Saturday, April 13, 2013

Perbedaan BIOS dan CMOS

tampilan bios
BIOS (Basic Input Output System) adalah program mikroprosesor pada komputer yang digunakan untuk mengendalikan sistem komputer pada saat awal komputer dihidupkan. BIOS juga mengelola aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat keras yang terpasang seperti hard disk, video adapter, keyboard, mouse, dan printer.
Ketika sebuah komputer dihidupkan, BIOS melakukan pengecekan apakah semua perangkat input dan output sudah terpasang dan dapat bekerja dengan benar. Jika sudah terpenuhi maka BIOS akan mengirimkan informasi tersebut ke Sistem Operasi yang digunakan. BIOS juga yang mengatur penggunaan memori pada perangkat keras yang terpasang di komputer seperti Video Card, Sound Card, Land card, Memory dll. Jika BIOS mengalami gangguan atau gagal melakukan pengendalian maka otomatis perangkat keras tidak dapat digunakan bahkan kadang komputer tidak bisa dihidupkan.
Jika anda pernah menemui masalah komputer tidak bisa dihidupkan dan hanya terdengar bunyi beep, maka kemungkinan BIOS gagal membaca suatu perangkat seperti memory, keyboard, atau vga belum terpasang.
Jadi Fungsi utama dari BIOS adalah mengendalikan masukan dan keluaran pada komputer, contohnya adalah : keyboard, monitor, mouse, dan peralatan masukan dan keluaran. BIOS pada umumnya mempunyai menu (Interface) yang bagus, sehingga memudahkan user untuk melakukan penyetelan. Bentuk BIOS adalah persegi panjang, dan letaknya berada di bagian pinggir motherboard.
BIOS yang sering digunakan pada komputer yaitu AMI BIOS (BIOS dikembangkan dan dijual oleh Megatrends Amerika), dan AWARD BIOS / PHOENIX BIOS (BIOS yang dikembangkan oleh 2 dua perusahaan Award BIOS Software dan Phoenix Technologies).



Fungsi BIOS
Fungsi utama BIOS ialah untuk menyediakan mesin/komputer supaya aturcara perisian  lain yang disimpan di dalam pelbagai bahantara (seperti cakera keras, cakera liut dan CD) boleh dimuat, dilaksana dan mengambil alih pengoperasian komputer tersebut. Proses ini dikenali sebagai but (booting up).
Akses dan konfigurasi BIOS pada sistem PC tidak bergantung pada apapun‭ ‬sistem operasi kerana BIOS adalah sebahagian daripada motherboard.‭ ‬Tidak masalah jika PC yang menjalankan OS Windows XP,‭ ‬Windows Vista,‭ ‬Linux,‭ ‬Unix,‭ ‬atau tidak ada sama sekali sistem operasi‭ ‬-‭ ‬fungsi BIOS di luar lingkungan sistem operasi dan tidak bergantung pada cara itu.

AMI BIOSPHONEX BIOS
BIOS dapat dikonfigurasi secara manual oleh pengguna sesuai keperluan, atau menggunakan konfigurasi bawaan yang mengacu ke penggunaan umum. Konfigurasi akan selalu tersimpan pada komputer dalam CMOS walaupun aliran listrik diputuskan dari komputer karena CMOS memiliki tenaga cadangan dalam sebuah baterai yang dinamakan CMOS Battery (Baterai CMOS).
Beterai CMOS
CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah perangkat kecil yang ditanamkan dalam mainboard (papan utama). CMOS tidak hanya digunakan pada komputer tapi digunakan juga digunakan pada kebanyakan perangkat elektronik lainya seperti Handphone, Alat Hitung, Kamus Digital, dll.
Tenaga yang dikonsumsi CMOS sangat kecil, oleh karena itu baterai CMOS bisa digunakan sampai lebih dari 5 tahun. Jika beterai CMOS habis atau diputuskan maka akan terjadi gagalnya penyimpanan konfigurasi yang mengakibatkan kembalinya ke konfigurasi awal pabrik. Contoh : konfigurasi tanggal komputer kembali ke tahun 90an

Apakah beda antara BIOS  dan CMOS?
Secara mudah, BIOS adalah program manakala CMOS adalah cip. Ramai yang keliru tentang penggunaan antara BIOS dan CMOS. Walaupun kedua-duanya adalah sama dari segi maksud tetapi ia adalah dua benda yang berbeza.
BIOS atau Basic Input Output System lebih merujuk kepada program yang dapat anda lihat pada skrin monitor yang biasanya akan menjalankan sesuatu aturcara pada komputer sebelum proses but. Apabila anda menekan kekunci del untuk mengakses CMOS, program yang dapat dilihat itu sebenarnya dipanggil BIOS bukannya CMOS.
Manakala CMOS pula adalah singkatan daripada Complimentary Metal-Oxide Semiconductor. Ia adalah cip yang diletakkan pada papan induk.

Jenis-jenis BIOS
BIOS dikeluarkan oleh pelbagai syarikat pengeluar utama komputer di dunia termasuklah Acer Labs, IBM, Compaq. Namun kebanyakan pengeluar utama PC dunia sekarang seperti Acer, HP, IBM, Compaq, Toshiba, Lenovo telah memilih antara 3 pengeluar BIOS utama ini. Berikut adalah senarai syarikat pengeluar BIOS iaitu:
  1. American Megatrends Inc. (AMI BIOS)
  2. Phoenix Technologies (Phoenix BIOS)
  3. Award Software (Award BIOS)
  4. Microid Research (MR BIOS) – tidak popular lagi
  5. Acer Labs Inc (ALi BIOS) – sudah tidak sepopular suatu ketika dulu
  6. LSI Logic – tidak popular lagi
  7. Winbond -  tidak popular lagi


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.