Sunday, March 17, 2013

Program Enkripsi Sederhana dengan C++

Bagi orang yang awam dengan dunia pemrograman, cara cepat memahami kode program adalah belajar melalui contoh, kemudian mencoba untuk memodifikasi script tersebut. Pada tutorial kali ini saya akan memaparkan cara membuat program sederhana menggunakan C++. Topik yang diangkat pada tutorial kali ini adalah membuat program enkripsi sederhana. Atau dengan kata lain program berikut termasuk ke dalam manipulasi/operasi string.
Ide dasar program yang akan dibuat memiliki beberapa aturan sebagai berikut:
1. Program meminta input dua buah kata yang akan dienkripsi
2. Metode enkripsi dibuat dengan cara membalik kedua string kata tersebut, kemudian menambahkan string pertama dan terakhir kata tersebut ke output. Sebagai contoh, jika ada user memasukkan input "SATU DUA", maka hasil enkripsinya adalah "UTASSU AUDDA".
Seperti biasa, saya menjalankan program berikut pada sistem operasi BlankOn Linux 8.0. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, karena C++ sifatnya multiplatform. Awalnya program ini saya buat dan saya jalankan di operasi Windows XP. Setelah saya coba pada sistem operasi Linux ternyata tidak ada masalah. Bagi pengguna Windows, Anda bisa menggunakan compiler seperti Turbo C++, Borland C++, Dev C++, dan sebagainya. Sedangkan bagi pengguna Linux, cukup langsung menggunakan aplikasi Terminal yang sudah built-in. Go on! :D
1. Buatlah sebuah file dengan nama tertentu menggunakan teks editor biasa (Notepad, Wordpad, dsb.). Kemudian simpan dengan ekstensi .cpp. Pada tutorial ini script saya simpan ke dalam enkripsi.cpp. Keterangan detail mengenai baris kode dapat dilihat di dalam komentar script.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
#include
#include
 
main()
{
    /******** Deklarasi Variabel ********/
    int i, l, l1;
    char kata[100];
    char cad1[50];
 
    /******** Judul Program ********/
    puts("\nPROGRAM ENKRIPSI KATA\n");
    puts("======================================================");
 
    /******** Meminta dan membaca input kata ********/
    printf("\nMasukkan dua kata dipisahkan dengan spasi:\n");
    gets(kata);
 
    /******** Pesan untuk menampilkan hasil konversi ********/
    printf("\nHasil enkripsi:\n");
 
    /******** Proses enkripsi kata ********/
    l=strlen(kata);
    i=0;
    while(kata[i]!=' ')
    {
        cad1[i]=kata[i];
        i++;
    }
 
    cad1[i]=NULL;
    l1=strlen(cad1);
 
    for(i=l1-1;i>=0;i--)
    {
        printf("%c",cad1[i]);
    }
    printf("%c%c", kata[0],kata[l1-1]);
    printf(" ");
 
    for(i=l-1;i>l1;i--)
    {
        printf("%c",kata[i]);
    }
    printf("%c%c", kata[l1+1],kata[l-1]);
    printf("\n\n");
}
2. Buka aplikasi Terminal atau Console Linux, kemudian tentukan path dengan memanggil lokasi folder dimana terdapat file enkripsi.cpp. Gunakan perintah seperti pada gambar berikut untuk mengkompilasi dan menjalankan script enkripsi.cpp dengan perintah g++.
Hasil eksekusi program enkripsi.cpp
Dari screen capture tersebut tampak bahwa output program sudah memenuhi ide dasar algoritma enkripsi sederhana di atas. Pada kenyataannya, teknik enkripsi yang aman tidaklah semudah itu. Diperlukan algoritma yang advanced sehingga data tidak mudah didekripsi oleh orang lain. Demikian tutorial ini, semoga berguna.

Credit :http://www.adityarizki.net


No comments:

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.