Sunday, March 17, 2013

Pengertian Sistem Operasi Linux Ubuntu

 
Pengertian sistem operasi linux ubuntu - linux ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. Asal mula nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
*bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
*bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
*bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas.

Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.

Kenapa kita harus memakai Ubuntu?

Ubuntu sangat cocok bagi semua orang karena sistem operasi Linux ini tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan luas yang berasal dari komunitas pengguna maupun ahli yang profesional. Komunitas Ubuntu Linux terbentu didasarkan atas gagasan yang terkandung dalam filosofi Ubuntu itu sendiri, diantaranya:
  1. Perangkat lunak harus tersedia dengan keadaan bebas biaya
  2. Aplikasi perangkat lunak harus dapat digunakan dalam bahasa lokal dan untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik
  3. Pengguna perangkat lunak harus memiliki kebebasan untuk mengubah perangkat lunak tersebut sesuai kebutuhan mereka.
Hal inilah yang terdapat pada distro Linux pada umumnya dan Ubuntu pada khususnya. Keunggulan dari Linux itu sendiri sudah pas dengan filosofi Ubuntu, yakni bagaimana perangkat lunak bisa tersedia secara gratis dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

Galeri Foto Tampilan antar muka linux ubuntu


Ubuntu memiliki kelebihan yang tentu saja ditularkan dari distro induknya, Debian. Tentu saja keunggulan Debian ini tidak lain karena Linux dan komunitasnya. Beberapa keunggulan Ubuntu diantara lain:
  • Belum ada virus yang sanggup menyerang Linux saat ini berkat sistem pengaturan perijinan di dalamnya. Pengguna biasa tidak akan bisa menyentuh file sistem, sehingga virus tidak bisa berkembang.
  • Antar muka tiga dimensi dapat bekerja pada jenis perangkat keras yang cukup rendah, jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.
  • Ubuntu memiliki kompatibilitas terhadap perangkat keras yang luas berkat dukungan dari banyak vendor perangkat keras.
  • Ubuntu juga mudah digunakan, meskipun bagi orang awam harus belajar memulai dari awal, namun itu tidak masalah.
  • Untuk memiliki Ubuntu anda tidak dipungut biaya sepeserpun. Anda hanya tinggal download saja dari situs resminya.
  • Sekali anda menginstall Ubuntu, anda sudah dapat menggunakannya untuk melakukan pekerjaan komputasi seperti pekerjaan kantor, menggambar, browsing, chatting dan lain sebagainya.
Dari berbagai sumber Artikel :)

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator