Sunday, March 17, 2013

Apakah Sistem Pakar itu?


Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan seperti para ahli. Sistem pakar ditujukan sebagai sarana untuk membantu memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, dan sebagainya. Sistem pakar merupakan subset dari artificial intelligence (kecerdasan buatan).
Ciri-Ciri Sistem Pakar
1) Terbatas pada domain keahlian tertentu. Sistem pakar bekerja dengan menyimpan kemampuan ahli. Namun keahlian dalam hal ini bersifat terbatas. Misalnya keahlian dalam bermain catur atau keahlian seorang dokter panyakit kulit, dsb. Contohnya adalah Mycin, merupakan sistem pakar awal yang dirancang untuk mengidentifikasi bakteri yang menyebabkan infeksi berat.
2) Memiliki fasilitas informasi yang handal. Sistem pakar mempunyai kemampuan untuk memfasilitasi dalam menyimpan informasi dari sang pakar dan mengekstrak kembali pengetahuan sang pakar. Dalam hal ini, sistem pakar menyediakan dokumentasi dan informasi sang pakar secara efektif. Contohnya adalah GPS. GPS dapat mengetahui tempat dimana kita sedang berada, kerena GPS menyimpan semua informasi. Selain itu, GPS dapat digunakan untuk mencari jalur terdekat apabila ingin pergi ke suatu tempat dan GPS dapat digunakan untuk mencari jalur alternatif apabila terdapat kemacetan atau kecelakaan.
3) Berdasarkan rule-rule tertentu. Sistem pakar bekerja dengan cara mengeksekusi rule-rule yang dibuat sebelumnya. Contoh rule yang dimaksud yaitu "jika komputer berbunyi 'dip dip' maka cek RAM"; "jika mobil bertemu lampu merah maka berhenti". Berbeda dengan sistem pemrograman konvensional yang harus melibatkan eksekusi IF ELSE beruntun dan sekuensial. Sistem pakar bekerja dengan mengeksekusi rule-rule tanpa melihat urutannya.
4) Mudah dimodifikasi. Sistem pakar memungkinkan pemrogram menambah, mengurangi, memodifikasi rule-rule yang ada pada sistem pakar tanpa mengubah bagian utama program.
5) Dirancang untuk dikembangkan secara bertahap. Dalam hal ini, sistem pakar ditujukan untuk pengetahuan yang selalu berkembang. Sebagai contoh, ilmu pakar teknologi akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Sistem pakar yang dapat dengan mudah dimodifikasi akan selalu diuntungkan dibandingkan sistem konvensional. Contohnya adalah mesin diagnosis penyakit batuk. Penyebab penyakit batuk akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, mesin ini dapat dikembangkan lagi dengan memasukkan penyebab penyakit batuk yang baru.
6) Output bersifat anjuran. Output sistem pakar lebih bersifat anjuran daripada nilai eksak atau numeris. Sebagai contoh output sistem pakar adalah "Sebaiknya minum obat A atau kemungkinan besar pasien menderita penyakit B", yang tentunya output ini adalah hasil ekstraksi atau anjuran pakar yang belum tentu merupakan jawaban yang optimal, namun cukup baik untuk diimplementasikan. Contohnya adalah program yang memberitahu masalah yang ada pada komputer.
Contoh output dalam sistem pakar
Sejarah Singkat Sistem Pakar
Sistem pakar diperkenalkan oleh para peneliti di Stanford pada sistem Dendral dan Mycin. Dendral mulai dikembangkan pada tahun 1965, digunakan untuk membantu ahli kimia organik dalam membantu mengidentifikasi molekul organik yang tidak diketahui dengan menganilisis spektrum massa dan menggunakan pengetahuan kimia. Dendral dikembangkan oleh peneliti Edward Feigenbaum dan ahli genetik Joshua Lederberg, keduanya berasal dari Stanford University, California.
Mycin adalah sistem pakar awal yang dirancang untuk mengidentifikasi bakteri yang menyebabkan infeksi berat, seperti Bacteria dan Meningitis, serta dapat merekomendasikan antibiotik dengan dosis yang disesuaikan dengan berar badan pasien. Mycin dikembangkan di awal tahun 1970an selama lima tahun lebih dengan bahasa Lisp, sebagai topik disertasi salah seorang doktor Stanford University Edward Shortliffe.
Pengembangan sistem pakar dibantu oleh pengembangan bahasa LISP dan Prolog. LISP adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi terta kedua yang digunakan secara luas hari ini dan dengan cepat menjadi bahasa pemrograman favorit untuk penelitian kecerdasan buatan. Prolog merupakan bahasa pemrograman logika yang disebut juga sebagai bahasa non-prosedural.
Bagaimana Sisem Pakar Bekerja?
Diagram sistem pakar
Dalam sistem pakar menggunakan otak yang dinamakan Inference Engine yang berguna untuk mencari informasi dalam basis pengetahuan untuk merumuskan kesimpulan baru. Tahap acquisition module adalah tahap pengumpulan bahan melalui wawancara kepada para ahli dan mendapatkan informasi dari sumber lain. Knowledge Base adalah pengetahuan yang dapat disimpan dan disimpulkan menjadi informasi yang berbasis pengetahuan oleh Inference Engine. Pada tahap Explanatory Interface, akan menampilkan informasi yang didapat ke aplikasi yang digunakan oleh User.
Keuntungan dan Kerugian Sistem Pakar
Keuntungan
  • Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli. Masyarakat awam nonpakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang keahlian tertentu tanpa kehadiran langsung seorang pakar. Contohnya adalah alat diagnosis penyakit yang dapat digunakan oleh dokter tanpa dibantu oleh ahli pakar.
  • Meningkatkan output dan produktivitas. Bertambahnya efeisiensi pekerjaan tertentu, serta hasil solusi pekerjaan. Contohnya adalah sistem pakar kredit bank. Bank tidak perlu menyewa ahli kredit untuk mengetahui apakah orang tersebut pantas atau tidak untuk melakukan kredit.
  • Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan. Pengehematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks. Contohnya adalah aplikasi untuk mencari jarak terpendek, kita tidak perlu memikirkan harus lewat mana. Aplikasi tersebut dengan cepat akan memunculkan jarak tercepat.
  • Penyederhanaan solusi, yaitu memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.
  • Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar, yaitu pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu. Contohnya adalah alat diagnosis penyakit, penyebab penyakit dapat ditambah atau dimasukkan terus tanpa ada batas waktu.
  • Dapat mengkombinasikan pengetahuan. Memungkinkan berbagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan. Contohnya adalah sistem pakar yang digunakan untuk meramalkan sistem cuaca yang dibuat dengan penggabungan geofisika, sains, dan teknik.
Kerugian
  • Daya kerja dan produktivitas manusia menjadi berkurang, karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem. Contohnya adalah robot Asimo yang dapat melakukan segala hal, sehingga manusia tidak perlu melakukannya lagi.
  • Sulit dikembangkan karena hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar dalam bidangnya. Contohnya adalah alat pengukur gempa yang belum tentu benar hasilnya dan sulit dikembangkan karena ahli pakar belum bisa seratus persen benar dalam mengukur gempa.
Aplikasi-Aplikasi Sistem Pakar
Sistem pakar menangani bidang-bidang seperti diagnosis kesalahan, diagnosis kesehatan, membantu pengambilan keputusan dalam sistem yang kompleks, mesin, atau simulasi logika.
Referensi
- http://www.britannica.com/EBchecked/topic/745533/DENDRAL
- http://www.youtube.com/user/SoftwareLabCenter
- http://en.wikipedia.org/wiki/Mycin
- http://en.wikipedia.org/wiki/Dendral
- http://en.wikipedia.org/wiki/Expert_system

No comments :

Post a Comment

Kebahagiaan sejati bukanlah pada saat kita berhasil meraih apa yg kita perjuangkan, melainkan bagaimana kesuksesan kita itu memberi arti atau membahagiakan orang lain.

Follower

Google+ Followers

Translator

English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish
India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Powered by
Widget translator