Sunday, April 14, 2013

Jenis-Jenis Hosting

Sebuah hosting juga menyediakan layanan dan fitur htttp (hyper text transfer protocol) yang digunakan untuk mempublikasi informasi yang ada didalamnya, email yang digunakan untuk berkomunikasi surat menyurat melalui internet, ftp (file transfer protocol) yang digunakan untuk mengirim dokumen ke server hosting, database yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data dengan format tertentu, web server yang digunakan untuk memberikan layanan informasi yang bisa diakses menggunakan browser dan beberapa fitur lainya seperti DNS, POP3, SMTP, Web Mail, dan Cpanel.

Jenis-jenis hosting

Jasa Hosting yang sekarang banyak ditawarkan dikenal dalam beberapa jenis yaitu :
  1. Shared Hosting
    Jenis ini biasanya ditawarkan dengan harga cukup murah, karena hosting jenis ini diletakkan dalam sebuah server yang didalamnya terdapat banyak pengguna hosting lainya. Web hosting jenis ini berbagi resource seperti cpu, memory, ruang data, bandwidth. Pemakaian masing-masing hosting akan saling berpengaruh sehingga jangan kaget jika suatu saat hosting yang anda sewa sulit untuk diakses.
  2. Virtual Private Server (VPS)
    Virtual Private Server ini memungkinkan anda memiliki server virtual yang terpasang dalam sebuah server utama. VPS berbagi hardware secara fisik tapi tidak dalam hal software. VPS dibangun dalam sebuah software virtualisasi sehingga semua konfigurasi virtual server berdiri sendiri-sendiri tanpa terpengaruh oleh virtual server lainya yang berada pada perangkat hardware yang sama.
  3. Dedicated Server
    Harga yang ditawarkan memang tinggi tapi dengan layanan ini anda memiliki server dengan hardware dan software sendiri. Anda memiliki hak penuh dalam pengelolaan server ini. Jenis layanan ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau pihak tertentu yang ingin menjual lagi layanan hosting.
  4. Colocation Server
    Adalah jasa penyediaan tempat dan koneksi dimana server yang digunakan disediakan sendiri oleh pengguna/pelanggan. Jadi perusahaan penyedia hosting hanya memberikan layanan berupa penyewaan koneksi internet, perawatan server, keamanan, jaringan listrik, dan tempat/ruang untuk meletakkan server yang dipergunakan.

Istilah dalam hosting

Free web hosting adalah layanan serta dukungan hosting yang terbatas. Karena sifatnya gratis maka biasanya ruang penyimpanan, bandwidth, masa penggunaan, alat pengelolaan dan akses ke server dibatasi. Jenis hosting ini biasanya digunakan sebagai media promosi sehingga seringkali kita menemukan float banner atau iklan muncul tiba-tiba dihalaman yang kita miliki.

Reseller hosting adalah jasa yang ditawarkan untuk pihak tertentu yang ingin menjual lagi layanan hosting.
Managed hosting mirip dengan dedicated server tapi kendali server dipegang oleh pihak penyedia hosting.
Clustered hosting ini istilah untuk hosting alternatif untuk sebuah website, jika terjadi sesuatu dengan hosting utam misal sedang perawatan atau update maka website akan otomatis diarahkan ke hosting lainya

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator