lebih focus pada HTML, CSS dan Javasript walaupun masih menyediakan fitur-futur pendukung standar lainya. Sangat mudah jika digunakan untuk pengembangan aplikasi web karena cukup fleksibel dan mudah cara penggunaanya.
Anda bisa download Aptana Studio di alamat : http://www.aptana.com

3. NetBeans

NetBeans IDE adalah IDE Java yang dapat membantu Anda membangun aplikasi web. Seperti kebanyakan IDE, NetBeans pada awalnya memang akan terasa sedikit berbeda karena belum terbiasa. Tapi saya yakin jika belajar menggunakannya dari hal-hal yang sederhana pasti ini akan sangat membantu anda. Tetapi sekali Anda terbiasa untuk itu Anda akan ketagihan. Salah satu fitur bagus adalah kontrol versi termasuk dalam IDE yang benar-benar berguna bagi orang yang bekerja di lingkungan pengembangan yang besar.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.netbeans.org

4. Bluefish

Bluefish dirancang dan dikembangan dengan fitur penuh di lingkungan linux, akan tetapi juga tersedia versi untuk Windows dan Macintosh. Penulisan kode script memang agak sensitif oleh karena itu memerlukan kehati-hatian yang cukup tinggi. Tapi sisi lainya Bluefish memiliki fasilitas auto complete untuk banyak bahasa pemrograman web seperti HTML, PHP, CSS, JSP dan lainya. Memiliki juga sistem pengelolaan project dan penyimpanan otomatis dengan jeda waktu tertentu sehingga lebih aman jika terjadi putusnya aliran listrik.
Anda bisa download aplikasi ini di alamat berikut : http://www.bluefish.openoffice.nl/

5. CoffeeCup Free HTML Editor

CoffeeCup Free HTML editor adalah salah satu editor yang saya sukai karena cukup sederhana dengan fitur standard yang menurut saya sangat mencukup untuk melakukan pengembangan aplikasi berbasis web. Tapi untuk menggunakan fasilitas lengkapnya kita harus memiliki versi penuhnya.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.coffeecup.com/free-editor/

6. HTML-Kit

HTML-Kit adalah editor web design yang juga bisa anda pilih, karena memiliki keunikan serta performa yang cukup tinggi dalam proses pembuatan desain halaman web. Tambah lagi aplikasi ini memiliki sistem validasi script sehingga cukup membantu kita dalam menghasilkan script yang memang kompatible untuk semua browser.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.htmlkit.com/

7. Eclipse

Eclipse merupakan editor web design yang sangat lengkap karena memiliki fitur pengembangan penuh khususnya aplikasi web. Eclipse ini memiliki keunggulan pada bagian plugint yang bisa diinstall maupun uninstall sesuai keperluan. Banyak web developer menggunakan ini karena dukungannya yang cukup lengkap terhadap pilihan bahasa pemrograman yang digunakan.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.eclipse.org/downloads/

8. SeaMonkey

SeaMonkey adalah salah satu produk Mozilla yang dikemas dalam all-in-one Internet application suite. Aplikasi ini lengkap termasuk web browser, email dan newsgroup client, IRC chat client, dan composer web page editor. Salah satu keunikan aplikasi ini adalah integrarsinya dengan browser dan FTP sehingga kita dengan mudah melakukan uji coba live view.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.seamonkey-project.org

9. Alleycode

Alleycode adalah editor web gratis yang berfokus pada optimasi mesin pencari. Ada banyak fitur built-in dan link ke website Alleycode sehingga Anda dapat memeriksa peringkat situs Anda, mengoptimalkan meta data Anda, dan sebaliknya meningkatkan peringkat pencarian Anda.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.alleycode.com

10. Amaya

Amaya adalah editor web W3C. Hal ini juga bertindak sebagai web browser. Ini memvalidasi HTML saat Anda membuat halaman web, anda dapat melihat struktur dokumen web dengan mudah karena akan terlihat percabangan scripnya, itu bisa sangat berguna untuk belajar memahami DOM. Aplikasi Ini memiliki banyak fitur yang kebanyakan web designer tidak akan pernah menggunakan.
Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.w3.org/Amaya/

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator