Saturday, March 30, 2013

Pengenalan IP Address

IP Address merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam membangun sebuah jaringan, karena apabila tanpa IP address maka proses pengiriman informasi atau data antara komputer dalam jaringan tidak akan terjadi.
Jadi IP Address itu apa ? IP address adalah merupakan alamat yang diberikan pada suatu komputer dan merupakan identitas komputer itu sendiri, sehingga dapat dikenal oleh komputer lain dalam melakukan pengiriman dan penerimaan data atau informasi melalui jaringan.
IP address terdiri dari 4 (empat) kelompok bilangan decimal yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 bilangan yang menyatakan 8 bit bilangan biner. Jadi IP address terdiri dari 32 bit (8 bit x 4 kelompok).
Dari 4 (empat) kelompok bilangan decimal dalam IP address tersebut, ada dua bagian penting untuk mengidentifikasi komputer tersebut dalam sebuah jaringan yaitu Network ID dan Host ID.
Network ID adalah alamat yang diberikan untuk jaringan komputer atau yang menentukan identitas jaringan. sedangkan Host ID adalah alamat yang diberikan kepada host (komputer, router).

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator