Wednesday, April 17, 2013

Konsep Struktur Data

Definisi Struktur Data
Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.


Secara garis besar type data dapat dikategorikan menjadi :
1. Type data sederhana
a. Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter
b. Type data sederhana majemuk, misalnya String
2. Struktur Data, meliputi
a. Struktur data sederhana, misalnya array dan record
b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist Non Linier : Pohon Biner dan Graph
 

Daftar struktur data umum
Record
(basis data) merupakan kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data. Secara ringkas, database dapat dikatakan sebagai sebuah tabe yang memiliki baris alias record dan kolom atau field. Setiap baris menyatakan elemen-elemen data yang saling berkaitan. Sebagai contoh dalam suatu tabel memiliki kolom nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan. Maka satu record adalah data sau orang yang terdiri atas nama, alamat, tanggal lahir dan pekerjaan.

Larik
(Bahasa Inggris: array), dalam ilmu komputer, adalah suatu tipe data terstruktur yang dapat menyimpan banyak data dengan suatu nama yang sama dan menempati tempat di memori yang berurutan (kontigu) serta bertipe data sama pula.
Larik dapat diakses berdasarkan indeksnya. Indeks larik umumnya dimulai dari 0 dan ada pula yang dimulai dari angka bukan 0. Pengaksesan larik biasanya dibuat dengan menggunakan perulangan (looping).

Queue (Antrian)
adalah suatu kumpulan data yang penambahan elemennya
hanya bisa dilakukan pada suatu ujung (disebut dengan sisi belakang atau rear),
dan penghapusan atau pengambilan elemen dilakukan lewat ujung yang lain
(disebut dengan sisi depan atau front)
Jika pada tumpukan dikenal dengan menggunakan prinsip LIFO (Last In First
Out), maka pada antrian prinsip yang digunakan adalah FIFO (First In First Out).



Stack (tumpukan)
tumpukan bisa diartikan sebagai suatu kumpulan data yang seolah-olah ada data yang diletakkan diatas data yang lain. Satu hal yang perlu dingat adalah bahwa kita bisa menambah data, dan mengambil (menghapus) data lewat ujung yang sama, yang disebut sebagai ujung atas tumpukan (top of stack).

Senarai Berantai (Linked List)
Salah satu struktur data dinamis yang paling sederhana adalah Senarai Berantai (Linked List), atau senarai satu arah. Senarai Berantai sendiri punya makna sebagai kumpulan komponen yang disusun secara berurutan dengan menggunakan bantuan pointer. Komponen-komponen yang tersusun tersebut akan disebut sebagai simpul, sehingga pada senarai akan terdapat banyak simpul, dan tiap simpulnya dapat dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dari simpul disebut dengan medan informasi, yang berisi informasi/data yang fapat berupa record yanag akan diolah. Sedangkan bagian yang kedua disebut sebagai medan penyambung (link field), yang berisi alamat simpul berikutnya.

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator